Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Dibalik Kerasnya Pelatihan Wamil di Korea Selatan, Ada Fakta yang Perlu Diketahui

Dibalik Kerasnya Pelatihan Wamil di Korea Selatan Ada Fakta yang Perlu Diketahui
Dianggap sebagai momok, Wamil di Korea Selatan punya banyak fakta yang menarik untuk dikulik

Bagi sebagian kaum pria di Korea Selatan, wajib militer menjadi momok tersendiri. Pelatihan ala tentara bersenjata membuat mereka ingin menghindarinya. Namun, program tersebut wajib dilakukan oleh setiap lelaki berkewarganegaraan Korsel. Nah, berikut ini fakta mengejutkan tentang adanya Wamil di negeri gingseng!

1. Korea Selatan Masih dalam Perang

Kwikku, Korea Selatan Masih dalam Perang
Sumber: https://www.duniaku.net/2017/02/17/wajib-militer-di-korea/

Wajib militer merupakan sebuah keharusan bagi pria di Korsel. Hal ini dikarenakan negara tersebut masih dalam keadaan perang. Korea Selatan dan Utara belum menandatangani perjanjian perdamaian sejak Perang Korea pada tahun 1953 usai.

2. Wajib Militer Sudah Dilakukan Sejak Dulu

Kwikku, Wajib Militer Sudah Dilakukan Sejak Dulu
Sumber: http://travel.tribunnews.com/2017/08/14/dianggap-momok-ternyata-begini-5-fakta-wajib-militer-di-korea-selatan-yang-perlu-kita-tau

Meskipun perang Korea terjadi pada tahun 50-an, namun wajib militer tidak diselenggarakan sejak tahun 1948. Tepatnya setelah Korea Selatan dan Armed Forces Korea dibentuk.

3. Pria Berusia 20-38 Tahun

Kwikku, Pria Berusia  Tahun
Sumber: http://loop.co.id/articles/ini-6-alasan-kenapa-semua-selebriti-pria-korea-harus-ikutan-wajib-militer

Pria yang berulang tahun ke-20 akan mendapatkan surat panggilan untuk melakukan wajib militer di tahun berikutnya. Biasanya, mereka akan menjalani kewajibannya setelah memasuki tahun pertama dan kedua kuliah.

4. Wanita Juga Bisa Turut Serta

Kwikku, Wanita Juga Bisa Turut Serta
Sumber: https://selingan.id/index.php/2017/07/10/imut-dan-cantik-tentara-wanita-jadi-ikon-baru-militer-korea-selatan/

Meskipun wanita tidak diwajibkan untuk ikut wajib militer, namun bisa juga mendaftarkan diri. Mereka bisa menjadi non-perwira atau bergabung dengan Reserve Officer's Training Corps (ROTC) selama pelatihan.

5. Bisa Ditunda

Kwikku, Bisa Ditunda
Sumber: http://alakorsel.blogspot.co.id/2015/03/wajib-militer-wamil-ala-korea-selatan.html

Walaupun sudah mendapatkan surat panggilan, tapi bisa juga lho ditunda. Alasan penundaan ini bisa bermacam-macam. Menurut Military Manpower Association (MMA), alasan yang bisa diajukan antara lain, sakit, ada anggota keluarga yang meninggal, menunggu lulus kuliah, ada saudara yang menjalani wajib militer, sedang membuka bisnis, membesarkan anak, dan lain sebagainya. Namun, mereka tidak bisa menunda lagi panggilan ini saat sudah berusia 29 tahun.

6. Lama Waktu Wamil 21-24 Bulan

Kwikku, Lama Waktu Wamil  Bulan
Sumber: http://entertainment.inquirer.net/102537/south-korean-pop-star-rain-discharged-from-military

Masa wajib militer masing-masing orang berbeda-beda tergantung pos yang ditempati. Untuk Angkatan Darat dan Marine Corps biasanya menghabiskan waktu 21 bulan, Angkatan Laut sekitar 23 bulan, Angkatan Udara dan Pelayanan Publik 24 bulan.

7. Lepas Wamil dengan Pindah Kewarganegaraan

Kwikku, Lepas Wamil dengan Pindah Kewarganegaraan
Sumber: https://pbs.twimg.com/media/CF5LYQdUMAABUsL.jpg

Beberapa pria di Korsel enggan mengikuti program ini dengan berbagai alasan. Bahkan, mereka menganggap ini sangat memberatkan. Melepaskan kewarganegaraan merupakan sebuah langkah untuk menghindari program wajib dari pemerintah ini. Namun, orang yang telah pindah kebangsaan tidak akan bisa kembali menjadi warga negara Korsel.

8. Warga Negara Korsel Tinggal di Luar Negeri Wajib Ikuti Pelatihan

Kwikku, Warga Negara Korsel Tinggal di Luar Negeri Wajib Ikuti Pelatihan
Sumber: http://style.tribunnews.com/2017/10/05/7-seleb-korea-selatan-ini-pernah-wajib-militer-jadi-tentara-oppa-amankan-hatiku-donk

Bagi warga negara yang tinggal di luar negeri namun masih menjadi warga negara Korea Selatan tetap harus mengikuti wajib militer.

Nah, bagi para aktor dan anggota idol grup idolamu yang sekarang sedang ikut wamil, beri semangat terus, ya! (ind)



0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar