Seperti Inilah Seramnya Proses Pembuatan Mumi Mesir Kuno

Seperti Inilah Seramnya Proses Pembuatan Mumi Mesir Kuno - I D Pran mumi,mesir,dikenal,sebagai,mumi,yang,sangat,awet,meskipun,sudah,menginjak,usia,ratusan,bahkan,ribuan,tahun,rupanya,karena,mereka,memiliki,tata,cara,sendiri,dalam,proses,pembuatannya
Mumi mesir dikenal sebagai mumi yang sangat awet meskipun sudah menginjak usia ratusan bahkan ribuan tahun. Rupanya hal ini karena mereka memiliki tata cara sendiri dalam proses pembuatannya.
Ketika kita membicarakan mumi, bayangan kita pasti sudah seperti hantu dengan perban yang menutupi seluruh tubuhnya. Kemudian kita akan membayangkan mereka tinggal di dalam peti mati dan dikubur di piramida Mesir. Benar, Mesir adalah salah satu negara yang sangat dikenal dengan mumi-mumi mereka yang sangat awet. Terutama mumi para raja yang sampai sekarang masih bisa dilihat di museum-museum. Bisa kita simpulkan bahwa dalam proses pembuatannya benar-benar memperhatikan berbagai hal sehingga bisa seawet ini. Padahal mereka tidak diletakkan di negara bersalju yang suhunya minus 0 derajat. Malahan, Mesir adalah negara yang cukup panas.

Lalu, kira-kira seperti apa yang proses pembuatan mumi Mesir kuno supaya bisa seawet ini? Berikut ini prosesnya.

1. Pertama, Keluarkan Isi di Dalam Tempurung Kepala, yaitu Otak
Pertama  Keluarkan Isi di Dalam Tempurung Kepala  yaitu Otak
laurabrancati.com
Ada dua cara untuk mengeluarkan isi otak dari tempurung kepala. Pertama, dengan membuka lempengan tengkorak, mengeluarkan isinya lalu ditutup kembali. Sayangnya cara ini dianggap sulit karena proses pemasangan tengkorak tidak semudah kelihatannya. Jadi, ada cara kedua, yaitu dengan mengeluarkan otak lewat hidung.

Caranya, seseorang memasukkan kawat tebal dengan ujung melengkung ke dalam hidung sampai ke bagian otak. Lalu kawat digerakkan supaya menghancurkan otak dan menjadi cari. Kemudian mayat akan ditengkurapkan dan mebiarkan cairan otak keluar lewat hidung yang sama. Jika sudah keluar semua, hidung akan dibersihkan dengan sendok khusus. Setelah itu kain linen akan dimasukkan ke rongga otak, ditambahkan resin dan juga getak damar supaya linen tidak cepat rusak.

2. Kemudian Keluarkan Organ Dalam Tubuh
Kemudian Keluarkan Organ Dalam Tubuh
natgeokids.com
Setelah proses pengurasan isi kepala, dilanjutkan ke organ di dalam tubuh. Pertama, bagian perut akan disobek sedikit untuk mengeluarkan jeroan seperti usus, limpa, paru-paru dan lain sebagainya, yang tidak dikeluarkan hanya jantung karena mereka percaya jantung adalah sumber kehidupan. Setelah itu, orang yang sudah dikeluarkan dimasukkan ke dalam 4 guci berbeda.

3. Awetkan Dulu Jasad Mayat Memakai Natron dan Sari Anggur
Awetkan Dulu Jasad Mayat Memakai Natron dan Sari Anggur
pinterest.com
Proses selanjutnya adalah membersihkan tubuh jenazah dengan cairan natron dan sari anggur. Cairan natron sendiri adalah cairan yang berasl dari garam dan soda. Proses ini ditujukan supaya jasad bisa bertahan lama. Setelah dibasuh, natron padat akan dimasukkan ke dalam tubuh mayat supaya lebih awet lagi. Sedangkan untuk tubuh bagian luar, akan ditaburi bubuk natron. Baru setelah itu mayat didiamkan selama 40 hari.

4. Balut Seluruh Tubuh Mayat
Balut Seluruh Tubuh Mayat
natgeokids.com
Proses pembalutan tubuh tidak langsung dilakukan, karena setelah mayat kering akan dibersihkan lagi dan diberi banyak natron. Tidak lupa tubuh jenazah dibaluri getah damar dan dimasukkan rempah-rempah khusus ke dalam jasadnya. Baru setelah itu perut mayat dijahit dan dibungkus kain linen panjang.

5. Masukkan ke Dalam Peti dan Kuburkan
Masukkan ke Dalam Peti dan Kuburkan
anehdidunia.com
Baru setelah semua proses di atas, mumi akan dimasukkan ke dalam peti mati yang berlapis-lapis. Kemudian dimasukkan lagi ke dalam sarkofagus dan diberi hiasan-hiasan dari emas murni.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa proses yang rumit tersebut biasanya hanya diperuntukkan bagi mumi bangsawan. Sedangkan untuk orang biasa, prosenya lebih sederhana lagi.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 5 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
9 Imutnya Persahabatan Idol-Aktor Korea Selatan
Ngintip Lukisan-Lukisan Ustadz Sholeh Pati yang Seremnya Kebangetan
5 Hal Yang Hanya Dipahami Pecinta K-Beauty
Kagum, Tokoh-tokoh Ini Jadi Inspirasi Tokoh Lainnya dalam Satu Anime
Shine Bright Like A Diamond: Highlighter Korea Yang Wajib Ada Dalam Pouch Makeup
10 Gambar Kacang yang Merepresentasikan Keadaan Hidup Manusia Jaman Sekarang, Unik, Keren, dan Kreatif
Maou-sama, Retry! Rekomendasi Anime Isekai yang Perlu Kamu Tonton di Bulan Juli 2019 Nanti
Politik Mulai Menggila, Ini 10 Papan Reklame Partai Paling Konyol di Indonesia
4 Makanan Harian Ini Bakal Bisa Membunuhmu Saat Dikonsumsi Berlebih
Maschalismos, Ritual Supaya Mayat Tidak Gentayangan di Berbagai Dunia
Digadang-Gadang Akan Jadi Dilan, Jefri Nichol Sempat Baca Naskahnya
Ada-Ada Saja! Inilah 7 Celana Jeans yang Mahalnya Nggak Kira-Kira