I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Suanggi, Hantu Menakutkan yang Menjadi Mimpi Buruk Masyarakat Papua

Suanggi Hantu Menakutkan yang Menjadi Mimpi Buruk Masyarakat Papua
Semenakutkan apa Suanggi ini?
Cocok buatmu
Ada begitu banyak hantu di Indonesia. Setiap tempat, setiap daerah, pasti punya cerita hantunya sendiri. Tentu saja, hantu yang paling populer di Indonesia adalah pocong, kuntilanak dan juga genderuwo. Hantu lainnya seperti tuyul, wewe gombel atau sundel bolong juga kerap dibicarakan tapi tidak sesering tiga hantu tadi.

Namun, hantu-hantu tersebut adalah hantu nasional yang memang sudah diketahui banyak orang. Berbeda dengan Suanggi, hantu asal Papua yang selalu mampu menakut-nakuti masyarakat di Papua. Memang benar jika hantu satu ini kurang populer, tetapi kengeriaannya bahkan lebih jika dibanding pocong atau kuntilanak. Mengapa seperti itu? Jawabannya ada di ulasan berikut ini.


1. Bentuk Suanggi seperti Bola Api

Kwikku, Bentuk Suanggi seperti Bola Api
Sumber: blogspot.com
Sebenarnya, warga Papua sendiri tidak begitu suka membahas Suanggi, karena mereka percaya, apabila Suanggi dibiarakan maka makhluk tersebut akan datang dan meneror. Hal ini membuat hal-hal berkaitan Suanggi menjadi sangat sulit digali. Namun, ada informasi mengenai bentuk hantu satu ini, yaitu seperti bola api. Bola tersebut dapat membunuh manusia. Sehingga banyak yang menganggap bahwa sebenarnya Suanggi ini adalah suatu ilmu hitam yang ditujukan pada seseorang. Mirip kisah santet bola api yang lebih populer di kalangan masyarakat.

2. Mengapa Masyarakat Papua Takut Suanggi?

Kwikku, Mengapa Masyarakat Papua Takut Suanggi
Sumber: yukepo.com
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa warga Papua sangat takut dengan suanggi. Hal ini karena hantu tersebut bisa menyerang manusia, seperti memakan daging manusia dari jarak jauh, yang mengakibatkan manusia tersebut sakit lalu mati. Konon juga, Suanggi ini bisa menyerang secara berkelompok maupun sendiri. Bayangkan saja jika serombongan Suanggi menadatangimu dan memakan dagingmu, hiee ngeri banget.

3. Suanggi di Maluku

Kwikku, Suanggi di Maluku
Sumber: yukepo.com
Meskipun kisah hantu Suanggi sangat populer di Papua, ternyata di tempat lain seperti Maluku juga ada hantu serupa. Hanya saja, pada masyarakat Maluku, khususnya di Tobelo, Kabupatern Kepulauan Halmahera, Suanggi lebih dikenal memiliki wujud sebagai wanita cantik. Mereka suka menggoda lelaki, lalu mengajak berhubungan intim. Jika sudah, Suanggi ini akan memakan alat kelamin si lelaki.


4. Suanggi di Nusa Tenggara Timur

Kwikku, Suanggi di Nusa Tenggara Timur
Sumber: yukepo.com
Di wilayah Nusa Tenggara Timur pun ada kisah mengenai hantu bernama Suanggi, dan lagi-lagi beda tempat beda cerita. Di NTT, Suanggi digambarkan sebagai seorang nenek cantik yang punya hati mendengki. Nenek tersebut pun pergi ke hutan dan menyembah sebuah pohon sampai 40 hari lamanya. Sampai pada akhirnya, sang nenek mendapat sebuah bisikan mengenai ilmu sihir. Nenek itu mempraktikkannya, tetapi justru meninggal. Arwahnya pun gentayangan dan menjadi hantu Suanggi yang kejam.

0
0 none
Komentar