I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Ada Apa dengan Pipa di Lapangan Bermain Doraemon? Kamu Harus Tahu Faktanya

Ada Apa dengan Pipa di Lapangan Bermain Doraemon Kamu Harus Tahu Faktanya
Meskipun hanya tampak seperti tumpukan pipa biasa, tapi ada sejarah di baliknya yang harus kamu ketahui.
Cocok buatmu
Pernakah kamu memperhatikan benda-benda tertentu yang tidak pernah lupa digambar ketika menonton anime Doraemon? Bagaimana dengan pipa beton di lapangan yang biasanya dipakai bermain Nobita dan kawan-kawannya? Jika kamu sudah ingat, mari bahas mengapa pipa tersebut selalu ada di sana dan apa sebenarnya sejarah dari tiga tumpuk pipa tersebut.

1. Pipa untuk Pembangunan Saluran Air

Kwikku, Pipa untuk Pembangunan Saluran Air
Sumber: duniaku.net
Ternyata, bukan tanpa maksud pipa-pipa di anime Doraemon selalu digambar di lahan kosong. Tidak lain, pipa tersebut seolah menggambarkan keadaan Jepang di masa pasca Perang Dunia II.

Dulu, ketika Perang Dunia II sudah berakhir, Jepang mendapatkan bantuan dana dari Amerika Serikat dalam jumlah yang cukup besar. Kejadian ini seolah menjadi keajaiban ekonomi bagi negara matahari terbit ini. Dana besar tersebut kemudian dipakai pemerintah untuk membangun infrastruktur demi kemajuan bangsa. Salah satunya adalah sistem pembuangan air.

Jangan heran jika Jepang menjadi negara dengan sistem pembuangan yang cukup baik, bahkan toilet-toilet di sana sekarang sudah canggih, karena sejak tahun 1960 saja, masyarakat negeri Sakura itu berbondong-bondong mengganti WC siram mereka menjadi toilet. Padahal di zaman itu, beberapa negara masih banyak yang tidak punya WC layak pakai. Kemudian, untuk mewujudkan sistem pembuangan air yang baik, tentu diperlukan pipa dalam jumlah sangat banyak, dan berakhirlah pipa-pipa itu ada di mana-mana. Ditumpuk sedemikian rupa di lahan-lahan kosong.

Anak-anak Jepang yang tidak memiliki lahan bermain, akhirnya menggunakan pipa-pipa tumpukan itu sebagai area bermain mereka. Sayangnya, terkadang ada saja anak yang terlindas pipa mengingat pipa-pipa tersebut yang bisa menggelinding dan ukurannya lebih besar daripada anak-anak.

Untuk sekarang, sih sudah jarang ditemui lahan kosong dengan tumpukan pipa seperti itu. Namun, pada masa Fujiko F. Fujio menciptakan Doraemon dulu, mungkin dia menggambarnya berdasarkan keadaan di sekitarnya yang memang masih banyak tumpukan pipa sebagai pembangunan. Atau, bisa jadi masa kecilnya dihabiskan dengan bermain di pipa-pipa tersebut.

2. Ini Replika Pipa di Museum Doraemon

Kwikku, Ini Replika Pipa di Museum Doraemon
Sumber: kapanlagi.com
0
0 none
Komentar