I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Dianggap Mengerikan dan Berbahaya, Karya Tulis Ini pun Dicekal Peredaranya

Dianggap Mengerikan dan Berbahaya Karya Tulis Ini pun Dicekal Peredaranya
Buku adalah jendela dunia, tapi kalau menyesatkan?
Membaca buku memang kegiatan bermanfaat, karena dengan buku kita jadi tahu banyak hal yang awlanya tidak kita tahu. Akan tetapi, ada pula orang-orang yang membuat buku penuh kontroversi yang isinya provokatif, maupun dianggap membahayakan pembacanya. Buku-buku seperti ini tentu harus dicekal atau ditarik peredarannya supaya tidak menyebarkan pemikiran-pemikiran yang dianggap menyimpang dari tatanan sosial masyarkat. Seperti buku-buku berikut ini.

1. Nineteen Eighty-Four by George Orwell

Kwikku, Nineteen EightyFour by George Orwell
Sumber: penguin.co.uk
George Orwell menulis buku ini sebelum ia wafat. Buku ini mendapat cekalan karena berisikan tentang kehidupan yang keran di Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Banyak topik yang membahas totaliterisme, budak, pelanggaran privasi, pengendalian pikiran manusia, seks, radikalisme beragama dan lain-lain. Buku ini dianggap terlalu mempengaruhi pembaca, sehingga menereka yang membaca seakan hidupnya akan diawasi dari berbagai sisi. Selain itu, ada pula yang beranggapan bahwa novel ini ditulis tidak dengan kesadaran penuh.

2. Catcher in the Rye by Jerome David Salinger

Kwikku, Catcher in the Rye by Jerome David Salinger
Sumber: http://classichomeopath.com
Novel Catcher in the Rye sebenarnya merupakan buku yang bahkan mendapatkan banyak penghargaan. Majalah Time juga memasukkan buku ini ke dalam salah satu noel yang berpengaruh di dunia. Namun, novel yang awalnya hanya ditunjukkan untuk dewasa ini lama-lama banyak dibaca oleh remaja. Padahal di dalamnya berisi hal-hal yang membingungkan dan masalah kebimbangan manusia. Pemberontakan remaja yang digambarkan secara gamblang tentu dapat berbahaya ketika dibaca oleh para remaja yang sedang mencari jati diri.

3. American Psycho by Bret Easton Ellis

Kwikku, American Psycho by Bret Easton Ellis
Sumber: novelniche.files.wordpress.com
Buku ini dicekal karena memang di dalamnya berisi hal-hal yang berbau sadistik. Berbagai hal semacam mencongkel bola mata, memotong payudara dan hal sadis lainnya membuat buku ini tidak layak dikonsumsi publik. Namun, sepertinya buku ini sekarang sudah diperjual-belikan kembali, tapi dengan mematok batasan umur.

4. The Satanic Bible by Anton LaVey

Kwikku, The Satanic Bible by Anton LaVey
Sumber: ebayimg.com
Buku yang ditulis sejak 1969 ini memang sangat mengkhawatirkan ketika dibaca. Karena di dalamnya berisi tentang beragam tulisan ideologi-ideologi satanik bahkan ritual-ritual sekte satanik. Semua hal berbau satanik dibahas dengan cara yang sangat ekstrem sehingga sampai sekarang pun buku ini tidak boleh diperjualbelikan.

5. Mein Kampf by Adolf Hitler

Kwikku, Mein Kampf by Adolf Hitler
Sumber: yournewswire.com
Sudah pasti buku ini dicekal karena memang isinya adalah ideologi-ideologi Hitler. Benar, buku ini ditulis sendir oleh Adolf Hitler. Dianggap mengandung banyak propaganda, buku ini sudah pasti dicekal di berbagai belahan dunia.

6. The Pivot of Civilization by Margaret Sanger

Kwikku, The Pivot of Civilization by Margaret Sanger
Sumber: booktopia.com.au
Buku ini dirilis pada tahun 1922 dimana isinya adalah tentang teori Eugenika, yakni teori mengenai kontrol ras manusia melalui metode pengembangbiakan secara selektif. Buku ini mirip-mirp dengan cara pikir Adolf Hitler, sehingga dicekal peredarannya. Bahkan di dam buku ini dituliskan mengenai prinsip tentang manusia yang idak sesuai standar harus dimusnakan masal, sedangkan manusia dengan bibir unggul baru boleh dibudidayakan.

7. Democracy and Education by John Dewey

Kwikku, Democracy and Education by John Dewey
Sumber: amazon.com
Di dalam buku ini, John Dewey menuliskan tentang pemikirannya yang meremehkan sistem pendidikan yang sudah ada, alias tipe yang anti pendiikan klasik. Buku ini memicu anggapan bahwa mereka yang pendidikannya rendah dianggap tidak punya pendirian di dalam ilmu pengetahuan.

8. The Manifesto of the Communist Party by Karl Marx

Kwikku, The Manifesto of the Communist Party by Karl Marx
Sumber: http://masculinebooks.com
Inilah buku yang sangat berbahaya didunia karena telah menginspirasi banyaknya sistem kepemimpinan yang brutal. Contohnya saja, di buku ini dituliskan tentang dukungan terhadap penyitaan tanah milik para imigran, pajak yang sangat tinggi bagi semua orang, penghapusan harta warisan dan bahkan penghapusan tanah pribadi. Bisa dibilang, buku ini adalah inspirasi bagi para pemimpin diktator.

0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar