I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Deretan Anime yang Pernah Dicekal KPI. Naruto Save!

Deretan Anime yang Pernah Dicekal KPI Naruto Save
Sama seperti tayangan lain di televis, anime pun memiliki target sendiri yang disesuaikan dengan genre maupun konten di dalamnya.
Penggemar anime tahun 90-an, pasti merasa sangat bahagia karena setiap hari bisa menonton anime kesukaan di stasiun televisi swasta. Saat itu, tidak ada kekhawatiran apa pun dari orang tua ketika anak-anaknya melihat anime, sebab pengaruhnya pada perilaku buruk anak pun tidak tinggi. Akan tetapi, belakangan ini penayangan anime di tv Indonesia benar-benar dibatasi. Hal tersebut karena KPI menganggap bahwa banyak tayangan anime yang kurang patut ditonton anak-anak, sehingga tidak diizinkan tayang lebih lanjut. Anime apa sajakah itu?


1. Death Note

Kwikku, Death Note
Sumber: wikia.nocookie.net
Menjadi anime dengan premis cerita yang super menarik, membuat Death Note langsung melejit hingga seluruh dunia. Begitu pula dengan fans di Indonesia, anime ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu penayangannya. Akan tetapi, baru beberapa episode diputar di televisi lokal, Death Note sudah dilarang untuk lanjut tayang.

Alasan dilarangnya penayangan Death Note adalah karena anime ini terlau sadis. Banyak adegan pembunuhan maupun kekerasan. Sehingga dianggap tidak patut dilihat anak-anak. Padahal, Death Note memang bukan tayangan untuk anak kecil. Anime ini lebih bermain ke psikologi, supernatural dan misteri yang biasanya ditujukan untuk remaja hingga dewasa.


2. Detective Conan

Kwikku, Detective Conan
Sumber: desktop-screens.com
Detective Conan yang tayangnya sebenarnya cukup lama di Indonesia, akhirnya kena cekal juga. Anime penuh misteri pembunuhan ini dianggap terlalu banyak menyuguhkan aksi pembunuhan dan trik-trik membunuh yang dikhawatirkan ditiru anak-anak. Itulah sebabnya harus dicekal.


3. Air Gear

Kwikku, Air Gear
Sumber: gwigwi.com
Anime yang sangat seru berjudul Air Gear ini juga sempat lama tayang di Indonesia. Petualangan Ikki dan teman satu timnya dalam pertandingan Air Trek selalu membuat jantung penontonnya berdebar-debar. Akan tetapi, baru beberapa episode tayang, anime ini sudah dicekal. Alasannya karena memang banyak unsur vulgar dari anime ini sehingga tidak layak tonton untuk anak-anak. 


4. One Piece

Kwikku, One Piece
Sumber: leisureopportunities.co.uk
One piece yang sampai sekarang menjadi favorit animanga lovers seluruh dunia ini dulu juga pernah tayang di Indonesia. Meskipun fans anime ini sangat banyak tapi tidak menutup kemungkinan One Piece untuk dihentikan penayangannya. Alasannya memang sangat jelas, anime ini banyak unsur kekerasan dan juga adegan vulgar.


5. Naruto

Kwikku, Naruto
Sumber: aficionados.com.br
Bahkan Naruto yang saat ini masih tayang di salah satu stasiun televisi swasta pun pernah dicekal. Alasanya sama seperti anime-anime di atas, Naruto mengandung banyak unsur kekerasan dan pembunuhan. Namun, setelah melalui negosiasi yang cukup alot dan berkat dukungan pecinta Naruto, akhirnya anime ini berhasil tayang kembali. Namun memang banyak adegan yang dipotong dan penuh sensoran sana-sini.


1
1 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar