F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Wow! Charger Smartphone Karya Anak Bangsa Ini Dibuat Dari Suhu Tubuh

Wow Charger Smartphone Karya Anak Bangsa Ini Dibuat Dari Suhu Tubuh

Teknologi yang semakin pesat kini memiliki banyak manfaat untuk memudahkan aktivitas manusia. Selagi manusia itu tidak memiliki rasa ketergantungan yang tinggi, teknologi yang berkembang tidak akan melampaui interaksi manusia. Salah satu teknologi yang dibutuhkan manusia ialah Smartphone yang kini hampir setiap orang memilikinya. Bahkan kini smartphone menjadi kebutuhan primer khusunya bagi mereka yang melek teknologi. Namun, tak sedikit pula yang merasa kesulitan bahkan dibuatstres dikarenakan daya baterainya yang habis.

Hal inilah yang mendorong mahasiwa Universitas Airlangga Surabaya untuk menciptakan alat charging dari tubuh manusia. Mahasiswa tersebut ialah Raja Bugatti, Luqyana Salsabila, Lendy Pradhana, Syahrul Munir, dan Vinda Aprilia. Inovasi yang mereka ajukan dituangkan dalam proposal PKM-PE (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta) dimana proposal ini lolos oleh penilaian dikti dan memperoleh dana penelitian pada tahun 2017.

Ketua Tim Raja Bugatti menjelaskan bahwa mereka terinspirasi dari kalor yang ada didalam tubuh manusia. Menurutnya, kalor tersebut akan menghasilkan panas sehingga bisa digunakan untuk pengisian daya untuk smartphone. Ia juga menjelaskan bahwa tubuh manusia mempunyai ion yang mampu membawa listrik dan juga mampu menghasilkan panas sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengisian daya smartphone. Ide tersebut juga terinspirasi dari banyaknya penggunaan smartphone di dunia khususnya di Indonesia dimana penggunanya rentan terkena stress apabila daya baterainya habis.

Inovasi kreatif ini dinamai dengan Hand Charging, Charge The Word, Charge The Sociey. Charger handphone ini memiliki keunggulan lain yang tidak sama dengan powerbank. Pasalnya, powerbank memiliki batas daya (dimana apabila daya penyimpanannya habis tidak bisa digunakan lagi) tetapi tidak untuk alat yang satu ini. Dimana bisa digunakan dalam memanfaatkan suhu tubuh manusia yang bisa digunakan meskipun tidak ada listrik. Daya yang didapat dari sumber panas tangan ini bisa langsung didapat si pengguna HP. Menariknya, Hand Charging ini bisa digunakan kapan saja dan dimana saja meskipun tidak ada listrik. Bagaimana? Kreatif bukan?

Sumber foto: peneliti.id & pictaram.org

0
0 none
Komentar