Buat Rumahmu Makin Ciamik dengan Pagar Kayu, Ini Cara Membangunnya

Buat Rumahmu Makin Ciamik dengan Pagar Kayu  Ini Cara Membangunnya - Reyhan Ivandi buat,rumahmu,makin,ciamik,dengan,pagar,kayu,cara,membangunnya

Pagar dari material kayu memang merupakan alternatif yang tepat. Khususnya untuk orang-orang yang memiliki biaya berlebih dan ingin rumahnya nampak elegan.

Namun, membangun pagar minimalis kayu tentu akan berbeda dengan membangun pagar besi. Selain karena materialnya yang berbeda, kayu merupakan material yang memang membutuhkan perawatan ekstra.

Maka dari itu berikut akan dijelaskan beberapa cara membangun pagar kayu yang baik untuk menghasilkan rumah impian yang cantik.

Tahap Persiapan

Tahap persiapan meliputi persiapan lahan, material, dan persiapan desain. Tahapan ini penting, karena pembangunan pagar dan bangunan harus sesuai dengan peraturan dan selera pemilik rumah itu sendiri.

1.     Persiapan lahan

Dalam tahapan ini, Anda perlu memastikan terlebih dahulu di peraturan setempat, apakah lahan yang Anda miliki legal untuk membangun sebuah pagar? Karena tidak semua lahan bisa diberi pagar.

Cara yang bisa dilakukan adalah mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sesuai dengan perencanaan rumah Anda.

2.     Persiapan desain

Tentunya Anda perlu mencari referensi desain pagar kayu yang benar-benar sesuai dengan keinginan. Pagar kayu ada yang berbentuk sederhana hingga yang kompleks.

Selain itu, lahan yang akan diberikan pagar kayu pun ada yang tepiannya lurus, namun ada juga yang melingkar. Hal-hal semacam ini juga perlu diperhatikan dalam menentukan desain pagar kayu.

3.     Persiapan material

Anda perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai jenis-jenis kayu. Karena kayu ada yang kualitasnya baik dan ada yang tidak.

Untuk material pagar, karena berada di luar ruangan, maka sebaiknya gunakan material terbaik. Namun harganya biasanya jauh lebih mahal daripada kayu yang kualitas sedang.

Tahap Pembangunan

Jika tahap persiapan sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang ada, Anda bisa mulai melakukan tahap pembangunan pagar. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1.     Mengetahui batas lahan

Mengapa hal ini penting? Karena batas lahan adalah batas kepemilikan tanah yang harus dipatuhi secara hukum. Jangan sampai pagar Anda ternyata malah mengambil hak orang lain.

Untuk mengecek batas tanah, Anda bisa meminta data dari sertifikat tanah dan berkonsultasi dengan pihak terkait. Misalnya dengan kantor pengembang kavling atau perumahan Anda.

2.     Menentukan ketinggian pagar

Ketinggian pagar juga merupakan aspek yang perlu untuk diperhatikan. Karena pagar yang terlalu tinggi tidak baik untuk fasad bangunan.

Sebaliknya, pagar yang terlalu rendah akan menjadi kurang ideal jika bangunan rumah terlihat lebih mendominasi. Ketinggian pagar yang ideal adalah antara 0,9 meter hingga 1,8 meter, disesuaikan dengan tampilan bangunan dan luas lahan yang ada.

3.     Menandai sudut lahan

Langkah selanjutnya adalah menandai sudut lahan. Cara ini dilakukan untuk membentuk garis lurus dengan tujuan agar pagar yang dihasilkan benar-benar lurus dan tegak siku-siku.

Agar lebih mudah, gunakan benang atau tali bangunan sebagai acuan. Tali ini diikatkan pada penanda sudut lahan masing-masing sisi.

4.     Memancangkan tiang utama

Setelah menemukan garis lurus untuk sebuah pagar, Anda bisa memancangkan tiang utama pagar. Tujuannya adalah untuk penanda utama dari sisi terluar pagar.

Pemasangan tiang utama ini dilakukan dengan menggali lubang terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan bor tanah untuk menggali lubang dengan kedalaman yang sudah ditentukan.

Setelah itu, pasang tiang pada lubang yang sudah digali. Sebelumnya, masukkan kerikil untuk memperkuat batas bawah lubang. Jika sudah, tuangkan adonan beton di dalam lubang untuk memperkuat tiang pagar.

Agar lebih kuat lagi, sisa lubang yang tidak terlapisi dengan beton bisa ditutup kembali dengan tanah.

5.     Memasang pagar

Antar tiang yang sudah berdiri bisa diikat dengan tali agar mempermudah pemasangan pagar yang lurus. Selain itu, tali ini juga bertujuan untuk memasang pagar dalam ketinggian yang sama rata.

Setelah itu papan pagar bisa dipasang sesuai dengan kebutuhan. Pemasangan papan pagar ini bisa dilakukan dengan paku dan peralatan lainnya.

Tahap Perawatan

Tahapan ini dilakukan untuk finishing kayu agar lebih awet dan tahan lama.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat kayu secara sempurna, sesuai dengan tahapan pengecatan kayu eksterior yang maksimal.

Berikutnya, setelah tahap perawatan agar makin ciamik pagar bisa didekor dengan mengganti catnya ke warna lain secara berkala.

Demikianlah beberapa cara membangun pagar kayu dan tips yang berkaitan dengan konstruksi kayu. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
3 minggu 12 jam lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Sering Dicueki, 8 Bagian Sepele Berbagai Benda Ini Juga Berfaedah!
10 Style Epic Perpaduan Pants dan Tulle yang Lagi Ngehip
7 Gaya Kompak Lebaran Selebriti Tanah Air Bisa Jadi Inspirasimu Bersama Keluarga
Tata Cara Format Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator
Bikin Nggak Mau Pulang, 8 Fasilitas Umum di Jepang Ini Manjakan Publik
Sampai Sekarang Belum Juga Di Terima Kerja? Nih 7 Cara Jitu Buat Kamu!
(Dokumen Rahasia)Foto-Foto Langka Kehidupan Tentara Korea Utara yang diambil Secara Diam-diam
Begini Arti Mimpimu yang Aneh dan Membuatmu Berpikir Keras!
4 Makanan Harian Ini Bakal Bisa Membunuhmu Saat Dikonsumsi Berlebih
Dilengkapi Teknologi Canggih, Kota Luar Angkasa Imajinatif Dalam Film Ini Layaknya Nyata!
Sulit Dipercaya! Tanpa NgeGym dan Diet Ketat Gadis Ini Menurunkan Berat Badannya Dalam Sekejap
Kelewat Kreatif, 10 Usaha Biar Nggak Kemalingan Ini Bikin Tepuk Jidat!