Tak Kalah Dengan Barang Mewah, 5 Kerajinan Seni Khas Indonesia Ini Bernilai Fantastis!

Tak Kalah Dengan Barang Mewah  5 Kerajinan Seni Khas Indonesia Ini Bernilai Fantastis  - Indahhikma selain,batik,indonesia,masih,punya,kerajinan,khas,yang,memiliki,nilai,fantastis,bahkan,sampai,dikenal,mancanegara
Selain batik, Indonesia masih punya kerajinan khas yang memiliki nilai fantastis bahkan sampai dikenal di mancanegara.

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan alam. Keberaneka ragaman yang ada di negara ini membuatnya memiliki ragam kebiasaan, adat istiadat, hingga kerajinan. Kekayaan itulah yang kemudian menarik minat wisatawan mancanegara.

Jika selama ini kamu hanya mengenal batik sebagai karya khas nusantara yang mendunia. Sebenarnya masih banyak lagi lho guys kerajinan asal negara kita yang diburu oleh turis karena harga jualnya yang sungguh fantastis.

Kalau kamu ngaku cinta Indonesia, ayo sebutkan apa saja hasil seni budaya kita selain batik?

1. Songket

Songket memiliki motif yang beragam, dan terkesan mewah. Hal itulah yang membuat kain tenun tradisional Pulau Sumatera ini membutuhkan waktu lama dalam proses pengerjaannya. Penambahan benang emas di atas benang lungsin juga membutuhkan ketelatenan. Itulah sebabnya Pulau Sumatera dijuluki sebagai swarnabhumi dan swanadwipa yang berarti pulau emas. 

2. Wayang Kulit

Meski arus modernisasi terus menggempur, namun pertunjukkan wayang kulit masih terus digelar di sejumlah titik kota. Pertunjukkan tradisional ini menampilkan kisah-kisah Mahabarata yang masih punya tempat di hati penggemarnya.

Sejak tahun 2003, UNESCO telah memasukkan seni wayang ke dalam daftar budaya warisan dunia. Kalau kamu masih menganggap kesenian ini kuno, salah besar. Sebab harga jual wayang kulit kini mencapai jutaan rupiah. Tak heran menjadi buruan para kolektor.

3. Seni Ukir Asmat

Suku Asmat terkenal dengan seni ukir. Tak hanya di Indonesia, bahkan di dunia harga seni ukir memiliki nilai hingga miliaran rupiah. Memang terlihat sepeleh, hanya sebuah kayu dengan ukiran-ukiran indah. Namun justru itulah yang membuatnya rumit dan butuh ketelitian.

Gambar-gambar ukiran di atas kayu itu sebenarnya memiliki penggambaran dari nenek moyang mereka. Sedangkan mengukir adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap nenek moyang atau leluhur yang secara turun temurun harus terus dilakukan. 

4. Kain Tenun Ikat Ternate

Tenun ikat memang terlihat sederhana, namun kerajinan ini menjadi perburuan para fashion designer ternama dunia. Tenun ikat juga diklaim sebagai bagian dari identitas budaya bangsa yang memiliki nilai kesenian daerah.

Tenun ikat ternate punya karakter kuat lewat motifnya. Biasanya, motif yang digunakan berkaitan dengan keragaman Maluku Utara atau dunia laut, seperti ikan, kerang atau burung laut. Menarik, ya?

5. Keris

Meski dianggap sebagai barang lama, namun keris masih dimiliki oleh para kolektor dan diburu oleh sebagian orang. Dulunya, benda tersebut adalah senjata tradisional dari Indonesia yang digunakan dalam berperang.

Seolah membawa keberuntungan dan dianggap sakti, keris dijuluki sebagai benda magis yang perlu diritualkan setiap tanggal-tanggal tertentu. Mulai dari dimandikan, hingga dirawat layaknya benda hidup.

Para bangsawan kerap menyelipkan keris di bagian pinggang kiri sebagai simbol keberanian. Senjata tajam tersebut bahkan memiliki ukiran hingga keindahan tersendiri. Oleh sebab itu, satu buah keris bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah.

Sebagai penerus bangsa, Kwikkers perlu tahu dan melestarikan warisan seni budaya negara Indonesia. Yuk, cintai seni budaya nusantara! (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 2 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
-456+464 Fakta Yang Sudah & Belum Kamu Tahu Tentang McDonald
Mengintip Mirisnya Visual Tempat Tinggal Tersempit di Beberapa Negara
Hasil Foto Pernikahan Refleksi Epic, Ternyata Cuma Butuh Benda Ini
Dilengkapi Teknologi Canggih, Kota Luar Angkasa Imajinatif Dalam Film Ini Layaknya Nyata!
Dari Geli Hingga Bikin Lapar! 9 Nail Art Ini Epic Tiada Tanding
Selain Seru, Anime-anime Olahraga Ini Ajarkan Kita untuk Pantang Menyerah
Fakta Eksentrik dan Menarik Dari Walikota Bandung Ridwan Kamil
Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Sushi dan Kimbap!
Jelajah Nusantara Sembari Menilik Kelezatan Takjil Dari Berbagai Daerah Berikut!
Sebuah Misteri Ilahi, Hati - Hati! Tanda - Tanda Kamu Akan Dipecat dari Kantor!
Dekatkan Minuman Tradisional Pada Anak Muda Masa Kini, 2 Kafe Jamu Ini Sukses Jadi Tempat Kongkow Masa Kini!
Tidak Tamat Sekolah, 5 Selebriti Tanah Air Buktikan Kesuksesan Dengan Jalannya