I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Mengenal Suku-Suku di Indonesia dengan Ilmu Mistik Masih Sangat Kental

Mengenal Suku-Suku di Indonesia dengan Ilmu Mistik Masih Sangat Kental
Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau dengan beragam suku-suku. Kebudayaan mistik dari banyaknya suku itu pun tidak bisa begitu saja ditinggalkan, bahkan sampai sekarang.
Kebudayaan mistik di Indonesia sudah ada dari zaman dahulu kala, bahkan sampai sekarang. Meskipun beberapa sudah tergerus modernisasi, tapi banyak juga yang masih mempertahankan kebudayaan tersebut dan keukeuh tidak ingin menghapuskannya. Tidak heran, jika beberapa suku ini menjadi sangat populer akan kekentalan ilmu mistiknya. Seperti suku-suku berikut ini.

1. Suku Dayak di Kalimantan

Kwikku, Suku Dayak di Kalimantan
Sumber: anehdidunia.com
Ilmu mistik yang biasanya digunakan suku Dayak, terletak pada benda-benda yang biasa mereka pakai. Misalnya seperti mandau, sipet, peyang maupun lanju. Benda-benda itu semua merupakan senjata yang dipercayai akan semakin ampuh ketika ditanami sesuatu di dalamnya. Bahkan mampu juga untuk memikat hati lawan jenis, atau bisa digunakan untuk memelet. Untuk melakukan ritual, tentu pemuka adat yang akan melakukannya. Saking terkenalnya ilmu mistik suku ini, kamu mungkin bahkan pernah mendengar legenda mandau terbang dan ilmu kebal yang dimiliki beberapa orang terkemuka di suku Dayak ini.

2. Suku Batak di Sumatera Utara

Kwikku, Suku Batak di Sumatera Utara
Sumber: kembangwisata.com
Suku Batak juga merupakan suku paling populer di Indonesia, selain karena banyak perantauan dari suku ini yang mendiami berbagai wilayah di Indoneisa, suku Batak di Sumatera Utara ternyata masih banyak yang memegang budaya mistik. Apalagi sejak Prof. Sorimangaraga mengalahkan perwakilan Suku Voodo dari Haiti yang populer sedunia. Hal ini, terutama karena beberapa ahli mistis Suku Batak memiliki sosok gaib yang dinamakan sebagai Begu Ganjang. Begu sendiri berarti setan, sedangkang ganjang berarti panjang. Sementara itu, orang yang memelihara Begu Ganjang dinamakan sebagai Par Begu Ganjang. Dan tentu saja, orang yang menjadi Par Begu Ganjang sangat ditakuti oleh banyak orang.

3. Suku Gayo di Aceh Tengah

Kwikku, Suku Gayo di Aceh Tengah
Sumber: anehdidunia.com
Suku Gayo memang banyak yang tinggal di Takengon, Aceh Tengah. Namun, suku ini tampaknya berkerabat dekat dengan Suku Batak 27. Tidak kalah dari suku Batak, suku Gayo pun kental dengan suasana mistik mereka. Hal ini akibat dari tingginya kecemburuan sosial antar sesama. Sehingga banyak yang memakai praktik perdukunan untuk saling menjatuhkan. Tidak heran apabila banyak perantauan suku ini yang tidak ingin kembali karena enggan terlibat dengan dunia mistik lebih jauh. Namun, suku ini tetap mementingkan pendidikan untuk anak perempuan maupun anak laki-laki mereka. Satu hal yang sangat patut diapresiasi.

4. Suku Kajang Amma Toa di Sulawesi

Kwikku, Suku Kajang Amma Toa di Sulawesi
Sumber: anehdidunia.com
Suku Kajang Amma Toa rupanya masih kental dengan pemahaman animisme, inilah mengapa praktik guna-guna dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Meskipun banyak yang sudah berpindah agama ke Islam atau agama lain, tapi kebudayaan mistik mereka masih sulit untuk dihilangkan. Mereka juga terkenal dengan ilmu kebal dan kekuatan mereka untuk meremukkan tengkorak hanya melalui ilmu mistis.

5. Suku Baduy di Jawa Barat

Kwikku, Suku Baduy di Jawa Barat
Sumber: anehdidunia.com
Suku Baduy, terutama Baduy dalam tampaknya masih ingin memegang teguh budaya mereka. Inilah mengapa mereka menolak modernisasi. Namun, suku ini pun sangatlah ramah kepada masyarakat luar yang ingin mengetahui lebih banyak tentang mereka. Hanya saja, jangan sampai membuat mereka marah. Anggota suku yang memiliki kekuatan biasanya fisiknya sangat kuat dan bahkan bisa meramalkan masa depan. Termasuk ilmu menjampi-jampi pun dimiliki oleh suku ini.

6. Suku Asmat di Papua

Kwikku, Suku Asmat di Papua
Sumber: tanahnusantara.com
Bagi suku Asmat, melakukan segala sesuatu harus ada aturannya. Misalnya ketika menebang sagu dan bahkan mencari ikan. Suku ini percaya bahwa mereka berasal dari alam lain. Mereka pun percaya adanya 3 roh, yaitu roh baik, jahat dan roh jahat yang dapat mati. Suku ini paling terkenal dengan kemampuan untuk menerawang barang hilang. Mereka juga dipercaya bisa mendatangkan petir bahkan angin topan. Mereka juga masih memiliki berbagai macam pesta untuk ritual yang ditujukan untuk menghormati nenek moyang.

2
2 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar