I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Para Wanita Ini Terkenal Sebagai Sosok Mistis Tersakti di Indonesia

Para Wanita Ini Terkenal Sebagai Sosok Mistis Tersakti di Indonesia
Kamu mungkin sudah familier dengan makhluk-makhluk mitologi dari Yunani, Irlandia, hingga Jepang. Namun, apakah kamu juga sudah mengenal para sosok ghaib sakti berwujud wanita yang sering menjadi perbincangan masyarakat Nusantara?
Ada banyak sekali tokoh ghaib yang ada di Indonesia. Mulai dari yang berwajah seram, sampai yang cantik jelita. Para sosok ghaib perempuan biasanya digambarkan sebagai ratu, dayang, penyihir, dan masih banyak lagi. Seperti yang akan kita ulas berikut ini. Mereka adalah para demit paling populer dan sakti yang terkenal cantik sekaligus baik hati tapi kejam.


1. Ratu Junjung Buih

Kwikku, Ratu Junjung Buih
Sumber: borneonews.co.id
Ratu Junjung Buih sangat terkenal di kalangan masyarakat Banjar. Nama ratu ini sendiri diambil dari cara kelahirannya. Diceritakan bahwa Ratu Junjung Buih merupakan anak dari Ngabehi Hiller yang diperoleh dari pertapaannya. Dia kemudian menemukan Ratu Junjung Buih yang masih berupa bayi sedang terapung di lautan. Untuk membawa pulang bayi tersebut, Ngabehi Hiller diberi syarat oleh sang bayi bahwa dia harus membuatkan selembar kain dan selimut yang ditenun dalam waktu setengah hari. Bahkan harus dijemput oleh 40 wanita cantik. Karena ditemukan di laut, akhirnya si bayi diberi nama Junjung Buih atau bisa diartikan sebagai Putri yang Ditemukan di Buih Raksasa. Ratu ini pun dipercaya sebagai penguasa Selat Kalimata.


2. Nyai Gadung Melati

Kwikku, Nyai Gadung Melati
Sumber: blogspot.com
Selama ini, kamu mungkin hanya mengenal Mak Lampir sebagai penguasa Gunung Merapi. Namun, ada seorang penguasa perempuan lainnya yang bernama Nyai Gadung Melati. Sosok ini dkenal sebagai sosok pelindung bagi semua makhluk di Gunung Merapi. Nyai Gadung Melati ini juga dianggap dekat dengan Patih Gajah Mada. Selama ada Nyai Gadung Melati, kelestarian alam di Gunung Merapi akan terjaga. Bahkan dia pula yang biasanya memberi mimpi pad warga Merapi ketika akan ada bencana yang datang di gunung tersebut.


3. Nyi Rantamsari

Kwikku, Nyi Rantamsari
Sumber: blogspot.com
Berbeda dengan Kanjeng Ratu Kidul, Nyi Rantamsari ini adalah penguasa laut utara pulau Jawa. Dia juga dianggap sebagai saudara Ratu Kidul. Inilah mengapa masyarakat sekitar laut utara Jawa sering mengadakan persembahan di hari-hari khusus untuk sosok ini. Biasanya mereka memberi sesajen dan melakukan pagelaran kesenian Sintren. Ketika berlangsung kesenian tari, biasanya ada yang kesurupan dan warga percaya bahwa hal tersebut merupakan pertanda baik dari Nyi Rantamsar.


4. Mak Lampir

Kwikku, Mak Lampir
Sumber: tstatic.net
Selama ini memang Mak Lampir terkenal sebagai penguasa Gunung Merapi, tapi nyatanya dia sebenarnya berasal dari Sumatera Barat. Mak Lampir awalnya merupakan sosok cantik dari Kerajaan Champa. Akan tetapi, cintanya yang kandas dengan Datuk Panglima Kumbang membuatnya belajar ilmu hitam dari petapa sakti di Gunung Merapi. Saat kembali ke tempat asalnya, orang yang dia cintai sudah mati. Niatnya yang ingin menghidupkan Datuk Panglima Kumbang pun sia-sia, karena setelah sang datuk hidup kembali, dia malah menentang tindakan Mak Lampir. Murka, Mak Lampir pun mendendam pada manusia dan dia pergi ke Jawa lalu mendirikan kerajaan iblis di Gunung Merapi. Inilah mengapa ia dikenal sebagai penguasa Gunung Merapi.


5. Nyi Blorong

Kwikku, Nyi Blorong
Sumber: yukepo.com
Disebutkan bahwa Nyi Blorong ini adalah pemimpin dari pasukan ghaib yang dimiliki Ratu Kidul. Nyi Blorong sendiri lebih sering dijadikan sosok untuk meminta pesugihan bagi orang-orang yang ingin kaya instan. Namun sisi menakutkannya, harus ada tumbal supaya permintaan tersebut dikabulkan.


6. Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Kwikku, Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul
Sumber: dagelan.co
Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul, tentu merupakan sosok yang berbeda. Ratu Kidul adalah penguasa pantai selatan, sedangkan Nyi Roro Kidul adalah pengikut setia sang ratu. Kanjeng Ratu Kidul dipercaya sebagai sosok dewi, yakni Dewi Sri yang bertanggung jawab atas kesuburan. Sedangkan Nyi Roro Kidul semula merupakan sosok dari Dewi Kandita, seorang putri dari Kerajaan Sunda Pajajaran yang diusir oleh ayahnya sendiri.


0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar