Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Pembajakan Film Sama Dengan Tindak Kriminal yang Merugikan Negara

Pembajakan Film Sama Dengan Tindak Kriminal yang Merugikan Negara

Dunia perfilman Indonesia memiliki potensi yang besar untuk maju ke tingkat internasional. Ragam judul film dengan cerita yang menarik, serta akting dari para pemainnya yang memukau membuatnya patut untuk dikenalkan pada masyarakat dunia.

Sayangnya, budaya pembajakan film di negeri ini semakin marak. Banyak karya anak bangsa yang dibajak kemudian digandakan. Bahkan dipertontonkan secara gratis di internet. Beberapa penggunanya mungkin menikmati film gratisan yang diunggah oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab tersebut. Namun, tindakan tersebut merugikan pelaku film, seperti produser, pemain, hingga masyarakat itu sendiri.

Maraknya tindak kriminal ini membuat Sheila Timothy selaku produser angkat bicara. Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, ia mengatakan bila pembajakan dapat membahayakan dunia perfilman Indonesia.

Ia pun kemudian menambahkan bila banyaknya toko-toko yang menjual VCD dan DVD bajakan dapat membuat toko orisinilnya bangkrut dan tak bisa lagi menampung karya anak bangsa. Tidak hanya itu, karena adanya DVD dan VCD bajakan itu pula membuat sebagian penonton memilih untuk nonton di rumah daripada di bioskop. Sehingga secara otomatis dapat merugikan pihak produksi pula.

Ads in here

"Jika bioskop sudah sedikit penontonnya, pasti pendapatan negara akan berkurang. Kesejahteraan pelaku film juga berkurang karena filmnya dibajak,”ungkap Sheila dikutip dari cnnindonesia.com.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut, Sheila bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) membentuk suatu gugus tugas anti-pembajakan. Melalui tugas tersebut, dia dan para pekerja kreatif yang didukung oleh Kementrian Ekonomi dan Kreatif dapat mengedukasi masayarakt bahwa budaya pembajakan adalah hal yang buruk dan ilegal.

Jadi, mari bersama menghargai karya anak bangsa dan jangan sekali-kali membajaknya. Sebab, pembajakan adalah termasuk tindak kriminal. (ind)


2
2 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar