Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Mars Digadang-gadang Bisa Dihuni Oleh Makhluk Hidup, Yakin?

Mars Digadang-gadang Bisa Dihuni Oleh Makhluk Hidup Yakin
Jadi salah satu planet yang dekat dengan bumi, para ilmuwan berlomba-lomba menciptakan misi kehidupan di Mars. Yakin bisa?
Cocok buatmu

Mars merupakan planet yang dekat dengan bumi. Letaknya bisa dikatakan lumayan ideal untuk sebuah kehidupan. Sebab juga tak terlalu dekat maupun jauh dari matahari. Bahkan ukurannya pun dikatakan tak berbeda jauh dari planet yang kita tinggali ini.

Oleh sebab itu para ilmuwan berbondong-bondong membuktikan bila Mars ada kehidupan dan bisa menjadi habitat baru bagi makhluk hidup. Namun setelah beberapa astronot dan peneliti sampai di daratannya, nampaknya hal tersebut tak sesuai dengan ekspektasi.

1. Tidak ada bukti molekul organik di Mars

Kwikku, Tidak ada bukti molekul organik di Mars
Sumber: channel.nationalgeographic.com

Seorang ilmuwan di bidang planet dari Universitas Washington di Seattle mengungkapkan bila tidak ada satu pun molekul organik yang ditemukan di Mars. Bahkan ia memisalkan, jika batu bara di letakkan di planet tersebut tak akan berlangsung lama. Apalagi manusia dan makhluk lainnya.

2. Banyak Karbon Monoksida

Kwikku, Banyak Karbon Monoksida
Sumber: indiewire.com

Kevin Zahnle, seorang ilmuwan planet yang bekerja untuk NASA Ames Research Center menyatakan bila ada banyak kandungan karbon monoksida di Mars. Tentu saja hal tersebut tidak memungkinkan adanya kehidupan makhluk hidup di planet tersebut. Sementara jika dihirup oleh manusia akan menimbulkan sesak nafas hingga kematian.

3. Hampir tidak ada kandungan nitrat

Kwikku, Hampir tidak ada kandungan nitrat
Sumber: smithsonianmag.com

Salah satu adanya kehidupan di bumi adalah kandungan nitrogen yang memungkinkan. Zat ini merupakan elemen udara yang ada di tanah untuk kelangsungan makhluk hidup, seperti tumbuhan. Namun tanah Mars justru kekurangan nitrogen, sehingga cenderung tandus dan kering.

4. Kurangnya air di Mars

Kwikku, Kurangnya air di Mars
Sumber: phys.org

Air merupakan elemen penting untuk kehidupan manusia. Bahkan hampir seluruh permukaan bumi tertutup olehnya. Manusia dan mahluk hidup membutuhkan benda cair untuk melakukan aktivitas, minum, dan mengisi energi. Sementara menurut Zahnle, ditemukan zat tersebut di sebuah titik di Mars bernama Noachin Martian ditemukan air dengan kadar 3% saja.

Kalau sudah tahu di bahwa di Mars tidak memungkinkan untuk ditinggali manusia, masih beranggapan bahwa planet tersebut bisa dihuni oleh makhluk hidup? (ind)

Source: Forbes

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar