Fenomena Film Remake dan Daur Ulang, Sineas Indonesia Kehabisan Ide?

Fenomena Film Remake dan Daur Ulang  Sineas Indonesia Kehabisan Ide  - Indahhikma fenomena,film,remake,daur,ulang,sineas,indonesia,kehabisan

Perfilman Indonesia memang sedang naik daun. Semakin tahun, ragam film buatan anak bangsa semakin beraneka ragam dan memiliki jumlah penonton yang membludak sehingga menjadi box office.

Tetapi coba deh lihat deretan film Indonesia terlaris, mulai dari Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, Jangkrik Boss! Part 2, Pengabdi Setan, Ada Apa Dengan Cinta 2, Ayat Ayat Cinta 2, Eiffel I'm In Love hingga Benyamin Biang Kerok. Hampir seluruhnya merupakan daur ulang dari versi terdahulunya.

Melihat fenomena remake ini, sutradara Hanung Bramantyo mulai angkat bicara. Secara pribadi ia tidak setuju jika dikatakan sineas Indonesia kehabisan ide karena kembali menghidupkan kembali kisah yang dulu pernah ada.

Menurutnya, fenomena remake dan membuat sekuel film telah terjadi belasan tahun lalu di seluruh dunia. Dirinya pun mulai memberikan contoh film Batman yang pernah dibuat pada tahun 2005, 2008 hingga 2013. Baginya ini bukanlah soal kehabisan ide, tetapi bagaimana membangkitkan lagi kisah yang dahulu dengan versi yang sedikit berbeda. Toh penonton juga bisa bernostalgia, bukan?

"Ingat, Batman itu pertama kali dibuat tahun berapa. Kemudian dibuat ulang Christopher Nolan. Kisahnya dimulai dari Batman Begins tahun 2005, The Dark Knight tahun 2008 dan The Dark Knight Rises tahun 2013. Spiderman setelah tiga jilid dengan Tobey Maguire, kemudian dibuat ulang dari awal dengan menggaet Andrew Garfield,” ujar Hanung panjang lebar.

Mendaur ulang film sebenarnya sah-sah saja. Sebab dunia kreatif tidak dibatasai oleh apa pun. Justru dengan hal itu para sineas menemukan tantangan baru. Mereka tahu jika karyanya pasti akan dibandingkan dengan versi terdahulu. Oleh sebab itu, bagaimana mereka membuatnya menjadi lebih fresh, dengan kualitas zaman now, sedikit berbeda tetapi tidak melenceng dari cerita asli, hingga pengemasan yang semenarik mungkin.

Soal hasil, tentu semuanya akan diserahkan kepada penonton. Tinggal bagaimana pendapat mereka, suka yang dahulu apa sekarang? (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 8 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Fenomena Film Remake dan Daur Ulang, Sineas Indonesia Kehabisan Ide?
5 Aksesoris Ini Wajib Banget Di Miliki Oleh Cowok Millennial, Biar Tampil Tambah Kekinian
Jadi Bintang Sukses, Ternyata Deretan Seleb Dunia Ini Punya Saudara Kandung yang Mirip Banget!
Poster Film Nominasi Oscar Dibuat Versi Moomins, Lucunya Bukan Main!
Tanpa Dilan, Promo Film di Bogor Tetap Berjalan. Penggemar Kompakan Promoin Film!
10 Chatingan Ngaco yang Bikin Sakit Perut dari Para OLSHOP
Cincin Permata Chic yang Patut Dilirik dan Dikoleksi
Sering Dikisahkan Dalam Novel, Begini Sosok Edgar Nasution Adik Raditya Dika!
Jangan Sakiti Warga Saya: Suara Ibu Risma yang Menyejukan Warga
Gala Premiere, Malefincent : Mistress OF Evil Aurora Pendampa Ciuman
Bertabur Bintang: Inilah Deretan Artis yang Menduduki Kursi DPR
Bahaya yang Mengintai Dibalik Penggunaan Vape 'Rokok Elektrik'