Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Sehat Saat Berpuasa Dengan Konsumsi 5 Buah-buahan Berikut!

Sehat Saat Berpuasa Dengan Konsumsi 5 Buah-buahan Berikut
Puasa tetap sehat dan bugar dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin berikut.
Cocok buatmu

Berpuasa adalah membiarkan tubuh istirahat dari makanan dan minuman selama 13 hingga 14 jam. Jika dikurangi dengan padatnya aktivitas sehari-hari memang membuat tubuh terasa lemas dan kehilangan konsentrasi. Oleh sebab itu, saat berbuka dan sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi cukup.

Mengkonsumsi nasi atau karbohidrat lainnya boleh-boleh saja. Namun, hal itu justru tak diperbolehkan terlalu berlebihan karena justru akan membuat mudah lapar. Sehingga, perlu kesimbangan antara, buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, mineral dan gizi lainnya.

Oleh sebab itu, mari mengkonsumsi buah sehat berikut ini selama bulan Ramadhan, yuk!

1. Kurma

Kwikku, Kurma
Sumber: resepkoki.id

Buah kecil berwarna coklat ini memang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Di dalamnya terkandung vitamin, glukosa, vitamin A, B2, B12, sulfat, fosfor, potasium, kalsium hingga magnesium. Menariknya, kurma yang memiliki gula cukup tinggi ternyata tidak terlalu berisiko seperti halnya nasi. 

2. Apel

Kwikku, Apel
Sumber: duniaq.com

Apel biasanya disarankan untuk dikonsumsi pada pagi hari karena kaya akan vitamin A, B dan C. Nah, saat berpuasa, konsumsilah saat sahur karena dapat menghambat nafsu makan berlebih. Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol pada tubuh, sehingga membuat jantung dan organ lainnya lebih sehat.

3. Blewah

Kwikku, Blewah
Sumber: khasiat.co.id

Saat berbuka puasa kurang lengkap rasanya bila tanpa es blewah. Namun ternyata buah satu ini memang memiliki gizi yang baik untuk orang yang sedang berpuasa. Di dalamya terdapat zat yang akan membantu usus menyerap makanan yang tidak sempurna tercerna.

4. Pir

Kwikku, Pir
Sumber: youtube.com

Selama puasa, cairan yang masuk ke dalam tubuh lebih jarang. Sehingga dapat mengakibatkan feses jadi lebih keras. Untuk mengatasai hal tersebut, konsumsilah buah pir yang mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Kandungan airnya yang tinggi juga dapat mengindari dehidrasi. 

5. Mangga

Kwikku, Mangga
Sumber: Arah.Com

Selama tubuh beristirahat sejenak dari makanan dan minuman, maka proses detofisifikasi juga akan dihentikan sementara. Untuk mengatasinya agar tetap lancar, sebaiknya konsumsilan buah mangga yang mengandung vitamin A, E, dan C. Mangga matang yang memiliki rasa manis akan lebih enak dan membuat perut lebih nyaman.

Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat ya. (ind)

Source: Shopback.co.id 

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar