Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Harus Dimatangkan Sempurna, 6 Makanan Ini Mengandung Bakteri dan Racun Berbahaya!

Harus Dimatangkan Sempurna 6 Makanan Ini Mengandung Bakteri dan Racun Berbahaya
Waspadai, makanan ini mengandung bakteri dan racun jika tidak dimasak sempurna.
Cocok buatmu

Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda tergantung dari aktivitas yang dijalani dan kondisi tubuh. Kendati demikian, para ahli gizi menyarankan agar menngkonsumsi 4 sehat 5 sempurna setiap harinya.

Adapun yang wajib menjadi konsumsi sehari-hari adalah ikan, sayur mayur, buah-buahan, daging, susu, dan telur. Dari semua itu, beberapa di antaranya tak boleh disantap dalam keadaan mentah. Bukan karena tak mau mengikuti tren makanan mentah, namun justru bisa memicu penyakit pada tubuh.

Kwikkers catat ya jenis makanan yang tak boleh disuguhkan dalam keadaan mentah berikut ini!

1. Daging

Kwikku, Daging
Sumber: erabaru.net

Menurut ahli gizi, daging hewan harus dimasak hingga matang. Sebab banyak bakteri yang terkandung di dalamnya. Sehingga pematangan secara sempurna dapat membunuh ragam bakteri tersebut.

2. Susu

Kwikku, Susu
Sumber: hellosehat.com

Anak-anak hingga orang dewasa dianjurkan untuk minum susu karena mengandung kalsium, protein dan vitamin. Namun susu harus diolah hingga matang karena di dalamnya banyak bakteri berbahaya, seperti E-coli dan Salmonella.

3. Terong

Kwikku, Terong
Sumber: Kooliner.com

Terong paling enak disajikan bersama dengan sambal. Namun siapa sangka terong mentah justru mengandung senyawa solanile. Sehingga perlu pematangan sempurna, ya.

4. Singkong

Kwikku, Singkong
Sumber: autoimuncare.com

Singkong merupakan makanan pokok orang Indonesia. Selain mengenyangkan, jenis umbi-umbian ini juga enak jika diolah. Tetapi, Kwikkers perlu memasaknya secara menyeluruh. Sebab di dalamnya terdapat kandungan hidrigen sianida yang menyebabkan gangguan sirkulasi udara. 

5. Jamur

Kwikku, Jamur
Sumber: eatsmarter.de

Siapa sih yang nggak suka jamur krispi. Saat mengolah makanan ini, sebaiknya perhatikanlah kematangannya karena di dalamnya terkandung racun yang bisa mengganggu sistem pencernaan.

6. Kecambah

Kwikku, Kecambah
Sumber: abiummi.com

Jenis sayuran ini bayak ditemukan di beragam masakan, seperti soto, rawon hingga tahu bumbu. Kecambah memang bisa didapatkan dengan mudah, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Namun tahukah kamu bila di dalamnya terdapat bakteri E-coli, salmonella dan listeria. Kesemuanya bisa membuat mulas dan mengganggu sistem pencernaan.

Ingat ya guys, sebelum makanan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan gizi serta porsinya. Lebih-lebih juga harus matang sempurna. Semoga bermanfaat! (ind)

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar