I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Mengulik Sosok Keblek, Makhluk Jadi-Jadian yang Menjadi Legenda di Indonesia

Mengulik Sosok Keblek Makhluk Jadi-Jadian yang Menjadi Legenda di Indonesia
Pernakah mendengar hantu atau siluman keblek? Benarkah sosok ini menjadi pertanda kematian?
Cocok buatmu
Tidak bisa disangkal jika Indonesia punya banyak sekali cerita mistis. Bahkan di era modern seperti sekarang, rakyat Indonesia masih dikenal dengan kepercayaan mereka yang kuat akan hal-hal berbau mistis. Hal ini juga membuat kisah tentang makhluk yang diberi nama keblek masih tak pudar sampai sekarang. Sosok keblek ini sangat legendaris dan cukup dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Jawa.

Namun, apa sebenarnya keblek ini? Apakah dia siluman? Jin? Hantu? Daripada kamu penasaran, mari bahas bersama.

1. Apa Itu Keblek dan Bagaimana Wujudnya?

Kwikku, Apa Itu Keblek dan Bagaimana Wujudnya
Sumber: http://gajahh.com
Keblek merupakan bangsa lelembut atau siluman yang memiliki wujud menyerupai binatang. Ada yang menggambarkannya sebagai burung maupun hewan lain. Wujudnya sendiri tidak pasti, tetapi memang yang paling umum adalah sebagai burung. Inilah mengapa kadang keblek pun disebut sebagai burung keblek.

2. Kehadiran Burung Keblek Merupakan Pertanda Sesuatu

Kwikku, Kehadiran Burung Keblek Merupakan Pertanda Sesuatu
Sumber: liputan6.static6.com
Keblek diyakini sebagai makhluk jejadian yang akan mendatangi rumah orang yang akan meninggal. Dia bukanlah sosok pencabut nyawa, tetapi hanya sebagai sosok yang memberi tanda-tanda jika di suatu rumah tersebut akan ada yang dijemput Tuhan. Diyakini juga jika keblek suka berputar-putar di rumah orang yang akan meninggal tersebut.

Kehadiran makhluk ini juga biasanya ditandai dengan suara-suara tertentu atau bunyi kepakan sayap yang berbunyi bleg bleg bleg. Mungkin karena suara sayapnya inilah makhluk ini pun dinamai keblek.

3. Sosok Keblek dalam Sejarah

Kwikku, Sosok Keblek dalam Sejarah
Sumber: yukepo.com
Tidak heran jika keblek begitu dipercaya sampai sekarang, karena sosoknya kerap kali digambarkan dalam ornamen-ornamen di candi-candi. Bahkan di cerita pewayangan kuno, keblek ini juga digambarkan sebagai informan karena dia merupakan makhluk netral yang tidak memihak. Di beberapa sumber juga disebutkan jika sosok keblek ini ada yang mirip seperti kelelewar, ayam jago maupaun ayam kalkun. Warnanya hitam dan sangat tinggi. Berbeda dengan hewan sejenis pada umumnya. Namun, ada pula yang percaya jika wujud keblek sebenarnya sangat menyeramkan.

4. Keblek juga Identik dengan Pesugihan

Kwikku, Keblek juga Identik dengan Pesugihan
Sumber: boombastis.com
Ternyata keblek tidak hanya digambarkan sebagai pemberi kabar kematian, tapi ada pula yang percaya bahwa makhluk ini adalah siluman untuk pesugihan. Bahkan ada yang percaya jika bisa menangkap makhluk ini, maka akan ada imbalan besar datang menanti dari seseorang.

Percaya nggak percaya? Semua kembali pada keyakinan hati masing-masing orang.

0
0 none
Komentar