Pohon Tarra, Tempat Persemayaman Terakhir Para Bayi di Toraja

Pohon Tarra  Tempat Persemayaman Terakhir Para Bayi di Toraja - I D Pran banyak,cara,untuk,menyemayamkan,mereka,yang,jiwanya,diambil,oleh,yang,maha,kuasa,mulai,dari,mengubur,tanah,sampai,disemayamkan,dalam,pohon
Ada banyak cara untuk menyemayamkan mereka yang jiwanya diambil oleh yang Maha Kuasa. Mulai dari mengubur di tanah, sampai disemayamkan di dalam pohon.
Tana Toraja, memang dikenal sebagai tempat dengan kebudayaan yang unik, menarik dan sampai menjadi daya tarik bagi warga Indonesia dari tempat lain sampai masyarakat mancanegara. Terutama pada ritual-ritual yang dilakukan penduduknya, ritual pemakaman misalnya.

Di Toraja sendiri memang terkenal dengan pemakaman di dalam goa tebing, tetapi yang tidak banyak orang ketahui adalah mereka pun punya cara memakamkan khusus untuk para bayi. Bayi-bayi yang meninggal ini tidak dimakamkan dengan dikubur atau diletakkan di dinding tebing seperti pada umumnya, tetapi disemayamkan di dalam pohon Tarra. Mengapa bisa seperti itu? Mari ulas lebih mendalam.

1. Pohon Tarra Dikenal sebagai Pohon dengan Banyak Getah
Pohon Tarra Dikenal sebagai Pohon dengan Banyak Getah
iffocus.files.wordpress.com
Passiliran adalah cara masyarakat Toraja untuk menyebut pemakaman di dalam pohon. Pohon Tarra yang digunakan sebagai tempat pemakaman bayi, dikenal memiliki banyak getah di dalam batangnya. Hal ini dipercaya bahwa bayi yang dititipkan ke dalam pohon akan menjadikan getah Pohon Tarra sebagai pengganti ASI. Untuk itulah mengapa hanya bayi-bayi yang ditempatkan di pohon ini.

2. Pohon Tarra Sudah Hidup Ratusan Tahun Lalu
Pohon Tarra Sudah Hidup Ratusan Tahun Lalu
indonesiakaya.com
Passiliran menjadi lebih berkesan karena pohon Tarra yang digunakan meletakkan bayi, ternyata sudah hidup ratusan tahun lalu. Usianya sama dengan para nenek moyang yang melestarikan tradisi pemakanan ini. Selain itu, ukuran pohonnya juga besar, diameternya bisa sampai 80-100 cm. Bahkan pohon unik satu ini juga hanya tumbuh di Desa Kambira, Tana Toraja dan Sulawesi Selatan, sehingga kamu yang ingin menjumpai Pohon Tarra, maka satu-satunya cara adalah datang ke tempat-tempat tersebut.

3. Pohon Tarra adalah Rahim untuk Bayi
Pohon Tarra adalah Rahim untuk Bayi
http://padmagz.com
Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwa pohon Tarra ini memiliki banyak getah dan dipercaya sebagai pengganti susu. Namun, selain itu ternyata batang pohon ini juga dipercaya sebagai rahim bagi para bayi. Masyarakat percaya, bahwa bayi merupakan makhluk yang suci, sehingga harus disemayamkan di pohon Tarra untuk mencegah kematian bayi lainnya.

4. Pohon Tarra Tidak Pernah Mengeluarkan Bau Busuk
Pohon Tarra Tidak Pernah Mengeluarkan Bau Busuk
newshub.id
Tidak heran pohon Tarra dianggap suci dan ajaib, pasalnya meskipun dijadikan pemakaman bagi para bayi, pohon ini tidak pernah mengeluarkan aroma busuk sama sekali. Selain itu, para bayi yang diletakkan di dalam pohon pun akan menyatu dengan pohon tersebut. Tidak mengherankan jika setelah 20 tahun, batang pohon akan kembali seperti semula dan bisa dijadikan tempat untuk bayi lain yang meninggal.

5. Cara dan Aturan Penguburan Bayi di Pohon Tarra
Cara dan Aturan Penguburan Bayi di Pohon Tarra
blogspot.com
Seperti ritual lainnya yang memiliki aturan tertentu, penguburan bayi di pohon Tarra pun memiliki caranya sendiri. Pertama, bayi yang diletakkan di pohon ini adalah bayi yang belum tumbuh gigi atau yang usianya belum 6 bulan. Selain itu, bayi dimasukkan ke dalam pohon dalam keadaan tidak memakai pakaian sama sekali dan dihadapakan pada rumah duka. Setelah itu, lubang akan ditutup memakai serabut ijuk atau pun enau. Tidak lupa, peletakkan bayi juga disesuaikan dengan strata sosial. Mereka yang lebih tinggi stratanya akan diletakkan di tempat paling atas.

Gimana Kwikkers? Apa kamu tertarik melihat pemakaman khas Toraja ini? 

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 1 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Tanpa Photoshop, 15 Foto Ini Bikin Gagal Fokus
Inilah 7 Hantu Tanpa Kepala yang Ada di Penjuru Dunia. Serem-Serem Banget, Guys
Wanjirr.... Inilah Deretan Emak - Emak Penguasa Jalanan! Apakah Emak Kamu Salah Satunya?
Gemerlapnya Lampu Neon Kota-Kota di Jepang pada Malam Hari
18 Produk Gagal Ini Juga Bikin Gagal Fokus
Deretan Tentara Cantik Israel, Kenalan Yuk Mblo!
Tahu Lagu Jaran Goyang? Ini Kisah Misteri Di Balik Lagu tersebut !
Masih Inget Gak? Nih 7 Potret Nostalgia Pemandangan Penumpang Kereta Api Zaman Old, Bikin Ngelus Dada
5 Cerita Mistis dan Menyeramkan dari Daratan Eropa Abad Pertengahan
Kocak! Meme 'Loe Ngomongin Gue di Perosotan' Bikin Ketawa Geli
8 Tulisan Kocak Belakang Kaos. Berani Pakai?
Dikenal sebagai Negara Maju, Jepang Punya 5 Sekte Sesat yang Aneh