Sempat Diabaikan, Film Tengkorak Karya Dosen UGM Sukses Tembus Cinequest Film Festival!

Sempat Diabaikan  Film Tengkorak Karya Dosen UGM Sukses Tembus Cinequest Film Festival  - Indahhikma sukses,masuk,festival,film,internasional,berikut,fakta,tentang,film,tengkorak,yang,digarap,secara,indie,perjuangan,banget,guys
Sukses masuk ke Festival Film Internasional, berikut fakta tentang film Tengkorak yang digarap secara indie. Perjuangan banget, guys!

Karya anak bangsa kembali menorehkan prestasi. Film berjudul Tengkorak karya Yusron Fuadi berhasil lolos ke ajang Festival Film Intenasional, Cinequest Film dan VR Festival. Berbeda dengan film indie kebanyakan, karya ini memiliki genre fiksi ilmiah dan berada di pada deretan film terbaik di ajang bergengsi tersebut.

Sebelum dibawa ke Amerika Serikat, Tengkorak sudah berhasil menyihir para pecinta film tanah air di ajang Jogja NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2017. Film ini juga sudah disaksikan oleh para sutradara ternama, seperti Joko Anwar, Ifa Ifansyah hingga Hanung Bramantyo. Diparesiasi baik, perjalanan membuat film ini hingga berada di jajaran film terbaik ternyata tidak mudah.

Bagaimana cerita Yusron Fuadi terkait filmnya yang diapresiasi banyak orang ini?

1. Butuh Waktu 127 Hari

Kesuksesan film Tengkorak sebanding dengan proses syuting yang berlangsung lama, yakni 127 hari. Walau demikian, ternyata Dosen Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada tersebut menghabiskan waktu tiga tahun untuk merampungkannya. Ia mengungkapkan bila lamanya waktu karena tidak ada produser. Sehingga jika ditotal syuting di Jogja dimulai pada tahun 2014 dan berakhir pada November 2017.

2. Diproduseri Sendiri

Salah satu faktor dari lamanya proses perampungan adalah tidak adanya produser. Sehingga Yusron harus menunggu usai gajian untuk memberi makan kru, biaya artis, dan lain sebagainya. Selain itu, mayoritas kru adalah mahasiswa. Maka dari itu, mesti ada waktu luang untuk kembali merampungkannya.

3. Ditolak Banyak Sponsor

Saat proses pendanaan, Yusron dan tim sudah mencoba mencari sponsor. Namun ternyata banyak yang menolak proyek mereka. Hal tersebut justru tak menyurutkan tekatnya untuk menyelesaikan. Alhasil untuk menutupi kekurangan biaya produksi, ia dan teman-temannya melakukan patungan

4. Dapat Dukungan Dari Aktor dan Aktris Profesional

Meski sponsor banyak yang menolaknya dan mengalami keterbatasan finansial. Tetapi film ini banyak mendaptkan dukungan besar dari aktor dan aktris profesional, seperti Eka Nusa Pertiwi, Guh S. Mana, Rukman Rsadi, Kedung Dharma, fotografer Darwis Triadi Giras Basuwondo. Hingga Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto. Mereka adalah pekerja yang sukarela tanpa dibayar.

5. Melibatkan Sedikit Kru

Jika pada umumnya sebuah film digarap oleh kru yang mencapai 200 lebih. Berbeda dengan film ini. Produksinya hanya melibatkan lebih dari 100 kru yang terdiri dari mahasiswa 3-4 generasi jurusan KOMSI. Selama penggarapan film, Yusron tak hanya menjadi sutradara tetapi juga kameramen hingga aktor. 

6. Siap Ditayangkan di Seluruh Bioskop Indonesia

Saat ini film Tengkrorak sedang menunggu turunnya izin edar dari Lembaga Sensor Film (LFS) setelah proses pengajuan pada akhir tahun 2017. Yusron berharap bila film ini bisa tayang di seluruh bioskop Indonesia. Ia ingin bertemu dengan penonton yang tertarik dengan film ilmiah.

Wah, menarik sekali ya guys perjuangan dari proses penggarapan film Tengkorak di atas. Benar-benar tak sabar ingin segera nonton! (ind)


Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 4 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Ada Di Sekitar Kita, 10 Tanaman Paling Berbahaya dan Mematikan Di Dunia
8 Kecelakaan Kapal Ini Berhasil Terdeteksi Berkat Google Earth
Kreatif banget ya, Lukisan Zaman Dulu yang Menggambarkan Kehidupan Zaman Sekarang!
5 Selebgram Hijabers Suguhkan Inspirasi Fashion
Ini Lho Tips - Tips Buat Kamu Yang Ingin Sukses Muda
Bikin Semangat Kerja! 6 Perusahaan Besar Ini Manjain Karyawan Banget!
5 Lifehacks Ini Jamin Makan Lebih Efisien!
Dibangun di Atas Lahan Sempit, Siapa Sangka Desain Apartemen Ini Bikin Takjub!
Dihias Mirip Dengan Aslinya, Deretan Kue Ini Bikin Nggak Tega Mau Menyantapnya
Bikin Nggak Mau Pulang, 8 Fasilitas Umum di Jepang Ini Manjakan Publik
Mengapa Kebanyakan Tokoh Kartun Berwarna Kuning? Jawabannya Ada Di Sini!
Tak Pernah Tunjukkan Wajah, Selebgram Ini Sukses Bikin Penasaran Netizen