Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Hai Social Media User! Sebelum Punya Haters, Hindari Dulu Kehadirannya

Hai Social Media User Sebelum Punya Haters Hindari Dulu Kehadirannya
Kehadiran haters memang membuat pengguna media sosial harus super hati-hati. Tapi mereka sebenarnya bsia dihindari, lho.
Adanya media sosial buat manusia kini berlomba-lomba mengunggah postingan terbaik. Akibatnya banyak orang yang tahu kamu sedang apa, di mana, dhingga seluruh kehidupanmu. Namun, di balik itu semua selalu ada hal positif dan negatif. Beberapa mungkin akan mendukung langkah dan menyemangati serta mendoakanmu hidupmu. Namun, sebagian lagi bisa saja mencemooh. Fenomena ini lah yang disebut dengan haters attack. Lalu, bagaimana sih menanggapi mereka yang selalu menyebalkan itu? Begini tipsnya.


1. Haters are True Lovers

Kwikku, Haters are True Lovers
Sumber: http://www.klickberita.com/2017/08/7-sosok-kontroversial-di-mana-ada.html
Apa yang kamu unggah selalu salah di mata mereka. Apa yang kamu katakan selalu keliru di mata mereka. Hal tersebut terkadang membuat segalanya jadi serba salah. Namun, justru itulah keistimewaan haters. Mereka selalu menanggapi apa yang kamu lakukan. Dengan begitu, bukankah sebenarnya dia sayang padamu? Melalui kritikan-kritikan pedasnya, secara tidak sengaja membuatmu sadar, bukan? Dan yang terpenting, mereka selalu mengikutimu ke mana saja. So, haters are true lovers.


2. Cuek Saja

Kwikku, Cuek Saja
Sumber: https://aventsaur.wordpress.com/2016/12/01/fenomena-haters/
Selama para haters hanya mengkritik soal kehidupanmu dan tidak menyangkut pautkan keluarga, tentu tidak ada yang perlu dirisaukan. Sebab, setiap orang punya kehidupan masing-masing, dan berhak mengahadapi sesuai dengan caranya. Terlalu ikut campur jika orang lain datang lalu mengkritik. Jadi, kamu tidak perlu risaukan lagi apa yang dikatakan oleh mereka, ya.


3. Berhak Marah Jika Keterlaluan

Kwikku, Berhak Marah Jika Keterlaluan
Sumber: http://www.newpalapa.site/detail/song/46-show-imah-marahin-para-haters-sambil-ngitung-duit-haters-selanjutannya-tonton-s-d-selesai.YXzaZmQxgK0.xhtml
Beberapa ada yang mengkritikmu secara terang-terangan, namun beberapa lagi ada yang mencemooh hingga mensumpah serapahi. Jika memang perkataan mereka tidak senonoh dan kurang sopan, kamu berhak marah. Alasannya, sebab itu adalah akun pribadimu, setiap orang punya hak untuk membela diri selama itu benar-benar menyakitkan apalagi tidak sesuai dengan fakta yang ada.


4. Setting Privasi pada Akun

Kwikku, Setting Privasi pada Akun
Sumber: https://www.riaume.com/cara-pengaturan-privasi-akun-profil-publik-facebook.html
Fitur pengaturan privasi pada akun sebenarnya memiliki tujuan agar tidak sembarang orang bisa melihat apalagi mengambil fotomu. Hal tersebut juga memiliki alasan agar terhindar dari pembajakan. Dengan fitur ini, kamu bisa memiliah-milah mana follower yang benar-benar kamu kenal atau tidak. Oleh sebab itu, jangan biarkan sembarang orang masuk ke dalam akunmu ya, guys.


5. Pilih Followers

Kwikku, Pilih Followers
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Fkwv-GB63cY
Mentang-mentang akun baru, kamu bisa jadi mem-follow setiap orang. Memang, dalam sebuah akun media sosial jumlah follower bisa jadi kebanggan tersendiri. Bahkan ada juga yang membuatnya menjadi bisnis. Namun, dengan banyaknya pengikut kamu tidak tahu bukan mana yang baik dan tidak? Oleh sebab itu, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, baiknya pilihlah follower yang memang benar-benar kamu kenal saja. Dengan begitu, akun bebas dari haters.


6. Mengunci Kolom Komentar Perlu Juga

Kwikku, Mengunci Kolom Komentar Perlu Juga
Sumber: https://idreamly.blogspot.co.id/2017/07/ketahui-cara-menonaktifkan-kolom.html
Salah satu tujuan dari adanya media sosial adalah komunikasi antar penggunanya melalui fitur yang tersedia, kolom komentar salah satu contohnya. Siapapun bisa mengomentari unggahanmu, asalkan akun tidak digembok. Nah, untuk menghindari banyaknya komentar apalagi yang tidak diinginkan, baiknya non-aktifkan fitur ini. Ada baiknya pula menerima pesan melalu direct message saja karena lebih pribadi sifatnya.


7. Posting Hal Positif

Kwikku, Posting Hal Positif
Sumber: http://wersm.com/we-are-400-million-active-users-on-instagram/
Adanya media sosial menjadi media tersendiri bagi penggunanya untuk membagikan banyak hal, mulai dari aktivitas, pekerjaan, pergaulan, hingga wisata. Namun kini, tujuan tersebut seolah sudah terabaikan dan menyalah gunakannya. Tak heran bila kamu akan menemukan banyak unggahan berbau pornografi, cemoohan, provokasi hingga pergaulan bebas. Tentu saja hal tersebut yang mengundang adanya haters. Untuk menghindari itu semua, ada baiknya untuk mengunggah hal positif saja. Misal, kegiatan travelling yang seru sambil memberi caption tips travelling, tentang pekerjaan, hingga ragam kuliner yang disukai. Selain indah dipandang, juga memberikan manfaat untuk banyak orang bukan?


8. Hati-Hati Berbicara di Media Sosial

Kwikku, HatiHati Berbicara di Media Sosial
Sumber: http://www.loveheaven07.com/2016/10/adab-dan-sopan-santun-dalam-bersosial-media.html
Akun kita memang aman dari para haters. Namun, bisa jadi komentar kita di akun lain mengundang haters. Oleh sebab itu, sopan santun dalam berkomentar di media sosial juga perlu dijaga. Bukankah kita akan dihargai bila kita juga menghargai?

Tips yang mudah diaplikasikan bukan guys? Yuk, jadi pengguna media sosial yang sehat! (ind)


0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar