Hutomo D Menulis artikel
@symphonia86

Fakta-fakta Den Den Mushi, Alat Komunikasi Nyeleneh di One Piece

Fakta-fakta Den Den Mushi Alat Komunikasi Nyeleneh di One Piece
Kepikiran nggak buat komunikasi pakai siput?
Cocok buatmu

Siput bisa digunakan untuk menelepon? Seperti itulah alat komunikasi unik di dunia One Piece yang disebut Den Den Mushi. Sebenarnya apa sih Den Den Mushi ini? Yuk, simak fakta Den Den Mushi berikut ini.

1. Murni Hewan

Kwikku, Murni Hewan
Sumber: duniaku.net

Mungkin untuk kamu yang belum tahu, awal melihat Den Den Mushi, kamu berpikir bahwa alat komunikasi di dunia One Piece ini adalah buatan. Faktanya, Den Den Mushi adalah spesies siput yang unik, dan memiliki semacam kemampuan yang berguna untuk berkomunikasi. Sebagai hewan, tentu Den Den Mushi membutuhkan berbagai macam penyokong kehidupan, seperti makanan atau tempat tinggal. Manusia yang memanfaatkan kemampuan Den Den Mushi, tentu merawat dan memberikannya makanan, sehingga siput Den Den Mushi merasa nggak masalah digunakan sebagai "alat”. Namanya hewan, Den Den Mushi juga bisa sakit bahkan mati. Faktanya, jika seekor Den Den Mushi sakit maupun tidak dalam kondisi prima, maka siput tersebut tidak mau bekerja dan tidak mau melakukan panggilan telepon.

2. Ada Den Den Mushi Liar

Kwikku, Ada Den Den Mushi Liar
Sumber: duniaku.net

Seperti hewan pada umumnya, Den Den Mushi juga bisa ditemukan di alam liar dalam dunia One Piece. Bedanya, saat ada di dalam liar, Den Den Mushi nggak memiliki alat-alat transmisi untuk digunakan sebagai telepon. Den Den Mushi juga hewan yang amfibi, atau bisa hidup di dua kondisi, yaitu di darat maupun di air. Selain itu, Den Den Mushi tidak bisa bekerja di tempat yang terlalu dingin maupun yang terlalu panas, dan produktifitasnya akan menurun seperti manusia saat dalam kondisi tersebut. Kelemahan Den Den Mushi tentu sama seperti siput pada umumnya. Mereka akan kesakitan jika terkena garam, termasuk air laut.

3. Cara kerja Den Den Mushi

Kwikku, Cara kerja Den Den Mushi
Sumber: duniaku.net

Hewan Den Den Mushi memiliki kemampuan untuk berbicara dengan sesamanya menggunakan telepati. Di sini, manusia memanfaatkannya dengan memodifikasinya sedikit menggunakan alat transmisi penerima dan juga speaker dan mic ala telepon untuk berbicara. Karena dasarnya Den Den Mushi hanya berkomunikasi menggunakan telepati (hanya di dalam hati), maka fungsi transmisi dan speaker ini berguna untuk melakukan panggilan yang juga bisa dimengerti oleh manusia. Untuk Den Den Mushi tipe lain, seperti Den Den Mushi yang mengirimkan gambar video maupun faksimile juga memiliki cara kerja yang sama, yaitu menggunakan transmisi penerima yang sudah dimodifikasi oleh manusia.

4. Cara melatih Den Den Mushi

Kwikku, Cara melatih Den Den Mushi
Sumber: duniaku.net

Seperti hewan pada umumnya, tentu jika ingin mempelajari teknik tertentu, maka harus dilatih, termasuk Den Den Mushi. Jika ingin mengaktifkan mode diam, atau bisa dibilang adalah panggilan masuk namun tidak dijawab, sedangkan Den Den Mushi tidak berdering, maka ada latihan khusus. Dia dilatih untuk terbiasa dengan perintah "sshh” atau perintah untuk diam menggunakan jari telunjuk ke hidung, maka Den Den Mushi yang sudah terlatih akan mengerti, lalu dia mengangguk dan berhenti berdering dengan suara khasnya.

5. Bisa jadi berbahaya

Kwikku, Bisa jadi berbahaya
Sumber: duniaku.net

Den Den Mushi memang sangat berguna, namun salah saat digunakan, maka Den Den Mushi bisa menjadi berbahaya. Berbahaya di sini maksudnya bukan Den Den Mushi-nya menyerang manusia, melainkan digunakan untuk menyadap. Den Den Mushi warna hitam milik pemerintah digunakan untuk membajak jalur panggilan telepon antara bajak laut. Cara kerjanya, jika dua orang bajak laut melakukan panggilan telepon menggunakan dua Den Den Mushi, maka Den Den Mushi hitam milik pemerintahan bisa menyadap pembicaraan mereka. Cara menangkal Den Den Mushi hitam, adalah dengan Den Den Mushi putih yang spesial. Den Den Mushi putih disambungkan ke Den Den Mushi biasa, maka dia bisa menganggu sinyal dari Den Den Mushi hitam, sehingga tidak akan disadap.

6. Den Den Mushi bisa meniru wajah

Kwikku, Den Den Mushi bisa meniru wajah
Sumber: duniaku.net

Kenapa Den Den Mushi milik Doflamingo mengenakan kacamata khas Shicibukai tersebut? Kenapa Den Den Mushi milik Law memakai topi yang mirip dengan miliknya? Ada dua jawabannya. Pertama, Den Den Mushi memang memiliki kemampuan untuk meniru seseorang yang berbicara. Kemampuan meniru Den Den Mushi mulai dari meniru ekspresi seperti sedih, menangis, atau menjerit, lalu mereka juga bisa meniru penampilan fisik seseorang, seperti luka mata Zoro, maupun kondisi fisik lainnya. Untuk aksesoris yang dikenakan Den Den Mushi dan menyerupai pembicara, ada dua kemungkinan. Bisa Den Den Mushi tersebut adalah spesial milik orang tersebut, sehingga diberikan aksesoris yang sama seperti si pembicara. Kemungkinan berikutnya, dia memang bisa meniru wajah, termasuk meniru aksesoris yang ia kenakan.

1
1 none
Komentar