I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Kamu Harus Tahu, 5 Sungai Terkenal di Indonesia Ini Pernah Dibanjiri Darah dan Mayat

Kamu Harus Tahu 5 Sungai Terkenal di Indonesia Ini Pernah Dibanjiri Darah dan Mayat
Sungai-sungai di Indonesia ternyata pernah menjadi saksi bisu dari banyaknya mayat yang dibuang ke aliran air tersebut.
Cocok buatmu
Sungai di Indonesia kini terkenal sebagai tempat pembuangan sampah oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Namun, jika mau melihat sedikit ke belakang, ternyata dulunya banyak pula sungai yang dijadikan tempat pembuangan mayat. Sungai-sungai yang kini kecoklatan dan tampak tenang-tenang saja, dulunya pernah bermandikan merahnya darah. Oleh sebab itu, berikut ini akan kita ulas bersama sungai-sungai di Indonesia yang pernah menjadi kuburan masal.

1. Bengawan Solo

Kwikku, Bengawan Solo
Sumber: boombastis.com
Tahun 1965, Jembatan Bacem yang dibangun tepat di atas Sungai Bengawan Solo dijadikan tempat melempat mayat terduga PKI. Akibatnya, Bengawan Solo yang aliran sungainya dijadikan tempat untuk mandi, mencuci hingga mencari ikan oleh warga sekitar, menjadi sepi. Tidak ada orang yang berani mengambil air di sungai tersebut. Para nelayan sungai pun enggan menangkap ikan, karena kerap kali mendapati ikan tangkapan mereka menelan jari manusia. Cukup lama kejadian tersebut berlangsung, hingga akhirnya sungai kembali jernih dan dipakai lagi oleh pendudk setempat.

2. Sungai Poso

Kwikku, Sungai Poso
Sumber: boombastis.com
Tragedi Poso yang terjadi di tahun 1998 dan 2000, memang memakan banyak korban. Mulai dari wanita hingga anak-anak banyak yang meninggal karena bentrokan antar agama di Poso ini. Hal paling mengerikan adalah ketika penyerangan dan pembantaian di pondok pesantren Walisongo. Ketika itu, jasad korban dihanyutkan ke sungai Poso. Kesaksian warga sekitar sungai, mereka bahkan menemukan sekitar tujuh puluh lebih mayat yang terseret arus, yang jumlahnya terus bertambah sampai gelap. Mayat-mayat yang terdiri dari lelaki, perempuan, anak-anak, orang tua, biasanya diikat menjadi satu. Ada pula yang dimasukkan karung beras lalu dihanyutkan.

3. Sungai Mentaya

Kwikku, Sungai Mentaya
Sumber: boombastis.com
Masih ingat tragedi Sampit yang menyedihkan? Sebuah kisruh yang dipicu oleh perselisihan antar anak-anak, hingga melibatkan suku, agama, etnis, keluarga lau perang berdarah pun terjadi. Mayat-mayat tanpa kepala yang menjadi korban pun dibuang ke sungai Mentaya. Membuat sungai tersebut merah dan amis akibat darah.

4. Sungai Ular

Kwikku, Sungai Ular
Sumber: boombastis.com
Sama seperti sungai Bengawan Solo yang dijadikan tempat pembuangan mayat para terduga PKI, sungai Ular pun demikian. Sungai yang kini dijadikan tempat foto-foto karena keindahannya ini dulunya pun dijadikan tempat pembuangan mayat. Darah dan mayat menjadi satu, ikut mengalir bersama air sungai yang deras.

5. Sungai Brantas

Kwikku, Sungai Brantas
Sumber: boombastis.com
Sungai terpanjang ke dua setelah Bengawan Solo ini pun tak luput dari tragedi 1965. mayat-mayat terduga PKI pun dibuang ke sungai ini hingga warga sekitar takut untuk mendekat. Nasih nelayan di sungai ini pun sama seperti nelayan sungai Bengawan Solo, mereka tidak mau berlayar mencari ikan karena banyak mayat-mayat tanpa kepala yang ditemukan di sini.

1
1 none
Komentar