5+ Alat Musik Tradisional Jawa Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasannya

5  Alat Musik Tradisional Jawa Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasannya - Renaldi indonesia,merupakan,negara,yang,kaya,akan,kebudayaan,yang,harus,kita,lindungi,lestarikan,supaya,tidak,hilang,telan,zaman,yang,sudah,modern,saat,diantaranya,dengan,mengenal,jenis,alat,musik,tradisional,jawa,yang,mungkin,dari,kalian,belum,banyak,mengetahuinya
Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan yang harus kita lindungi dan di lestarikan supaya tidak hilang di telan zaman yang sudah modern saat ini. Diantaranya dengan mengenal jenis alat musik tradisional jawa yang mungkin dari kalian belum banyak mengetahuinya.

Bisa di bilang, alat musik tradisional jawa cukup beragam bentuknya dan cara memainkannya, maka dari itu gue ingin membahas ini berdasarkan yang gue tau aja :D . Apa aja sih alat musik tradisional jawa?? Berikut ini adalah 7 alat musik tradisional jawa beserta penjelasannya.

1. Angklung (Jawa Barat)

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat yang memiliki nada ganda. Angklung terbuat dari bahan bambu seperti Calung dan dimainkan dengan cara digoyang.

2. Gong (Jawa Tengah)

Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa tengah yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari perunggu atau logam lainnya yang berupa bundar serta berukuran yang besar seperti kuali. Gong merupakan salah satu instrumen Gamelan. Gong berperan menjadi sinyal akhir kalimat lagu.

3. Bonang (Jawa Timur)

Sama halnya dengan Gong, Bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa timur yang cara memainkannya dengan cara dipukul dan juga salah satu instrumen gamelan.

4. Gendang (Jawa Barat)

Alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat ini juga termasuk salah satu instrumen gamelan seperti halnya Bonang dan Gong. Mayoritas yang memegang Gendang adalah orang yang sudah profesional di bidang gamelan dan sudah lama menggelutinya.

5. Calung (Jawa Barat)

Calung adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul pada bilah atau ruasnya. Calung berasal dan berkembang dari daerah Sunda dan Banyumas. Calung terbuat dari bahan bambu sehingga mudah untuk dibuat.

6. Slenthem (Jawa Tengah)

Slenthem merupakan alat musik yang juga berasal dari Jawa Tengah. Slenthem dimainkan dengan cara dipukul. Slenthem juga merupakan anggota instrumen gamelan.

7. Karinding (Jawa Barat)

Karinding merupakan alat musik tradisional tiup yang berasal dari daerah Jawa Barat. Karinding biasa dimainkan oleh masyarakat Sunda. Karinding menggunakan bambu sebagai bahan utama.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
2 minggu 1 hari lalu
9
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
8 Warna Lipstick Yang Sempurna Untuk Musim Semi
Fakta yang Wajib Diketahui Soal Kebijakan Registrasi Ulang Kartu Prabayar
Menakjubkan! Hasil Karya 2D Ini Terinspirasi Dari Karakter Budaya Populer
5 Tips Atur Keuangan Supaya Tidak Kehabisan di Akhir Bulan, Anak Kosan Harus Baca!
Melalui Survey Yang Panjang, Ini Lho Hal-hal yang Bos Perhatikan Ketika Karyawan Bekerja
Peduli Kesehatan dan Lingkungan, Berikut Negara Yang Melarang Penggunaan Vape
Meteora Yunani, 10 Keunikan Kompleks Biara Para Biksu di Negeri Para Dewa
Susah Bacakan Puisi, Iqbaal Belajar Dari Akting Bak Pujangga Reza Rahadian
Jadi Menu Favorit, Ternyata Kentang Goreng Punya Banyak Bentuk dan Nama
Saat Sulit Menentukan Pilihan, Lakukan Hal-hal Ini Gaes!
Bikin Decak Kagum, 7 Hal Ini Cuma Ada di Jepang
Dapat Harta Karun Tak Terduga, 4 Orang Ini Mendadak jadi Kaya