5+ Alat Musik Tradisional Jawa Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasannya

5  Alat Musik Tradisional Jawa Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasannya - Renaldi indonesia,merupakan,negara,yang,kaya,akan,kebudayaan,yang,harus,kita,lindungi,lestarikan,supaya,tidak,hilang,telan,zaman,yang,sudah,modern,saat,diantaranya,dengan,mengenal,jenis,alat,musik,tradisional,jawa,yang,mungkin,dari,kalian,belum,banyak,mengetahuinya
Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan yang harus kita lindungi dan di lestarikan supaya tidak hilang di telan zaman yang sudah modern saat ini. Diantaranya dengan mengenal jenis alat musik tradisional jawa yang mungkin dari kalian belum banyak mengetahuinya.

Bisa di bilang, alat musik tradisional jawa cukup beragam bentuknya dan cara memainkannya, maka dari itu gue ingin membahas ini berdasarkan yang gue tau aja :D . Apa aja sih alat musik tradisional jawa?? Berikut ini adalah 7 alat musik tradisional jawa beserta penjelasannya.

1. Angklung (Jawa Barat)

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat yang memiliki nada ganda. Angklung terbuat dari bahan bambu seperti Calung dan dimainkan dengan cara digoyang.

2. Gong (Jawa Tengah)

Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa tengah yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari perunggu atau logam lainnya yang berupa bundar serta berukuran yang besar seperti kuali. Gong merupakan salah satu instrumen Gamelan. Gong berperan menjadi sinyal akhir kalimat lagu.

3. Bonang (Jawa Timur)

Sama halnya dengan Gong, Bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa timur yang cara memainkannya dengan cara dipukul dan juga salah satu instrumen gamelan.

4. Gendang (Jawa Barat)

Alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat ini juga termasuk salah satu instrumen gamelan seperti halnya Bonang dan Gong. Mayoritas yang memegang Gendang adalah orang yang sudah profesional di bidang gamelan dan sudah lama menggelutinya.

5. Calung (Jawa Barat)

Calung adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul pada bilah atau ruasnya. Calung berasal dan berkembang dari daerah Sunda dan Banyumas. Calung terbuat dari bahan bambu sehingga mudah untuk dibuat.

6. Slenthem (Jawa Tengah)

Slenthem merupakan alat musik yang juga berasal dari Jawa Tengah. Slenthem dimainkan dengan cara dipukul. Slenthem juga merupakan anggota instrumen gamelan.

7. Karinding (Jawa Barat)

Karinding merupakan alat musik tradisional tiup yang berasal dari daerah Jawa Barat. Karinding biasa dimainkan oleh masyarakat Sunda. Karinding menggunakan bambu sebagai bahan utama.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
6 bulan 2 minggu lalu
12
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
5 Obrolan Para Pengemudi dan Polisi Di Saat Razia Earphone Ini Asli Bikin Siapapun Ketawa
Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Padang Pasir
Berasa Menginap di Pulau Pribadi, 6 Penginapan Ini Ada di Tengah Air. Unik Banget!
Berikut Ini Adalah Beberapa Ilustrasi Lucu yang Menggambarkan Pola Kehidupan Manusia Masa Kini
7 Potret Iqbaal Ramadhan Berbagi Kebahagiaan di Momen Kelulusan
Dari Nama Teraneh Sampai Penduduk Terbanyak, Inilah Kota 'Ter' di Dunia
Buat Rumahmu Makin Ciamik dengan Pagar Kayu, Ini Cara Membangunnya
Berkarakter Polos, Patrick Si Bintang Laut Ajarkan Banyak Pelajaran Hidup
Canggihnya 10 Inovasi Ini Bikin Hidup Makin Asyik!
Sama-sama Cantik, 10 Artis Ini Punya Saudara Seprofesi
5 Kejadian Tragis Ini Buktikan Kematian Datang dengan Cara Tak Terduga
Review Jujur Pisang Kekinian, Pisang Nugget dan Pisang Goreng didaerah Malang