Mengenal Daruma, Boneka Mainan Sekaligus Jimat Pembawa Keberuntungan

Mengenal Daruma  Boneka Mainan Sekaligus Jimat Pembawa Keberuntungan - I D Pran berwarna,merah,berbentuk,bulat,sering,kali,dijadikan,jimat,keberuntungan,itulah,daruma,boneka,tradisional,asal,jepang,yang,cukup,populer,dunia
Berwarna merah, berbentuk bulat, dan sering kali dijadikan jimat keberuntungan. Itulah Daruma, boneka tradisional asal Jepang yang cukup populer di dunia.
Sumber foto header: akibanation.com

Daruma, sebuah boneka yang biasanya berwarna merah, kerap kali tampak di anime-anime maupun dorama Jepang. Kamu mungkin familier sekali dengan bentuknya yang bulat dan wajah Daruma yang khas, tapi apakah kamu tahu apa fungsi boneka ini dan bagaimana sejarahnya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, mari kita bahas bersama mengenai Daruma-san ini.

1. Asal Usul Daruma dan Sejarahnya
Asal Usul Daruma dan Sejarahnya
http://japancraft.co.uk
Ketika melihat Daruma, mungkin kamu berpikir bahwa boneka ini memiliki wajah seperti gambaran seorang biksu dengan mata putih kosong. Ternyata memang wajah tersebut diambil dari seorang Bapak beraliran Buddhisme Zen, alias seorang Bodhidharma atau Guru Darma Tripitaka. Dalam sejarahnya, beliau berhasil duduk menghadap menghadap tembok selama 9 tahun di sebuah vihara Shaolin.

Guru Darma tersebut kemudian mengajarkan ajarannya dari generasi ke generasi, yang menyebar dari China hingga ke Jepang. Hingga akhirnya di tahun 1697 didirikan lah kuil Daruma-ji oleh Imam Shinetsu di Takasaki, Prefektur Gunma. Kemudian dia membuat Daruma dengan mengambil image dari meditasi Zen tadi, dan diedarkan setiap tahun di tahun baru.

2. Fungsi Boneka Daruma
Fungsi Boneka Daruma
welovedaruma.com
Daruma adalah boneka yang dianggap membawa keberuntungan. Biasanya dijual dalam wujud mata kosong berwarna putih, alias belum digambar apa-apa. Mata baru digambar setelah harapan orang yang menyimpan Daruma terkabul, itu pun hanya digambar satu sisi. Apabila keinginan sudah tercapi semua, barulah mata Daruma digambar lengkap.

Boneka Daruma pun sekarang tidak hanya berwarna merah. Ada banyak warna yang bisa kamu pilih, yaitu merah, ungu, kuning, emas, dan putih yang masing-masing melambangkan keinginan yang berbeda-beda. Bahkan sekarang ada juga warna hitam, orange, biru, pink hingga perak. Contohnya saja warna merah adalah untuk keberuntukan dan kesuksesan, sedangkan warna putih untuk cinta kasih dan harmonisasi.

Namun, mungkin karena warna merah yang maknanya paling luas, maka warna tersebut yang paling digandrungi.

3. Cara Supaya Keinginan Terpenuhi
Cara Supaya Keinginan Terpenuhi
http://muza-chan.net
Mereka yang membeli Daruma supaya keinginannya terkabul, biasanya menuliskan keinginan tersebut di wajah Daruma-san, ada pula yang sampai menuliskan nama di dagu boneka tersebut. Ada pula yang hanya menyebutkan keinginannya secara rahasia dan akan mewarnai sebelah mata Daruma ketika keinginannya terwujud. Semisal apa yang dicita-citakan tidak juga terkabul, pemilik harus tetap mewarnai kedua bola mata Daruma, untuk menghormati sang boneka yang sudah berusaha keras selama ini. Lalu dikembalikan ke kuil Budha.

Apakah kamu juga jadi ingin membeli Daruma?

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 3 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Kisah Bocah Berkulit Hijau Dari Inggris, Masyarakat Menghubungkannya Dengan Hal Mistis
Inilah yang Terjadi ketika Istri Merasa Cemburu Dengan Hobi Suami, Ternyata Sangat Mengerikan
Menarik! Postingan Sederet Pengguna Snapchat Ini Dapat Perhatian lebih!
Penampakan Ini Buktikan Kekuatan Wanita Ber-High Heels
Mengulik Sosok Keblek, Makhluk Jadi-Jadian yang Menjadi Legenda di Indonesia
Lahir era 90an? Aksesoris Rambut Ini Pasti Tahu
Sering Dikeramatkan, Inilah Mitos-Mitos Mistis Seputar Pohon Beringin
4 Film Indonesia yang Diangkat dari Novel
Sumpah Keren! Kumpulan Foto Koplak Ini, Cuma Ada Di Indonesia
Deretan Wasit Wanita Sepakbola Paling Cakep yang Bikin Salfok Pada "Itunya" Yang Gede
Tak Disangka 8 Film Indonesia Ini Pernah Bersaing di Ajang Oscar!
Berbagai "Jutsu" Hantu Yang Melegenda di Indonesia