Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

3 Alasan Kenapa Drama Historical Harus Terus Dibuat

3 Alasan Kenapa Drama Historical Harus Terus Dibuat
Punya latar cerita sejarah, kenapa sih drama historical harus terus dibuat?
Cocok buatmu

Apakah drama sageuk didasarkan pada kisah nyata? Dulu sih iya, namun kini haya beberapa saja. Mungkin ada yang didasarkan pada kejadian sebenarnya, tetapi alur dan cerita diubah menjadi fiktif belaka.

Berbeda dengan dahulu, serial historical setidaknya terdiri lebih dari 70 episode yang didasarkan pada legenda lama atau orang-orang yang memang pernah terlibat dalam sejarah Korea. Namun kini sageuk lebih bervariasi, entah dari webtoon atau karya sang penulis. Kendati demikian apapun ceritanya, kisah dengan latar dahulu begitu menyenangkan.

Berikut ini dibeberkan kenapa sih drama historical harus terus dibuat? Simak ulasannya berikut ini! 

1. Beberapa berdasarkan kisah nyata

Kwikku, Beberapa berdasarkan kisah nyata
Sumber: Dramabeans.com

Salah satu keasikan saat nonton drama adalah tenggelam di dalamnya. Kemudian semua akan terasa menyenangkan setelah tahu bahwa itu benar-benar ada dalam kehidupan nyata. Tokoh-tokoh sejarah nyata seperti Hur Jun (Jun Kwang Ryul), seorang tabib istana berbakat, kemudian Dong Yi (Han Hyo Jo), pelayan istana yang kemudian menjadi permaisuri membawa penonton flashback ke masa lalu. 

2. Cerita epik bikin penasaran

Kwikku, Cerita epik bikin penasaran
Sumber: themoviedb.org

Dengan lebih banyak episode, sageuk benar-benar mengatur ceritanya seteratur mungkin meliputi latar belakang, budaya dan sistem sosial. Dalam The Great Queen Seondeok, penonton bisa melihat awal kehidupan karakter utama Deokman (Lee Yo Won). Kemudian seorang pria yang berlari kencang di atas kuda. Adegan-adegan epik itulah yang membuat audience terbawa ke dalam dunia baru. 

3. Karakter wanita selalu bersinar

Kwikku, Karakter wanita selalu bersinar
Sumber: nasikhudinis.me

Nggak semua drama historical menampilkan perempuan tidak berdaya, kurang percaya diri dan hanya dijadikan untuk kebutuhan romansa. Nyatanya serial sejarah memunculkan karakter perempuan kuat.

Salah satu contoh yakni Dae Jang Geum (Lee Young Ae) dalam Jewel in the Palace dilahirkan dengan kemampuan memasak. Ia kemudian menjadi dokter bedah pertama wanita di Korea Selatan dan hal itu memang berdasarkan kisah nyata.

Drama sageuk nggak sekadar memberikan hiburan tetapi juga banyak pelajaran hidup, nilai moral hingga sejarah. Jadi, serial historical apa yang menjadi favoritmu guys?


0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar