Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Jiplak Drama Korea Habis-Habisan, Judulnya Malah Jadi Lucu dan Sineron Indonesia ini Mendulang Kegagalan

Jiplak Drama Korea Habis-Habisan Judulnya Malah Jadi Lucu dan Sineron Indonesia ini Mendulang Kegagalan
Tak selamanya yang meniru itu juga akan sukses. Seperti deretan sinteron Indonesia ini!
Cocok buatmu

Drama Korea memang punya alur cerita menarik dan konsisten dari awal hingga akhir. Tidak heran bila para penonton begitu mudah terpikat dengan ragam serial dari negeri gingseng. Saking bagusnya mereka, sampai-sampai diadaptasi ke versi masing-masing negara termasuk Indonesia.

Sayangnya, meski cerita dan karakter sama persis, banyak sinteron Indonesia yang akhirnya gagal, baik dari segi penayangan hingga cerita yang akhirnya melenceng. Yuk intip deretannya berikut ini!

1. Kau yang Berasal dari Bintang (My Love From Another Star)

Kwikku, Kau yang Berasal dari Bintang My Love From Another Star
Sumber: http://bacasinopsis.blogspot.co.id/2014/05/sbs-gugat-sinetron-yang-berasal-dari.html

Sinetron berjudul Kau yang Berasal dari Bintang pernah menghiasi televisi Indonesia. Diperankan oleh Morgan Oey dan Nikita Willy, serial ini punya kesamaan cerita dan karakter dengan sebuah drama Korea berjudul sama. Pada mulanya pihak produksi mengkonfirmasi jika pihaknya sudah punya izin untuk membuat remake. Namun, hal itu disangkal oleh pihak produksi Korea itu sendiri.

2. Kejora dan Bintang (Brilliant Legacy)

Kwikku, Kejora dan Bintang Brilliant Legacy
Sumber: https://www.brilio.net/film/7-sinetron-indonesia-ini-mirip-drama-hits-korea-jiplak-apa-kebetulan-170504v.html

Sinteron yang dibintangi oleh Alyssa Soebandono dan Baim Wong ini punya kesamaan ceirta hingga karakter dengan sebuah serial Korea berjudul Brilliant Legacy. Tak seperti di K-Drama yang punya cerita konsisten dengan episode yang pendek, sinteron ini punya alur lebih membosankan dan berbelit-belit.

3. Benci Bilang Cinta (Princess Hours)

Kwikku, Benci Bilang Cinta Princess Hours
Sumber: https://www.inovasee.com/7-sinetron-indonesia-ini-memilih-meniru-film-luar-negeri-22724/

Princess Hours pernah menjadi serial yang mendulang kesuksesan. Proses syuting total hingga cerita yang enak untuk dinikmati menjadi salah satu kunci. Secara mengejutkan Indonesia juga punya versi remake dengan judul Benci Bilang Cinta. Meski telah dibinyangi aktor dan aktris ternama, namun tetap saja sinteron ini tak mendulang kesuksesan seperti versi aslinya.

4. Cinta Remaja (Sassy Girl Chun Hyang)

Kwikku, Cinta Remaja Sassy Girl Chun Hyang
Sumber: http://m.dreamers.id/film/article/62640/inilah-beberapa-judul-sinetron-indonesia-yang-dinilai-mirip-dengan-drama-korea-populer-part-1~3

Sinetron yang diperankan oleh Laudya Cynthia Bella dan Egi John ini lumayan mirip dengan salah satu drama Korea berjudul Sassy Girl Chun Hyang. Pertemuan awal tokoh utama tidak bisa dipungkiri kalau serial ini memang remake dari drama tersebut.

5. Demi Cinta (Endless Love)

Kwikku, Demi Cinta Endless Love
Sumber: https://www.upstation.id/2017/05/04/7-sinetron-indonesia-ini-mirip-drama-hits-korea-jiplak-apa-kebetulan/

Kesuksesan Endless Love yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Song Seung Hun memberi dampak baik bagi dunia hiburan Korea dan digadang-gadang menjadi awal keberhasilan K-Drama. Tak ketinggalan, pihak produksi SinemArt juga mengadaptasinya jadi versi Indonesia dengan judul Demi Cinta. Sinetron ini punya alur dan karakter yang sama persis. Namun rupanya penonton kurang mendapatkan chemistry kedua tokoh. Sungguh berbeda jauh dengan aslinya.

6. Pasangan Heboh (Fantasy Couple)

Kwikku, Pasangan Heboh Fantasy Couple
Sumber: http://www.wawker.com/2016/04/9-sinetron-indonesia-yang-gagal-karena.html

Selain terjun ke dunia tarik suara, Mulan Jameela sempat membintangi sebuah sinteron bersama Baim Wong dengan judul Pasangan Heboh. Namub sayangnya, serial tersebut merupakan jiplakan dari K-Drama berjudul Fantasy Couple. Punya rating rendah, alasan sinetron ini gagal.

7. Pura-Pura Kawin (Full House)

Kwikku, PuraPura Kawin Full House
Sumber: http://m.dreamers.id/film/article/62803/inilah-beberapa-judul-sinetron-indonesia-yang-dinilai-mirip-dengan-drama-korea-populer-part-2~3

Serial yang dibintangi oleh Song Hye Kyo selalu laris manis di pasaran dan mendulang sukses, salah satunya adalah Full House. Sampai-sampai beberapa negara di Asia ikut me-remake-nya, termasuk Indonesia. Sinetron yang dibintangi oleh Indra L. Brugman ini berjudul Pura-Pura Kawin dan tidak selaris manis serial aslinya.

Dari deretan sinteron di atas membuktikan kalau dunia sinteron Indonesia masih kurang kreatif. Berharapnya sih dunia hiburan kita juga punya ide cerita sendiri dan lebih menarik. (ind) 

2
2 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar