Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Kasus Pelecehan Seksual di Industri K-Pop Terbongkar, Publik Tuntut Hak-hak Wanita

Kasus Pelecehan Seksual di Industri K-Pop Terbongkar Publik Tuntut Hak-hak Wanita

K-Pop merupakan produk budaya Korea Selatan dan disebut-sebut sebagai export culture yang sukses mendunia. Namun demikian, dunia iburan tidaklah sebersih yang dipikirkan oleh banyak orang. Skandal seks dan korupsi melibatkan industri besar. Hal tersebut mengecewakan banyak penggemar baik lokal maupun mancanegara.

Beberapa pihak mengatakan bahwa banyaknya kasus itu sebenarnya nggak mengejutkan karena bisnis melibatkan pria dan wanita muda, yang mana ini adalah resep dari eksploitasi seperti yang terjadi di dunia populer. Saham perusahaan di balik kepopuleran para idol mengalami keterpurukan, tetapi yang paling dirugikan adalah bangsa. Diskriminasi di kalangan masyarakat Korea merebak dan kebencian mulai terekspos oleh dunia.

Kasus mulai terbuka dari Seungri yang terlibat dalam jasa prostitusi. Ia merupakan anggota center dari grup kenamaan, BigBang yang diketahui membawa K-Pop hingga ke arus popularitas. Kemudian juga ditemukan nama-nama bintang yang juga terlibat, penyaluran pekerja seks kepada klien di berbagai klub malam, pembagian video porno di ruang obrolan hingga suap terhadap polisi. Beberapa yang terlibat sudah memutuskan untuk keluar dari industri hiburan dan fans juga meminta lainnya turut angkat kaki.

Kontroversi melibatkan banyak bintang hingga akhirnya mendorong gerakan #MeToo untuk melawan pelecehan seksual. Fakta mengenai pengemasan wanita oleh industri hiburan yang didominasi oleh pria sebenarnya sudah lama terjadi. Dalam dunia entertainment Korea ini bukanlah hal baru, bahkan perempuan sebagai obyek seks juga telah memakan korban.

Ads in here

75164-article-20190716112125.jpg

Penggemar K-Pop didominasi oleh wanita dan pemerintahan Korea Selatan mempromosikan dunia hiburannya dengan bersih. Lantas hal lain yang baru saja terbongkar yakni adanya kamera tersembunyi dalam sebuah toilet dan merekam aksi pemerkosaan hingga pelecehan, sehingga hal ini semakin mengundang kemarahan publik. Ketidaksetaraan perempuan dalam masyarakat Korea telah disorot bersamaan dengan kasus tersebut dan perlakuan buruk yang diterima selama ini.

Presiden Moon Jae-In dikabarkan telah menengahi perkara itu dengan menyerukan penyelidikan secara menyeluruh baik terhadap skandal lama maupun baru. Posisi K-Pop yang berkembang pesat dan menjadi industri dengan pendapatan tahuna $5 miliar terancam lengser. 

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar