Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

10 Bentuk Awan Langka Pernah Hebohkan Dunia!

10 Bentuk Awan Langka Pernah Hebohkan Dunia
Fenomena bentuk awan langka, pernah buat dunia heboh. Seperti apa bentuknya?
Cocok buatmu

Awan berwarna putih membuat pemandangan langit terlihat begitu indah. Dikutip dari wikipedia, fenomena ini merupakan massa yang dapat dilihat dari tetesan air atau kristal beku yang tergantung di atas permukaan bumi atau planet lain. Adanya benda yang menyerupai kapas ini juga menyebabkan terjadinya hujan air yang mengguyur permukaan bumi.

Benda ini memiliki ragam jenis dan bentuk yang membuat pemandangan atas begitu memesona. Kadang berbentuk bagai kapas, kadang juga menyerupai manusia hingga benda-benda sekitar. Bahkan, ada juga lho fenomena langka yang membuatnya berbentuk tak seperti biasanya.

Lihat deretan gambar awan menakjubkan berikut ini, yuk!

1. Cincin Merah

Kwikku, Cincin Merah
Sumber: http://www.stormeyes.org/tornado/iw/index.php?showimage=275

Red ring atau cincin merah merupakan fenomena alam yang tidak biasa. Awan di langit berwarna merah dan melingkar layaknya cincin.

2. Sky Eye

Kwikku, Sky Eye
Sumber: http://muhdanilkmd.blogspot.co.id/2015/05/5-bentuk-awan-ini-seperti-pembawa-kabar.html

Mata langit merupakan fenomena yang cukup menyeramkan. Bagaimana tidak, sebuah bentuk mata raksasa berada di atas bumi. Banyak yang mengaitkan peristiwa ini dengan musibah.

3. Undulatus Asperatus

Kwikku, Undulatus Asperatus
Sumber: http://www.slate.com/blogs/bad_astronomy/2014/10/11/undulatus_asperatus_a_new_category_of_cloud.html

Seram rasanya melihat awan gelap bergelantungan dan berkelompok. Pun dengan Undulatus Asperatus. Formasi awan ini tidak beraturan dan tampak gelap seperti badai.

4. Cirrus Kelvin Helmholtz

Kwikku, Cirrus Kelvin Helmholtz
Sumber: http://earthsky.org/earth/kelvin-helmholzt-clouds

Pernah lihat awan yang bergelantungan di serial kartun Dragon Ball? Cirrus Kelvin Helmholtz tampak seperti gulungan ombak dengan pusaran bergulir pada bagian atasnya. Awan jenis ini bisa terjadi di lapis atmosfer mana saja dan hanya terjadi beberapa menit, lalu menghilang tanpa jejak.

5. Mammatus

Kwikku, Mammatus
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=V76X-guNB3g

Nama mammatus diambil dari Bahasa Latin yang artinya puting atau payudara. Awan ini berbentuk layaknya payudara wanita. Gumpalan-gumpalan tersebut menggantung dan terbentuk di dasar awan.

6. Booker Supercell

Kwikku, Booker Supercell
Sumber: http://twistedsifter.com/2013/06/supercell-thunderstorm-timelapse-booker-texas-mike-olbinski/

Awan Booker Supercell layaknya angin puting beliung yang siap menelan daerah sekitar. Ia merupakan jenis awan badai petir yang ditandai dengan adanya mesosiklon dan terus-menerus berputar ke atas. 

7. Lenticular

Kwikku, Lenticular
Sumber: http://www.hangdrumsandhandpans.com/2014/12/handpan-in-sky-lenticular-clouds.html

Lenticular adalah fenomena alam yang biasanya ditemukan di wilayah pegunungan atau bukit. Menariknya, awan itu berbentuk seperti cawan layaknya UFO.

8. Morning Glory

Kwikku, Morning Glory
Sumber: https://twitter.com/mark_tarello/status/882790515758043136

Pemandangan pagi hari biasanya di hiasi dengan adanya Morning Glory. Fenomena meteorologi langka ini terjadi di berbagai belahan dunia berbentuk gulungan panjang yang tebal.


9. Tsunami Clouds

Kwikku, Tsunami Clouds
Sumber: https://www.boredpanda.com/shelf-cloud-tsunami-sydney-australia/

Layaknya badai tsunami dengan ombak menggulung, awan ini juga berbentuk demikian. Tsunami Clouds terbentuk oleh arus udara dingin dari angin laut. Biasanya awan ini menandakan akan datangnya sebuah badai.

10. Skypunch

Kwikku, Skypunch
Sumber: https://www.zmescience.com/science/the-skypunch-not-a-fancy-anime-combat-move-but-just-as-awesome/

Fenomena alam ini biasanya terjadi di wilayah bersuhu rendah. Skypunch ditandai dengan awan berbentuk lubang besar yang berada di tengah-tengah kerumunan awan lainnya. Peristiwa ini menyebabkan langit seperti terlihat berlubang.

Fenomena awan menarik di atas kerap kali diabadikan sebagai momen langka. Melalui ragam keunikan tersebut, sebagai manusia patut bersyukur dengan buatan Tuhan yang tiada duanya. (ind)

0
0 none
Komentar