fachrinaprilia Menulis artikel
@fachrinaa

Miris Banget! Ini 5 Negara Paling Korup Se-Asia

Miris Banget Ini 5 Negara Paling Korup Se-Asia
Selama 18 bulan, lembaga Transparency International yang mengawasi tingkat korupsi telah melakukan pendataan dengan melibatkan 16 negara di Asia dimana ada 20 ribu orang responden ikut diwawancarai. Dan hasilnya bikin miris banget karena banyak celah yang bisa membuat berbagai kalangan melakukan tidak korupsi.

Salah satu permasalahan yang mengakar dan sulit untuk diberantas adalah korupsi. Lembaga Transparency International yang mengawasi tranparansi dunia selama 18 bulan telah bekerja keras  melakukan pendataan dengan melibatkan 16 negara di Asia dimana ada 20 ribu orang responden ikut diwawancarai. Dan hasilnya bikin miris banget karena banyak celah yang bisa membuat berbagai kalangan melakukan tidak korupsi. Penasaran siapa saja 5 besarnya? Simak yuk ulasan yang dikutip dari Forbes berikut ini

1. Myanmar

Kwikku, Myanmar

Posisi ke-5 sebagai negara terkorup di Asia ditempati oleh Myanmar. Meskipun Myanmar menerapkan hukum anti korupsi pada tahun 2013 lalu, ternyata sebagian besar responden percaya bahwa 40% orang pemerintahan telah melakukan aksi korupsi.

2. Pakistan

Kwikku, Pakistan

Tiga perempat responden Pakistan menganggap semua anggota polisi di negara tersebut terlibat korupsi. 7 dari 10 responden yang pernah berusan dengan polisi atau pengadilan harus membayar pungli agar terbebas dari urusan tersebut.

3. Thailand

Kwikku, Thailand

Peringkat ke-3 ditempati oleh Thailand dengan tingkat korupsi sebesar 41 %. Hampir seluruh lini pemerintahan terlibat masalah korupsi. Meskipun demikian, 72% responden percaya bahawa pemerintah telah berusaha penghapus korupsi di negaranya.

4. Vietnam

Kwikku, Vietnam

Sebanyak 60% responden asal Vietnam percaya bahwa pemerintahnya tidak dapat berbuat banyak untuk mengatasi permasalahan korupsi. Data yang diperoleh menyebutkan bahwa tingkat korupsi di Vietnam mencapai 65%.

5. India

Kwikku, India

Dan negara yang terkorup di Asia ditempati oleh India dengan tingat korupsi yang mencapai 69%. 5 dari 6 institusi pemerintahan memiliki skandal korupsi, dan sebagian besar penduduk India sering diharuskan membayar uang suap agar mendapatkan pelayanan dengan baik.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar