Masih Dalam Kondisi Baik, 5 Mumi di Dunia Ini Sudah Berusia Ratusan Tahun

Masih Dalam Kondisi Baik  5 Mumi di Dunia Ini Sudah Berusia Ratusan Tahun - Indahhikma sudah,berusia,ratusan,tahun,namun,mumi-mumi,idtemukan,dalam,keadaan,baik
Sudah berusia ratusan tahun, namun mumi-mumi ini idtemukan dalam keadaan baik.

Pada umumnya, jasad orang yang sudah meninggal akan dikubur dan selama beberapa tahun kemudian akan menjadi tanah. Ada pula yang dibakar hingga menjadi abu. Mayat memang tak akan tersisa pada akhirnya.

Namun ada juga lho mayat yang masih utuh meski sudah berusia ratusan tahun. Hal tersebut dikarenakan tubuh jasad tersebut diawetkan agar terlindungi dari pembusukan dengan cara alami atau buatan. Sehingga bentuk awalnya masih tetap terjaga dan terbentuklah mumi.

Mumi paling terkenal datang dari Mesir kuno. Yang mana jasad diberi balsam sehingga tubuhnya awet dan mereka layaknya hidup dalam keabadian. Proses mumifikasi sendiri membutuhkan waktu 12 hingga 14 minggu hingga jaringan benar-benar berubah menjadi keras, kering, berwarna coklat gelap dan tak membusuk sama sekali. 

Seperti deretan mumi yang ditemukan berikut ini. Menariknya, jasad mereka masih tetap utuh seperti sedia kala! 

1. Mumi Biksu Dashi-Dorzho Itigilov

Biksu Dashi Dorzho Itigilov dari Biara Anninsky Datsan di Buryatia lahir pada tahun 1852. Di akhir kehidupannya ia memilih jalur moksa. Dalam ajaran budaya, pilihan tersebut adalah melepaskan dari ikatan duniawi dan putaran reinkarnasi.

Mumi dari sang biksu ditemukan di Distrik Songino Khairkan, Mongolia dalam kondisi nyaris sempurna. Sejumlah orang yakin bila ia dalam kondisi meditasi mendalam (deep trance), bukan meninggal dunia.

Sedangkan para ilmuwan yang melakukan pemerikasan forensik mengungkapkan bila tubuh sang biksu terawetkan dengan sangat baik. Cuaca dingin Mongolia juga menjadi salah satu faktor tubuh mumi terawetkan dengan baik.

2. Mumi gadis Inca La Doncella

Tubuh seorang gadis Inca ditemukan di sebuah permafrost pada tahun 1999. Ia meninggal saat ritual pengorbanan diri di Gunung Llullaillaco, Argentina sekitar 500 tahun lalu. Didugan gadis ini saat meninggal berusia 13 tahun dan merupakan keturunan orang-orang pertama yang menetap di Amerika 16.000 tahun silam.

Setelah diteliti, ternyata ia menderita penyakit paru-paru yang mana masa itu dapat menyebabkan kematian. Sebelum meninggal dunia, diduga sang gadis diberi minuman memabukkan saat ritual hingga kemudian meninggal dunia.

3. Mumi Guanajuato

Mumi yang berasal dari Meksiko ini berawal dari wabah kolera pada tahun 1833. Korban-korban yang meninggal karena penyakit tersebut kemudian dikuburkan sesegera mungkin untuk mencegah penyebarannya.

Ignacia Aguillar, merupakan salah seorang yang terkena wabah kolera. Keluarganya pun menguburnya hidup-hidup karena takut penyakit tersebut menyebar. Beberapa tahun kemudian ketika jasadnya dikeluarkan karena keluarganya tidak membayar pajak pemakaman, kondisinya begitu mengejutkan.

Ia telungkup di dalam peti matinya dengan jidat dipenuhi cakaran-cakaran. Mulutnya penuh dengan darah karena mengigit tangannya sendiri. Ia juga menganga lebar karena berteriak dalam peti. Kini jasad tersebut dipajang di sebuah museum.

4. Mumi Putri Ukok

Putri Ukok merupakan lambang kecantikan sekaligus penderitaan. Ia diduga penderita kanker payudara pertama di dunia. Kepalanya botak dan harus menggunakan wig dari ekor kuda. Tubuh wanita tersebut juga dipenuhi dengan tato. Dalam pemakamannya juga ditemukan kotak kosmetik, ganja, ekor kuda dan beberapa harta.

Dalam makamnya juga ditemukan dua jasad lelaki lainnya yang dikuburkan dengan tujuan bisa membantu wanita tersebut dalam kuburnya. Sang mumi kemudian dijuluki Putri Siberia atau Altai. Ia diduga meninggal saat berusia 25 tahun. Namun ilmuwan menyatakan bila putri tersebut meninggal karena jatuh dari ketinggian karena ditemukan beberapa tulang yang patah.

5. Mumi Firaun Tutankhamun

Tutankhamun hidup lebih dari 3.300 tahun yang lalu. Selama hidupnya ia menghabiskan waktunya untuk belajar banyak keterampilan, teramsuk membaca dan menulis. Ia diduga meninggal secara misterius.

Hasil autopsi kedokteran menunjukkan bila sang raja meninggal akibat pukulan keras di bagian belakang kepala. Setelah wafat, ia juga dimumifikasikan secara rumit dan aneh. Saat makamnya ditemukan pada tahun 1922 oleh tim yang dipimpin oleh Howard Carter, sejumlah keanehan ditemukan. Salah satunya adalah alat kelamin yang berdiri tegak dan tak mau turun.

Setiap orang memiliki kisahnya masing-masing. Saat orang-orang tersebut meninggal dunia, mereka hanya tinggal cerita turun temurun. It's life. (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 3 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
5 Fashion Stylish Indonesia yang Perlu Kamu Kepo-in
5 Pendaki Cantik ini adalah Aktris Tanah Air
Canneto, Misteri DESA Terbakar Tak Terjelaskan Secara Ilmiah
Kopi Hitam, Minuman Legendaris Kaya Manfaat
Punya 120 Istri, Pria Thailand Ini Menikah Dimana Dia Singgah
Ketahui 5 Kode Rahasia di Dinding Rumah dan Listrik, Waspadai Komplotan Pencuri!
Sebagai Destinasi Wisata, 5 Negara Ini Terima Pembayaran Dengan Rupiah
Penjual Popcorn Ini Bikin Para Pembelinya Rela Antre. Cantik Bukan Main!
Ngeri, Orang-Orang Ini Berani Menyuntikkan Cairan Tak Umum Pada Tubuhnya. Hasilnya?
5 Peraturan Nyeleneh Negara Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Tahukah Kamu Seberapa Keren Sistem Tubuhmu?
Istri Suka Judi dan Berhutang Rp. 67 Miliar, Sang Suami Bangkrut Total!