Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Mitos Puasa Berikut Sampai Sekarang Masih Diyakini!

Mitos Puasa Berikut Sampai Sekarang Masih Diyakini
Di Indonesia, puasa pun ada mitosnya, lho. Apa saja?
Cocok buatmu

Puasa membiarkan tubuh istirahat sejenak dari berbagai aktivitas. Bukan berarti tidak boleh bergerak, namun kamu perlu menahan hawa nafsu setidaknya 13 hingga 14 jam setiap harinya. Bagi yang biasa menjalankannya, hal tersebutlah sangatlah mudah. Namun mereka yang tak biasa mungkin akan merasa berat.

Sebenarnya puasa itu mudah sekali. Dengan tak memikirkan hal-hal negatif dan fokus pada diri sendiri, maka segala sesuatunya akan dilancarkan. Namun masih saja ada lho mitos mengenai puasa, apalagi di Indonesia. Apa saja?

1. Tak boleh gosok gigi

Kwikku, Tak boleh gosok gigi
Sumber: lifestyle.okezone.com

Orang yang berpuasa tentu saja membiarkan area mulut tidak dimasuki makanan hingga cairan selama belasan jam. Hal tersebut akan menimbulkan nafas berbau tak sedap dan menurunkan kepercayaan diri. Jadilah mereka mengatasinya dengan gosok gigi.

Sebenarnya menyikat gigi tidaklah masalah, hanya saja yang ditakutkan akan ada pasta gigi dan air yang masuk ke tenggorokan. Sehingga dianjurkan untuk membersihkan area mulut saat sesudah buka dan setelah makan sahur. 

2. Pakai tetes mata

Kwikku, Pakai tetes mata
Sumber: hellosehat.com

Selama puasa tidak boleh ada benda, seperti cairan yang masuk ke dalam tubuh. Mitos ini kemudian dihubungkan dengan penggunaan obat tetes mata. Namun hingga kini masih belum ada sumber pasti yang memperbolehkan maupun melarangnya. 

3. Muntah saat puasa

Kwikku, Muntah saat puasa
Sumber: hellosehat.com

Mengeluarkan kembali makanan dari mulut yang tak disengaja tentu tidak akan membuat puasamu batal, guys. Tapi jika hal tersebut disengaja maka itu artinya kamu tak lagi bisa melanjutkan puasa hari itu. 

4. Menelan ludah

Kwikku, Menelan ludah
Sumber: http://abiummi.com

Tidak mungkin manusia tidak menelan ludah. Aktivitas refleks itu sudah menjadi kebiasaan. Lagipula, lendir tersebut mengandung enzim bertujuan untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menghindari dari sariawan atau luka. Puasa tetap bisa dilanjutkan jika memang refleks seperti biasa menelan ludah, guys.

5. Berkumur

Kwikku, Berkumur
Sumber: erabaru.net

Berkumur adalah membersihkan rongga mulut dengan air. Ada pihak yang menyebut bila hukum berkumur saat menjalankan puasa adalah makruh. Karena dianggap memasukkan sesuatu ke dalam tubuh.

Namun ada yang menyatakan bila kumur saat wudhu tidaklah masalah. Oleh sebab itu dianjurkan untuk melakukan kegiatan pembersihan rongga mulut sesudah buka dan setelah sahur.

Sebaiknya hindarilah hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Tetaplah beribadah dengan khidmat dan lakukan sesuai dengan anjuran yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat! (ind)

Source: Yukepo

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar