Hamdan Menulis artikel
@dankers89

Jika Tidak Segera Diselamatkan, Indonesia Bisa Jadi Akan Tertimbun Oleh Sampah !

Jika Tidak Segera Diselamatkan Indonesia Bisa Jadi Akan Tertimbun Oleh Sampah
Indonesia zaman now memiliki permasalahan yang cukup berat mengenai dunia persampahan. Timbunan sampah yang terus meningkat di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) semakin hari semakin menggunung. Kalau tidak ada perubahan perilaku pengurangan sampah,bisa jadi generasi zaman future aman terkena akibatnya.

Berikut ini beberapa fakta memilukan mengenai kondisi sampah di Indonesia.

1. Penghasil Sampah Ke Laut Terbesar Kedua

Kwikku, Penghasil Sampah Ke Laut Terbesar Kedua
Sumber: http://media.nationalgeographic.co.id/daily/640/0/201707271042760/b/foto-timbunan-sampah-plastik-ditemukan-di-lautan-pasifik.jpg

Indonesia adalah penghasil sampah laut plastik terbesar kedua setelah China. Jumlah sampah plastik yang dibuang ke laut mencapai 187,2 juta ton sampah. China yang menduduki urutan pertama menghasilkan sampah sebanyak 262,9juta ton. Sampah yang dibuang ke laut dapat merusak ekosistem dan membunuh makhluk hidup. 

2. Masyarakat Tidak Mau Memilah

Kwikku, Masyarakat Tidak Mau Memilah
Sumber: https://lh6.googleusercontent.com/_M2LuQiS3Dq0/TcqZ1CLXAfI/AAAAAAAABek/uVshdOpJKQw/s800/Tempat%20Sampah%20Organik-Non%20Organik%20B3.jpg

Di negara yang maju seperti Jepang dan negara Eropa, pemilahan sampah dilakukan sejak di rumah. Nantinya saat dibuang dengan mobil pengangkut, sampah tersebut sudah terpisah baik organik maupun non organik. Di Indonesia sebenarnya sudah mulai diterapkan pemilihan sampah organik dan anorganik. Namun, ternyata perilaku masyarakat masih tidak mampu membuang sampah berdasarkan jenisnya.

3. Bencana Akibat Sampah

Kwikku, Bencana Akibat Sampah
Sumber: https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2017/10/16/174/1248753/parah-air-sungai-cibanten-ini-tertutup-sampah-dan-berbau-2Bq.jpg

Sudah banyak terjadi bencana alam maupun bencana ekologi akibat sampah. Bencana banjir misalnya diakibatkan oleh sampah yang menyumbat saluran air dan menutup aliran sungai. Bencana ekologis diantaranya matinya hewan-hewan di tempat yang menjadi timbunan sampah diantaranya ikan, serta hewan air lainnya.

4. Tiap 2 Hari, Jakarta menghasilkan Sampah seluas Candi Borobudur

Kwikku, Tiap  Hari Jakarta menghasilkan Sampah seluas Candi Borobudur
Sumber: https://statik.tempo.co/data/2015/05/12/id_398757/398757_620.jpg

Di kota besar seperti Jakarta sebenarnya fenomena banyaknya sampah yang dihasilkan cukup mencengangkan. Setiap dua hari, sampah yang dihasilkan warga Jakarta adalah seluas bangunan candi Borobudur.Dikutip dari Ampl.or.id hingga akhir 2008 total jumlah timbunan sampah DKI Jakarta mencapai 27.966 m2/hari, atau 6.663 ton/hari.

"Jadi tiap dua hari pemerintah DKI bisa membangun satu Candi Borobudur, karena, volume Candi Borobudur 55.000 meter kubik,"

5. Harapan Itu Masih Ada !!!

Kwikku, Harapan Itu Masih Ada
Sumber: https://marukomarine.files.wordpress.com/2014/06/buang-sampah-1.jpg

Meskipun negara kita belum mampu mengatasi permasalahan sampah ini,setidaknya mulai ada harapan untuk Indonesia yang lebih bersih dan bebas sampah. Program pengurangan sampah mulai dilakukan diantaranya dengan menerapkan kantong plastik berbayar, pendirian bank sampah, serta peraturan dan hukuman bagi yang masih buang sampah sembarangan. Kita pun dapat membantu menyelamatkan bumi dari timbunan sampah dengan cara :

1. Stop pakai bungkus plastik. Bawalah selalu tas kain kemanapun pergi untuk wadah saat belanja atau membeli sesuatu.

2. Stop penggunaan Stirofoam

Makan langsung di tempat warung makan nya atau membawa wadah makan sendiri untuk dibungkus.

3. Memilah sampah.

Sediakan 3 tempat sampah. Organik until sisa makanan,buah, atau sayuran. Anorganik untuk sampah plastik, kertas atau kaleng. Daur ulang untuk sampah yang bisa dimanfaatkan kembali misalnya botol bekas air mineral.

3 Langkah kecil itu akan mampu menyelamatkan Indonesia dari timbunan sampah. Yuk mulai lakukan dari hal yang kecil dahulu !

3
3 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar (1)