Ifa Alif Menulis artikel
@ifaalifk

Apa Itu Sprint Retrospective pada Scrum?

Apa Itu Sprint Retrospective pada Scrum

Sprint Retrospective dilakukan setelah Sprint Review dan sebelum Perencanaan Sprint berikutnya. Umumnya merupakan pertemuan tiga jam selama satu Sprint yang memakan waktu sekitar satu bulan. Untuk Sprint dengan jangka waktu yang lebih pendek, biasanya waktu pertemuan juga lebih singkat. Scrum Master memastikan bahwa tim development memahami tujuan dari diadakannya Sprint Retrospective. Momen Ini adalah kesempatan bagi Tim Scrum untuk meningkatkan kinerja dan semua anggota harus hadir.


Selama Sprint Retrospective, tim mendiskusikan:

Apa yang sudah berjalan dengan baik di Sprint lalu?

<[kwik-adsinhere]>

Apa yang sebaiknya diperbaiki?

Apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan performa Sprint berikutnya?


Scrum Master mendorong Tim Scrum untuk meningkatkan proses pengembangan agar lebih efektif dan menyenangkan pada Sprint selanjutnya. Selama Sprint Retrospective, Tim Scrum merencanakan cara untuk meningkatkan kualitas produk dengan meningkatkan proses kerja untuk mengakomodasi Definition of Done.

Pada akhir Sprint Retrospective, Tim Scrum harus mengidentifikasi perbaikan untuk diimplementasikan pada Sprint berikutnya. Meskipun perbaikan dapat dilaksanakan kapan saja, Sprint Retrospective memberikan waktu khusus untuk fokus pada inspeksi dan adaptasi dengan tujuan menyukseskan sprint-sprint selanjutnya. (Alif)

4
4 none
Komentar
    Artikel Untukmu
    Chen EXO Unggah Cover Terbaru di Youtube Channel, Cerita Lagu Bikin Nyesek!
    Siapa yang rindu suara merdu Chen EXO? Pemilik vokal indah ini baru saja membagikan video baru di Youtube Channel. Demi membuat pendengar syahdu, secara khusus ia membawakan lagu Please Love Her karya Ha Dong Kyun. Lagu tersebut awalnya dirlis pada tahun
    Merinding !!! Setiap Tanggal 2 Februari di Keluarga Ini Selalu Ada Yang Meninggal Dunia ! Apakah Kutukan ?
    Bulan Februari bagi kebanyakan orang merupakan bulan yang penuh kebahagiaan dan romantisme. Hal ini disebabkan di bulan ini ada perayaan hari kasih sayang atau Valentine days. Berbagai macam cara dilakukan oleh orang dalam merayakannya, mulai dari saling
    Cara Miliki Tubuh Ideal dengan Body Toning
    Dengan body toning, lemak di tubuh berkurang tetapi bentuk otot tidak membesar secara signifikan seperti bentuk otot para binaragawan.
    Tips Penting Ini Perlu di Ceklist Sebelum Kamu Traveling dan Berlibur!
    Siapa yang mau pergi liburan? sebelum menentukan besok mau liburan ke luar kota, coba deh periksa lagi apakah ada yang belum tersiapkan dengan baik? coba cek tips liburan anti zonk berikut ini!
    Tak Cuma Jaga Keamanan, 10 Security Cantik Juga Beken Di Instagram
    Banyak yang beranggapan bahwa profesi seperti polisi, tentara, atau satpam lebih cocok ditempati oleh pria. Namun siapa sangka kalau wanita juga bisa menjaga keamanan, saat ini pun juga banyak kantor yang mempekerjakan wanita sebagai satpam. Bahkan tak jarang mereka juga memiliki wajah yang cantik.