Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Lebih dari Sekadar Lirik, Efek Rumah Kaca Punya Cerita Tak Terduga di Balik Lagu Ini

Lebih dari Sekadar Lirik Efek Rumah Kaca Punya Cerita Tak Terduga di Balik Lagu Ini
Terkenal sebagai band pemilik lirik cerdas, Efek Rumah Kaca menyimpan rahasia di setiap lagunya.

Kehadiran band Efek Rumah Kaca seolah menjadi angin segar bagi pecinta musik Indonesia. Peleburan warna musik kritis dan lirik cerdas membuatnya punya tempat di hati penggemar. Kepedulian sosial dari para personil membuat lagu-lagu mereka terasa realistis dan dekat dengan masyarakat.

Dibentuk sejak akhir 90-an, ERK terus melaju dikancah musik Indonesia bersama karya-karyanya. Menariknya, lima lagu mereka berikut ini punya kisah tak biasa di baliknya.  Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Sebelah Mata

Kwikku, Sebelah Mata
Sumber: https://twitter.com/infobdg/status/793120412901122048

Sebelah Mata ditulis oleh Adrian Yunan. Ia terisnpirasi dari penyakit yang mempengaruhi pengihatannya. Akibatnya ia harus berhenti menjadi bassis ERK dikarenakan penglihatan yang semakin memburuk. Walaupun begitu, lagu ini sukses mengudara dan berkolaborasi dengan Komunitas SA'AE yang fokus mewujudkan ruang-ruang ekspresi bagi teman-teman tunanetra. 

2. Melankolia

Kwikku, Melankolia
Sumber: http://www.imgrum.org/user/junirahadi/1328662834

Seperti dikutip dari Rolling Stone Indonesia pada tahun 2008, Cholil Mahmud sang penulis lagu menceritakan jika Melankolia merupakan lagu pertamanya yang terinspirasi selepas kepergian ayahnya. Akbar Bagus Sudibyo juga mendefinisikan jika lagu ini merupakan sound ERK di awal karir mereka yang membawa ke puncak karir hingga sekarang.

3. Di Udara

Kwikku, Di Udara
Sumber: https://www.djarumcoklat.com/article/retrospective--makna-di-balik-lirik-di-udara-

Di Udara merupakan salah satu lagu Efek Rumah Kaca yang paling terkenal. Lagu ini didedikasikan untuk mendiang aktivis Munir. Beat menghentak udara berhasil membuat penonton ke ujung emosi. Cholil yang tak lain sang pencipta lagu mengaku jika ia membuat lagu ini setelah melnonton film dokumenter Garuda's Deadly Upgrade yang menguak keganjilan kematian Munir. 

4. Cinta Melulu

Kwikku, Cinta Melulu
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=N5MeefZlqd8

Bersama Di Udara, Cinta Melulu masuk ke dalam daftar 150 Lagu Indoensia Terbaik versi Rolling Stone Indonesia. Saking populernya lagu ini, sampai-sampai pernah dibawakan ulang dalam berbagai versi oleh Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) dan Alexa.

5. Debu-Debu Beterbangan

Kwikku, DebuDebu Beterbangan
Sumber: https://medium.com/@diptra/efek-rumah-kaca-debu-debu-berterbangan-8d75c7ea7088

Efek Rumah Kaca memang cerdas dalam menciptakan lirik lagu. Kali ini bukan lagi terinspirasi dari kisah sang personil melainkan bait lirik berasal dari surat Al-Ashr. Diciptakan oleh Cholil pada tahun 1999, ia pun menjelaskan jika ia membuatnya berdasarkan pengalaman masa kecil saat sering membaca surat tersebut.

Musikalisasi hingga kejeniusan ERK memang tidak bisa diragukan lagi. Jika mau bersaing dengan band komersil lainnya, mungkin mereka bisa menguasai seluruh tangga lagu di negeri ini. Sebab setiap lagunya benar-benar menyihir para pendengarnya. Sukses untuk Efek Rumah Kaca! (ind)

1
1 none
Komentar