Hamdan Menulis artikel
@dankers89

Fakta Mengejutkan tentang HIV AIDS di Indonesia, Bikin Hati Sedih !

Fakta Mengejutkan tentang HIV AIDS di Indonesia Bikin Hati Sedih
Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AidS Sedunia. Berbagai negara di penjuru dunia termasuk Indonesia selalu memperingatinya dengan berbagai cara. Dengan cara mengadakan seminar, turun ke jalan untuk membagikan pita dan media, kunjungan ke tempat rehabilitasi dan sebagainya.

Memang AIDS mendapat perhatian lebih karena hingga sekarang belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Selain itu juga penyakit ini multidimensi, seorang pengidap AIDS kebanyakan dicap sebagai orang yang berdosa dan dianggap sebagai kutukan. Padah sebenarnya tidak demikian, ada fakta-fakta yang harus diketahui seputar AIDS ini.

1. Paling Banyak Ditularkan Dari Hubungan Seks

Kwikku, Paling Banyak Ditularkan Dari Hubungan Seks
Sumber: www.avert.org

Dikutip dari metrotvnews.com, dari data Kemenkes, dari tahun 2005-2015 september, terdapat kasus HIV sebanyak 184.929. Propinsi paling banyak adalah Jakarta (38.464 kasus). Resiko penularan paling besar adalah dari hubungan seks yang tidak aman (46,2%). Hubungan seks tidak aman maksudnya adalah tidak menggunakan alat pengaman yaitu kondom. Waah hati-hati ya guys buat kamu yang masih suka "jajan" sembarangan? Harus stop deh.

2. Anak dan Istri Jadi Korban

Kwikku, Anak dan Istri Jadi Korban
Sumber: www.hellosehat.com

Banyak di antara ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) ini tertular karena "diwariskan" dari sang Ayah. Banyak anak dan istri yang tak berdosa yang akhirnya harus menanggung beban seumur hidupnya lantaran dosa sang ayah ini. Si Ayah yang suka keluar rumah banyak yang menjadi pengguna jarum suntik atau yang jajan sembarangan. Tanpa sadar Ia pun tertular, dan saat pulang ke rumah berhubungan dengan istrinya. Bisa dibayangkan kan gimana perasaan si istri saat tahu ia tertular? :(

3. Belum Ditemukan Vaksin atau Obatnya

Kwikku, Belum Ditemukan Vaksin atau Obatnya
Sumber: www.muslimdaily.net

Setelah asal kemunculannya hingga kini sudah 30 tahun, belum ada ilmuwan yang mampu menciptakan obat yang benar-benar menyembuhkan HIV AIDS. Yang bisa dilakukan adalah pemberian pengobatan dengan ARV yang membuat virus HIV tertidur dalam tubuh pengidapnya. Bahkan seorang ilmuwan dr.Robert Gallo mengatakan tidak yakin akan ada obat yang mampu menyembuhkan AIDS. Namun jangan putus asa, Tuhan pasti menciptakan penyakit juga ada penawarnya. Iya kan?

4. Penyakit Kutukan

Kwikku, Penyakit Kutukan
Sumber: www.aoet.org

Stigma atau pandangan yang berkembang di masyarakat kita, seorang pengidap HIV AIDS pasti orang yang "gak bener". Padahal sama sekali keliru. Banyak ODHA yang tertular karena ketidaktahuannya. Misalnya seperti tertular suaminya yang jajan sembarangan, karena jarum suntik yang tidak steril, bahkan ada yang disebabkan tertular saat transfusi darah. Wah serem juga ya, jika ada keluarga yang harus ditransfusi darahnya kamu harus ekstra waspada dan memastikan darahnya steril ya?

5. Mitos Penularan

Kwikku, Mitos Penularan
Sumber: www.avert.org

Banyak mitos yang beredar seputar penularan HIV ini. Beberapa hoax penularan HIV diantaranya karena gigitan nyamuk, makan atau berpelukan dengan ODHA, atau berjabat tangan. Penularan HIV terjadi karena hubungan seks yang tidak aman, berganti-ganti pasangan seksual, transfusi darah oleh penderita HIV, Penggunaan jarum suntik yang tidak steril, serta persalinan yang berisiko.

Itulah tadi fakta seputar AIDS di Indonesia. ODHA bukanlah manusia terkutuk yang harus dijauhi oleh kita. Beban berat memang mereka tanggung seumur hidup. Bergaul dengan mereka tanpa membeda-bedakan manusia merupakan cara yang terbaik untuk membuat mereka bangkit dari keterpurukan.

0
0 none
Komentar