Black Death, Wabah Mengerikan yang Hampir Memusnahkan Seluruh Penduduk Eropa. Inilah 5 Faktanya

Black Death  Wabah Mengerikan yang Hampir Memusnahkan Seluruh Penduduk Eropa  Inilah 5 Faktanya - I D Pran eropa,disebut,sebagai,benua,biru,karena,saking,indahnya,nuansa,benua,tersebut,namun,mari,melihat,sedikit,belakang,mana,benua,pernah,hampir,menjadi,ladang,kuburan,bagi,seluruh,rakyat,eropa,ketika,black,death,menimpa
Eropa disebut sebagai benua biru karena saking indahnya nuansa di benua tersebut. Namun, mari melihat sedikit ke belakang, di mana benua ini pernah hampir menjadi ladang kuburan bagi seluruh rakyat Eropa ketika Black Death menimpa.
Sumber foto header: http://nationalinterest.org

Daratan Eropa yang indah dan kerap kali menjadi destinasi wisata para turis dari berbagai penjuru dunia, rupanya memiliki sejarah menyedihkan dan mengerikan di akhir abad 14 yang lalu. Sejarah tersebut tercipta berkat sebuah penyakit mematikan yang diberi nama Black Death. Penyakit ini mewabah ke seluruh penjuru Eropa dan hampir membunuh seluruh penduduk Eropa hanya dalam jangka waktu empat tahun. Semua orang ketakutan, tidak ada yang berani keluar rumah dan bahkan banyak sekali terdapat kuburan-kuburan massal untuk menampung para korban Black Death.

Namun, seperti apa ceritanya? Berikut ini adalah 5 fakta mengerikan seputar Black Death.

1. Jumlah Korban Black Death Mencapai Jutaan
Jumlah Korban Black Death Mencapai Jutaan
boombastis.com
Maut Hitam atau Black Death merupakan wabah penyakit yang terjadi di Eropa sejak tahun 1347 sampai tahun 1351. Saat itu, sepertiga penduduk Eropa menjadi korbannya. Diperkirakan korban tewas sekitar 75 sampai 200 juta, hampir sama dengan seluruh penduduk Indonesia maupun penduduk Brasil saat ini. Bahkan Perang Dunia II pun korbannya tidak sebesar wabah ini.

2. Black Death Disebabkan oleh Bakteri yang Dibawa Lalat dan Tikus
Black Death Disebabkan oleh Bakteri yang Dibawa Lalat dan Tikus
boombastis.com
Penyebab Black Death, setelah diteliti lebih dalam, diperkirakan disebabkan oleh bakteri Yersina Pestis, atau pes. Penyakit tersebut disebabkan oleh lalat maupun kutu, lalu dibawa oleh tikus dan disebarkan ke berbagai penjuru Eropa. Hal ini cukup masuk akal mengingat kehidupan kalangan bawah di Eropa zaman dulu terhitung cukup buruk, termasuk saluran sanitasinya yang tidak memadai.

3. Gejala Black Death yang Menyeramkan
Gejala Black Death yang Menyeramkan
boombastis.com
Mereka yang menderita Black Death akan mengalami bengkak pada tubuh dan rasa sakit yang sangat luar biasa. Pembengkakkannya cukup menakutkan karena bisa sebesar telur bahkan apel. Jika dibiarkan, korban tentu akan mengalami kematian yang menyakitkan. Dan memang hal itulah yang terjadi pada 200 juta jiwa penderita Black Death.

4. Segala Pengobatan Dilakukan dari yang Umum Sampai Tidak Masuk Akal
Segala Pengobatan Dilakukan dari yang Umum Sampai Tidak Masuk Akal
boombastis.com
Ketika Black Death mewabah, para dokter dan ahli obat masih belum mengerti penyakit apa ini sebenarnya. Sehingga berbagai macam cara pun dilakukan, termasuk memberikan pasien sebuah topeng menyeramkan berbentuk seperti burung gagak. Topeng ini sendiri sebenarnya digunakan oleh para dokter pada awalnya, tetapi akhirnya alih fungsi sebagai upaya pencegahan Black Death. Sayangnya usaha ini tidak ada hasilnya.

5. Black Death Dianggap sebagai Kutukan Tuhan
Black Death Dianggap sebagai Kutukan Tuhan
boombastis.com
Masih minimnya pengobatan dari para dokter, dan melihat bagaimana ratusan korban yang meninggal akibat Black Death, menyebabkan orang-orang berspekulasi tentang kutukan Tuhan. Hingga mereka pun melakukan aksi penyerangan terhadap kelompok-kelompok seperti orang Yahudi, biarawan, pengemis, orang asing dan orang-orang yang dianggap pembawa wabah ini.

Selama empat tahun masyarakat Eropa dibayangi wabah Black Death, dan ketika wabah ini sudah berhenti di Eropa, korbannya pun beralih ke India dan Tiongkok. Sampai-sampai orang-orang menganggap bahwa kiamat akan segera datang.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
5 bulan 4 minggu lalu
0
Boost!
Bagikan


Loading...
SARAN DARI DISCOVER
8 Tulisan Kocak Belakang Kaos. Berani Pakai?
10 Foto Keren Hasil Totalitas Sang Model, Fotografer Serta Master Photoshop
Meme Emak-Emak Zaman Now Punya Kelakuan Bikin Ngakak Gulung-Gulung
Berani Baca? Ini Loh 5 Kisah Hantu Zaman Belanda yang Gentayangan Sampai Sekarang
Bikin Melongo ! Orang-Orang Ini Rela Habiskan Milyaran Rupiah Cuma Buat Main Game !
Olahraga Ini Hanya "Selangkah" Menuju Kematian, Salah Satunya Akhirnya Memakan Korban !
5 Sup Ini Dibuat dari Bahan-Bahan Terlalu Ekstrem, Hanya untuk yang Bernyali Tinggi
Ternyata Gini Kerangka Tulang Tokoh Kartun Favoritmu, Hello Kitty Jadi Serem
Tetap Solid dan Sederhana, Sheila On 7 Bagikan Kisah Perjalanan Karirnya di Industri Musik
10 Penampakan Supermarket Zaman Dulu Ini Bikin Pengen Naik Mesin Waktu
Beberapa Teknik Bikin Tatoo yang Bikin Merinding ! Puluhan Kali Lebih Menyakitkan dibanding Tatoo Biasa !