F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Coba Kunjungi Sidoarjo, Dijamin Nggak Bakal Lupa Sama Wisatanya!

Coba Kunjungi Sidoarjo Dijamin Nggak Bakal Lupa Sama Wisatanya
Sidoarjo adalah kota berkembang di Jawa Timur dan mempunyai bermacam-macam potensi strategis, mulai dari industri dan perdagangan, UKM (Usaha Kecil dan Menengah), sampai pariwisata
Cocok buatmu

Sidoarjo adalah kota berkembang di Jawa Timur dan mempunyai bermacam-macam potensi strategis, mulai dari industri dan perdagangan, UKM (Usaha Kecil dan Menengah), sampai pariwisata. Kota Sidoarjo sebagai penyangga Kota Surabaya, dan juga dikenal dengan sebutan Kota Udang. Dan karena tragedi "Lumpur Lapindoā€¯, Kota ini menjadi lebih terkenal di Indonesia, bahkan di Indonesia. Nah bagi kalian yang ingin berwisata ke sini, banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Sarinah

Kwikku, Pulau Sarinah
Sumber: kaskus.co.id

Pulau ini tercipta berkat sedimentasi dari semburan lumpur Lapindo yang dimulai pada tahun 2006. Lumpur yang menyembur selama bertahun-tahun ini akhirnya membentuk sebuah endapan dan terciptalah pulai, yang dinamai Pulau Sarinah. Sekarang, pulau itu menjadi indah berkat kerja keras masyarakat setempat untuk menanami dengan pohon bakau dan tanaman-tanaman lainnya. Pulau ini memiliki luas 80 hektare dan menjadi pulau yang asri dan rindang.

2. Wisata Lumpur Lapindo

Kwikku, Wisata Lumpur Lapindo
Sumber: travel.tribunnews.com

DIbalik tragedi Lumpur Panas Lapindo yang sangat pilu, ternyata tersimpan hikmah indah yang perlahan-lahan mulai terkuak, yaitu berpotensi untuk menjadi tempat wisata. Pastinya berkat berita-berita di media nasional maupun internasional yang menggemparkan, banyak orang yang ingin mengunjungi tempat ini karena penasaran untuk menyaksikan langsung lautan lumpur Lapindo. Lambat laun, ekonomi masyarakat setempat pun mengalami kenaikan.

3. Museum Mpu Tantular

Kwikku, Museum Mpu Tantular
Sumber: swiss-belhotel.com

Untuk kamu yang haus akan ilmu pengetahuan, boleh mampir ke Museum Mpu Tantular yang berlokasi di Jl. Buduran, Sidoarjo, yang mulanya bertempat di Jl. Pemuda Surabaya. Museum ini memiliki luas sekitar 3,3 hektare lho.

Biaya masuk museum hanya sebesar Rp 3.000-Rp 5.000 saja. Buka tiap hari mulai jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Museum ini sangat strategis karena hanya berjarak 3,5 km dari alun-alun Kota Sidoarjo.

4. Alun-Alun dan Sidoarjo

Kwikku, AlunAlun dan Sidoarjo
Sumber: masirul.com

Jantung Kota Sidoarjo adalah alun-alun itu sendiri. Tempat ini menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar jalan-jalan santai. Rumput-rumput yang terawat, rindangnya pepohonan, akan membuatmu betah bermain di sini lama-lama. Kamu juga bisa melakukan aktifitas lain seperti olahraga, jogging, duduk santai, sampai wisata kuliner yang disediakan di sekitaran alun-alun itu.

5. Candi Pari

Kwikku, Candi Pari
Sumber: warnainfo.blogspot.com

Masih disekitaran Lumpur Lapindo, ada candi peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya di saat masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Nama candi tersebut adalah Candi Pari. Bangunan ini masih berdiri kokoh sampai sekarang. Candi Pari ini berbeda sekali dengan candi-candi peninggalan Majapahit yang lain. Dengan perpaduan pola candCandi Khamer (Birma) dan Candi Champa (Thailand), anda akan dibuat kagum dengan struktur bangunannya.

6. Suncity Waterpark

Kwikku, Suncity Waterpark
Sumber: tripadvisor.ie

Setelah ke tempat wisata, kali ini kita akan bermain di waterpark yang berada di mall Suncity bernama Suncity Waterpark. Waterpark ini berlokasi di Jl. Pahlawan No. 1 Sidoarjo. Di dalam waterpark, terpdapat wahana-wahana yang asyik untuk dijajal. Ada mandi busa, lazy river, perosotan naga, dan lain sebagainya. Untuk kalian para orang tua yang memiliki putra/putri balita, di sini juga disediakan kolam bayi yang pastinya aman untuk mereka.


7. Taman Abhirama

Kwikku, Taman Abhirama
Sumber: indoblognet.com

Menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat yang indah tapi gratis bisa kamu lakukan di Taman Abhirama ini. Berletak di Desa Pagerwojo, Buduran, taman ini memiliki banyak sekali pepohonan yang akan membuatmu sejuk. Di sana juga ada kios makanan minuman, jadi selagi jalan-jalan kalian bisa menikmati makanan ringan dan minuman yang segar. Taman ini memiliki banyak sekali mainan anak-anak seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, hingga rumah-rumahan. Beberapa gazebo juga bisa kalian gunakan untuk beristirahat menikmati waktu senggang kalian.

0
0 none
Komentar