Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

5 Istilah Jadul 90-an Ini Bikin Kamu Rindu Masa-masa Sekolah!

5 Istilah Jadul 90-an Ini Bikin Kamu Rindu Masa-masa Sekolah
Generasi 90-an pasti kenal banget deh dengan istilah yang ada di sekolah ini. Bikin rindu!
Cocok buatmu

Perubahan kurikulum pada pendidikan di tanah air juga didasarkan pada tahun ajaran. Hal inilah yang kemudian memunculkan istilah-istilah baru, baik pada mata pelarajan hingga penyingkatan istilah ujian nasional. Sama halnya dengan SNMPTN, dulunya dikenal dengan Sipenmaru. Sedangkan UN dulu juga punya istilah lain.

Jika kamu generasi 90-an, pasti kenal banget deh dengan istilah-istilah berikut ini. Jadi kangen masa sekolah dulu!

1. EBTANAS

Kwikku, EBTANAS

EBTANAS atau singkatan dari Evaluasi Belajar Tahap Air Nasional digunakan pada tahun 1980-2000. Saat itu pihak sekolah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mengujikan beberapa mata pelajaran pokok. Mereka juga berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk EBTA yang mengujikan mata pelajaran sisanya. Hasilnya akan dikombinasikan lagi dengan nilai ujian harian serta rapor. 

2. CAWU

Kwikku, CAWU

Cawu adalah singkatan dari Catur Wulan. Yang mana murid-murid akan menjalani masa empat bulan sekali untuk mengevaluasi belajar. Sehingga dalam satu tahun mereka akan mengikuti ujian sebanyak tiga kali. Sistem cawu kemudian berakhir pada tahun 2003.

3. KERTAKES

Kwikku, KERTAKES

KERTAKES adalah istilah untuk mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Dulu murid-murid bisa membuat prakarya, berlatih musik sembari menyanyikan lagu derah atau nasional hingga seni melukis. Istilah ini terakhir kali digunakan sekitar tahun 2005/2006, yang kemudian digantikan dengan Kesenian.

4. RPUL

Kwikku, RPUL

Sebelum adanya mesin pencari Google, dulu siswa wajib banget punya RPUL yang berisi segala pengetahuan umum baik dalam maupun luar negeri. Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap tersebut biasanya diperbarui setiap tahun sehingga informasinya up to date.

5. RPAL

Kwikku, RPAL

Sama halnya dengan RPUL, RPAL adalah pegangan wajib siswa karena berisi informasi tentang pengetahun alam. Generasi 90-an membawa buku ini kemanapun termasuk ke sekolah karena segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu alam ada di sini.

Rindu tidak dengan zaman sekolah tahun 90 hingga awal 2000-an? Meski kini kamu sudah tak lagi menemukan istilah tersebut, tapi berbahagialah karena menjadi bagian dari generasi 90-an yang penuh makna! (ind)

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar