Luas Bukan Main, Lautan Menyimpan 5 Misteri Yang Sulit Dipecahkan

Luas Bukan Main  Lautan Menyimpan 5 Misteri Yang Sulit Dipecahkan - Indahhikma tidak,yang,tahu,saja,dalam,dasar,lautan,namun,fakta,yang,masih,belum,terpecahkan,hingga,saat,berasal,dari,dasar,laut
Tidak ada yang tahu ada apa saja di dalam dasar lautan. Namun fakta yang masih belum terpecahkan hingga saat ini berasal dari dasar laut.

Hampir 71% dari luas bumi adalah lautan. Sedangkan sisanya adalah daratan yang terdiri dari pulau besar dan kecil. Lautan yang terhampar luas menyelubungi planet manusia ini memiliki banyak rahasia yang tersimpan di dalamnya.

Para ilmuwan yang menjelajah angkasa, juga pernah mengungkapkan bila dilihat dari atas, bumi lebih berwarna biru yang tak lain adalah air. Meski luas dan menakutkan, namun di dalam lautan sebenarnya terdapat pemandangan indah. Beberapa titik di antaranya bahkan menyimpan kisah misteri lautan yang masih menjadi tanda tanya.

Kalau kamu penasaran ada cerita apa saja di dasar lautan, yuk simak ulasan kisahnya berikut ini!

1. Putri Duyung

Kalau kamu penggemar Ariel si putri duyung, pasti sempat bertanya-tanya apakah makhluk tresebut benar-benar ada di dunia? Secara ilmiah legenda putri duyung berasal dari para pelaut yang berada di tengah lautan terlalu lama, merasa kesepian hingga akhirnya mabuk. Kondisi seperti ini memungkinkan mereka berhalusinasi melihat lembu laut sebagai putri duyung.

Seperti dilansir dari Discovery.com, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengungkapkan bila pendapat mengenai putri duyung muncul pertama kali dalam lukisan gua di akhir periode Paleolitik atau sekitar 30.000 tahun lalu. Hingga saat ini makhluk tersebut masih dikategorikan sebagai legenda, dan masih belum ada bukti pasti tentang keberadaannya.

2. Gumpalan Laut

Di dasar laut, tak banyak orang tahu bila ada sebuah makhluk yang memiliki bentuk seperti gumpalan atau disebut dengan amorf. Masyarakat menilai makhluk itu sangat misterius dan aneh.

Namun para ilmuwan berpendapat bahwa ia bukan lah miserius melainkan sejenis ubur-ubur raksasa yang bahkan bisa bereproduksi. Tapi hingga saat ini masih menjadi teka-teki karena tidak ada spesies yang sejenis. Terus apa dong yang ditemukan waktu itu?

3. Piramida Kristal

Letak segi tiga bermuda di perairan Atlantik dihubung-hubungkan dengan pesawat, hingga kapal yang hilang. Menurut pendapat beberapa ahli bahwa di dalamnya terdapat piramida kristal yang juga dikenal sebagai tempat misterius. Memang masih belum ada bukti pasti, tapi masyarakat menghubung-hubungkannya dengan alien.

4. Ubur-ubur Abadi

Ragam spesies laut yang tersebar memiliki ciri khas masing-masing, termasuk dengan jenis ubur-ubur satu ini. Hewan laut itu memiliki ukuran 4-5 milimeter dan secara biologis diduga tidak akan menua.

Fakta ini kemudian berusaha dibuktikan oleh para ahli. Jika biasanya ubur-ubur akan mati setelah bereproduksi atau disebut dengan transdiferensiasi, tapi tidak dengan makhluk ini. Hal ini hingga kini masih menjadi teka-teki dan belum benar-benar bisa dibuktikan.

5. Atlantis

Menurut kisah, ada sebuah kota yang dulunya menjadi pusat dunia dan memiliki peradaban paling maju. Namun, kota itu tiba-tiba saja menghilang dan kabarnya tenggelam di dasar lautan. Seorang sejarawan, Bettany Hughes akhirnya menyelidiki mitos kuno ini. Ia berpendapat tentang teori Plato tersebut berasal dari pulau dekat Yunani kuno yang kini dikenal sebagai Santhorini yang dulunya dikenal sebagai Pulau Thera.

Penduduk pulau itu dulunya bermata pencaharian sebagai pedagang. Letaknya yang dekat dengan tiga benua, memuncul sebuah kisah tentang adanya gunung berapi yang meletus pada tahun 1620 SM. Ledakannya cukup besar hingga berdampak pada seluruh dunia. Akhirnya, Thera pun berubah menjadi kota yang penuh abu dan tinggal sisa-sisa puing.

Kisah kehancuran itu mungkin menjadi inspirasi bagi Plato untuk menciptakan Atlantis. Sebab hingga kini tak ada yang tahu keberadaan kota tersebut.

Sebenarnya lautan menyimpan segala reka kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Dengan luasnya yang tak terhingga itu memungkinkan jika di dalamnya tersimpan banyak kisah dan misteri lautan yang masih belum terungkap. (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 7 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Yang Ini Paling Bagus Dikonsumsi Mentah-Mentah Guys!
Heoibikuni, Si Kambing Hitam Atas Kentut Majikan yang Marak di Era Kekaisaran Lama Jepang
Tidak Terlalu Sulit: Berikut 4 Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta
Selain Indonesia, Negara Ini merdeka di Bulan Agustus juga, mau tahu?
Old Jaman Now Masih Ingat Gak Dengan 7 Mitos Tahun 90-an Ini? Kids Jaman Now Pasti Gak Tau.
Yuk Ketahui Karakter Seseorang dari Warna Favoritnya
Kumpulan Buah Hitam Manis yang Kaya Manfaat
Apakah Jenglot Adalah Makhluk yang Nyata? Mari Ulas Bersama Misteri Makhluk Mini Menyeramkan Ini
Rachquel Nesia, Ratu FTV yang Manis Melelehkan
Tips Penting Ini Perlu di Ceklist Sebelum Kamu Traveling dan Berlibur!
Tetap Menawan: Inilah Tampilan Selebriti Saat Menggunakan Sandal Jepit
5 Alasan Ini Bakal Buat Kamu Betah di Jepang