I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Klasifkasi Makhluk Menakutkan(Hantu, Siluman dan Sejenisnya) di Anime Part 2: Anime dengan Yurei

Klasifkasi Makhluk MenakutkanHantu Siluman dan Sejenisnya di Anime Part 2 Anime dengan Yurei
Setelah tahu makhluk apa itu bakemono, kali ini kita akan mengulas tentang yurei. Jadi, apa itu yurei? Dan anime apa saja yang ada yurei di dalamnya?
Cocok buatmu
Konnichiwa, Kwikkers.

Sebelumnya kita mengulas tentang yokai dan salah satu sub dari yokai, yaitu bakemono. Kali ini kita juga akan mengulas mengenai sub yokai yang lain. Apa itu? Yurei. Iyap, benar, kita akan mengulas tentang yurei.

1. Yurei

Kwikku, Yurei
Sumber: myanimelist.net
Jadi, apa sebenarnya yurei ini? Ternyata yurei itu sama seperti hantu dalam cerita rakyat negeri barat maupun orang Indonesia sendiri. Yurei terdiri dari dua bagian kanji yaitu yu yang berarti suara yang redup atau samar-samar/pingsan, dan juga rei yang berarti jiwa. Kemudian yurei dibagi menjadi enam kategori, yaitu:

1. Onryo: adalah hantu yang memiliki dendam kesumat lalu kembali untuk disucikan. Mereka biasanya telah melakukan sesuatu yang buruk pada saat hidup.

2. Goryo: adalah hantu dari kalangan bangsawan yang menyimpan dendam, terutama mereka yang mati dalam keadaan yang tidak adil

3. Ubume: adalah hantu dari para ibu yang mati saat melahirkan. Mereka biasanya kembali ke dunia fana untuk membantu anak-anak mereka ketika diperlukan.

4. Zashiki-warashi: adalah hantu anak-anak yang mendiami rumah orang-orang kaya. Biasanya mereka dianggap membawa keberuntungan.

5. Funayurei: adalah hantu yang meninggal di laut. Ada juga yang menyebutnya sebagai hantu kapal

6. Hantu Samurai: adalah mereka yang meninggal sewaktu perang Genpei terjadi. Tidak seperti kebanyakan hantu, mereka biasanya memiliki kaki.

Itu tadi adalah penjelasan singkat tentang yurei. Lalu, anime apa saja yang mengangkat tema yurei?

2. Noragami

Kwikku, Noragami
Sumber: myanimelist.net
Noragami sendiri bercerita tentang dewa bernama Yato. Dia kemudian bertemu dengan Hiyori Iki yang menjadi hantu setelah mengalami kecelakaan. Untungnya, Iki tidak sepenuhnya mati, jadi rohnya masih bisa kembali pada tubuhnya. Namun, jika rohnya tidak bisa kembali, otomatis dia menjadi hantu. Selain itu, Yato juga memiliki shinki yang berasal dari roh anak yang sudah mati. Meskipun digambarkan bahwa hantu-hantu di anime ini tidak terlalu seram, tetapi mereka adalah hantu-hantu orang mati. Ada yang menjadi jahat, ada pula yang mengabdi pada dewa-dewa.

3. Yu Yu Hakusho

Kwikku, Yu Yu Hakusho
Sumber: myanimelist.net
Pemeran utama anime ini adalah Urameshi Yusuke, yang menjadi hantu setelah mengalami kecelakaan. Untungnya, dia bisa kembali hidup tetapi dengan memiliki energi spiritual yang hebat. Dia pun bekerja untuk Enma yang merupakan penjaga di akhirat. Meskipun begitu, anime ini memang memiliki banyak jenis yokai. Contohnya saja hiei yang memang sejak lahir sudah menjadi siluman(bakemono), lalu Kurama yang juga merupakan bakemono.

4. Tasogare Otome X Amnesia

Kwikku, Tasogare Otome X Amnesia
Sumber: youtube.com
Pemeran utama anime ini yaitu Yuuko adalah hantu, arwah penasaran yang menghantui sekolah selama 60 tahun. Dia kehilangan ingatannya sehingga tidak tahu bagaimana dia meninggal. Hingga akhirnya dia bertemu Teiichi Niiya yang bisa melihat hantu.

5. Shaman King

Kwikku, Shaman King
Sumber: narvii.com
Anime lawas Shaman King juga merupakan salah satu yang bertema yurei. Pemeran utamanya adalah seorang anak bernama Asakura Yoh yang sedang menjadi Shaman alias dukun. Dia memiliki roh bernama Amidamaru yang menjadi rekannya. Amidamaru ini termasuk dalam hantu Samurai. Ia bekerja sama dengan Yoh supaya anak itu bisa menjadi seorang Shaman King.

1
1 none
Komentar