I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Siapkan Keberanianmu untuk Melihat Para Mumi Menyeramkan yang Tetap Awet Sampai Sekarang

Siapkan Keberanianmu untuk Melihat Para Mumi Menyeramkan yang Tetap Awet Sampai Sekarang
Firaun Ramses II adalah mumi paling populer yang masih awet hingga sekarang. Namun, selain sang raja yang dikenal kejam tersebut, rupanya masih ada mumi-mumi lain yang sampai sekarang masih tidak hancur dimakan waktu.
Cocok buatmu
Mumi biasanya digunakan sebagai media penghormatan kepada orang-orang penting yang terkenal, seperti para raja, atau juga orang-orang yang berpengaruh pada masa itu. Kamu pasti masih ingat dengan mumi Firaun Ramses II di Kairo yang sangat populer. Mumi raja tersebut masih tetap awet hingga kini. Namun, ternyata ada juga mumi dari tokoh-tokoh lain di dunia yang masih bisa kamu lihat di beberapa museum. Mumi siapa sajakah itu?


1. Vladimir Lenin - Red Square, Moscow, Russia

Kwikku, Vladimir Lenin  Red Square Moscow Russia
Sumber: oomph.co.id
Diawali dari mumi seorang pemimpin komunis populer di Rusia. Vladimir Lenin meninggal di tahun 1924 lalu dimumikan dan dipajang di makam yang ada di Red Square. Mumi ini mendapat perawatan intensif, yang bahkan bisa menghabiskan dana sampai $200 ribu dolar(perkiraan sekitar 2.7 miliar rupiah). Inilah mengapa tubuh Vladimir tetap utuh dan bebas dari keriput bahkan jamur. 


2. Lady Dai(Xin Zhui), Museum Hunan, Changsha, China

Kwikku, Lady DaiXin Zhui Museum Hunan Changsha China
Sumber: http://analisadaily.com
Terkena obesitas hingga kondisi tubuhnya memburuk, Xin Zhui yang merupakan istri seorang panglima ini pun meninggal sekitar di pertengahan abad ke-2 Sebelum Masehi. Makam yang digunakan untuk meletakkan jasadnya disegel memakai tanah liat serta arang, inilah mengapa tubuhnya sulit membusuk. Akhirnya dia pun dimumikan dan masih ada di Museum Hunan sampai sekarang.


3. Gebelein Man, British Museum, London, Inggris

Kwikku, Gebelein Man British Museum London Inggris
Sumber: cerpin.com
Kamu bisa melihat mumi-mumi alami yang sebenarnya berasal dari Mesir ketika mengunjungi British Museum di London. Mumi yang dipajang di sini ternyata di temukan dari sebuah kuburan yang sama, dan diperkirakan berasal dari abad ke 4 Sebelum Masehi. Kamu juga bisa melihat mumi yang diberi nama Ginger, yaitu mumi berambur merah yang paling terkenal dari mumi lainnya.


4. Tollund Man - Silkeborg Museum, Denmark

Kwikku, Tollund Man  Silkeborg Museum Denmark
Sumber: wikia.nocookie.net
Di Denmark pun ada sebuah mumi yang terkenal, yang dipanggil sebagai Tollund Man. Mumi ini diperkirakan meninggal di abad ke 4 Sebelum Masehi. Uniknya, jasad pria ini menjadi mumi secara alami oleh gambut. Identitas aslinya masih belum diketahui sampai sekarang, tetapi kamu bisa melihat bahwa mumi ini punya ekspresi yang tenang saat meninggal.


5. Ötzi - Museum Arkeologi Bolzano, Italia

Kwikku, Otzi  Museum Arkeologi Bolzano Italia
Sumber: cerpin.com
Mumi yang paling populer di kalangan peneliti karena memang menjadi objek penelitian paling sering, Ötzi, diperkirakan meninggal sekitar tahun 3300 Sebelum Masehi. Diperkirakan pula Ötzi ini meninggal akibat sebuah pukulan di bahu. Jasadnya kemudian memumi secara alami di pegunungan Alpen. Menariknya, mumi ini meninggal dengan senjata.


6. Itigilov, Ivokginsky Datsan, Buryatia

Kwikku, Itigilov Ivokginsky Datsan Buryatia
Sumber: okezone.com
Masih ingat dengan Dashi-Dorzho Itigilov yang tubuhnya tidak hancur setelah dimakamkan beberapa tahun? Rupanya setelah digali, guru tinggi ini pun tubuhnya dimumikan. Sampai sekarang, tubuhnya masih utuh dan menjadi mumi yang dihormati.


7. Daijuku Bosatsu Shinnyokai - Shonin - Dainichibo Temple, Tsuruoka City, Jepang

Kwikku, Daijuku Bosatsu Shinnyokai  Shonin  Dainichibo Temple Tsuruoka City Jepang
Sumber: http://thedailyjapan.com
Biasanya, sebuah jasad menjadi mumi berkat bantuan orang lain yang memang sengaja memumikannya. Atau, menjadi mumi karena faktor alam ekstrem seperti di pegunungan es. Namun, berbeda dengan biksu Buddha di Jepang ini. Sang Biksu memumikan dirinya sendiri, atau yang dikenal sebagai Sokushinbutsu. Caranya, mereka akan makan daun jarum pinus beserta biji-bijian dan resin. Upaya ini dilakukan untuk menghilangkan lemak di tubuh karena membuat tubuh dehidrasi. Setelah mati ketika bermeditasi, maka mayat biksu akan menjadi mumi secara otomatis. Banyak biksu yang melakukan hal ini, tetapi yang paling terkenal karena keberhasilannya memumikan diri sendiri adalah Daijuku Bosatsu Shinnyokai.


1
1 none
Komentar