Fenomena Film Remake dan Daur Ulang, Sineas Indonesia Kehabisan Ide?

Fenomena Film Remake dan Daur Ulang  Sineas Indonesia Kehabisan Ide  - Indahhikma fenomena,film,remake,daur,ulang,sineas,indonesia,kehabisan

Perfilman Indonesia memang sedang naik daun. Semakin tahun, ragam film buatan anak bangsa semakin beraneka ragam dan memiliki jumlah penonton yang membludak sehingga menjadi box office.

Tetapi coba deh lihat deretan film Indonesia terlaris, mulai dari Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, Jangkrik Boss! Part 2, Pengabdi Setan, Ada Apa Dengan Cinta 2, Ayat Ayat Cinta 2, Eiffel I'm In Love hingga Benyamin Biang Kerok. Hampir seluruhnya merupakan daur ulang dari versi terdahulunya.

Melihat fenomena remake ini, sutradara Hanung Bramantyo mulai angkat bicara. Secara pribadi ia tidak setuju jika dikatakan sineas Indonesia kehabisan ide karena kembali menghidupkan kembali kisah yang dulu pernah ada.

Menurutnya, fenomena remake dan membuat sekuel film telah terjadi belasan tahun lalu di seluruh dunia. Dirinya pun mulai memberikan contoh film Batman yang pernah dibuat pada tahun 2005, 2008 hingga 2013. Baginya ini bukanlah soal kehabisan ide, tetapi bagaimana membangkitkan lagi kisah yang dahulu dengan versi yang sedikit berbeda. Toh penonton juga bisa bernostalgia, bukan?

"Ingat, Batman itu pertama kali dibuat tahun berapa. Kemudian dibuat ulang Christopher Nolan. Kisahnya dimulai dari Batman Begins tahun 2005, The Dark Knight tahun 2008 dan The Dark Knight Rises tahun 2013. Spiderman setelah tiga jilid dengan Tobey Maguire, kemudian dibuat ulang dari awal dengan menggaet Andrew Garfield,” ujar Hanung panjang lebar.

Mendaur ulang film sebenarnya sah-sah saja. Sebab dunia kreatif tidak dibatasai oleh apa pun. Justru dengan hal itu para sineas menemukan tantangan baru. Mereka tahu jika karyanya pasti akan dibandingkan dengan versi terdahulu. Oleh sebab itu, bagaimana mereka membuatnya menjadi lebih fresh, dengan kualitas zaman now, sedikit berbeda tetapi tidak melenceng dari cerita asli, hingga pengemasan yang semenarik mungkin.

Soal hasil, tentu semuanya akan diserahkan kepada penonton. Tinggal bagaimana pendapat mereka, suka yang dahulu apa sekarang? (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 4 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
8 Model Rambut Anak Ini Lucu, Unik, dan Menggemaskan Loohh Gaesss
Gala Premiere Film #TemanTapiMenikah Sukses Digelar, Adipati dan Vanesha Malah Nangis. Kenapa?
Iseng Banget! Begini Jadinya Bila Dinosaurus Di Jurassic Park Diganti Kucing
Dijual Mahal, 5 Fashion Item Brand Ternama Ini Mirip Barang Murah
Tak Mau Kalah, Zee Zee Shahab Unggah Foto Bersama Iqbaal Ramadhan
Dilan itu Adalah Pidi Baiq Sendiri. Benarkah?
10 Chatingan Ngaco yang Bikin Sakit Perut dari Para OLSHOP
Nyeleneh? Begini Penampakan 14 Bantal "Aneh" yang Bisa Kamu Beli. Ada Bantal Paha Seksi!
Sukses Buat Penonton Penasaran, Ini Dia Alasan Harus Nonton Marlina Si Pembunuh Empat Babak
Promo di Depok Tanpa Dilan, Cast Tetap Semangat!
Debo Andryos Gabung Dengan Geng Motor Saat Gala Premiere Dilan 1990 di Bandung! Mirip Dilan?
7 Gadget Super Aneh Asal Jepang yang Di Luar Nalar