20 Alat Musik Tradisional Serta Asal Daerahnya

20 Alat Musik Tradisional Serta Asal Daerahnya - F  W  A  indonesia,merupakan,negara,yang,memiliki,beragam,kebudayaan,yang,unik,menarik,antara,satu,sama,lain,dimana,banyak,sekali,dari,kebudayaan,tersebut,yang,dinilai,sangat,perlu,untuk,dilindungi,dilestarikan,kelangsunganya
Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan yang unik dan menarik antara satu sama lain. Dimana, banyak sekali dari kebudayaan tersebut yang dinilai sangat perlu untuk dilindungi dan dilestarikan kelangsunganya

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan yang unik dan menarik antara satu sama lain. Dimana, banyak sekali dari kebudayaan tersebut yang dinilai sangat perlu untuk dilindungi dan dilestarikan kelangsunganya. Budaya dari Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis. Tidak terkecuali dengan alat musik tradisional. Banyak dari alat musik Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan alat musik di belahan bumi lain. Alat musik apa saja itu ? Berikut ini adalah 20 alat musik tradisional serta asal daerahnya, yaitu :

1. Kolintang
Kolintang
indonesiakaya.com
Kolintang merupakan alat musik tradisional berupa alat musik perkusi bernada yang terbuat dari kayu. Kolintang berasal dari daerah Minahasa di Sulawesi Utara. Bagaimana cara memainkan Kolintang ? Kolintang dimainkan dengan cara dipukul untuk menghasilkan nada.

2. Tambo
Tambo
deterahu.blogspot.com
Tambo adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Aceh. Tambo bahanya terbuat dari kulit sapi, batang iboh, dan rotan. Tambo dimainkan dengan cara dipukul seperti tambur.  

3. Calung
Calung
kamerabudaya.com
Calung adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul pada bilah atau ruasnya. Calung berasal dan berkembang dari daerah Sunda dan Banyumas. Calung terbuat dari bahan bambu sehingga mudah untuk dibuat.

4. Angklung
Angklung
mangkoko.com
Nah, kita sampai pada alat musik tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Yap, alat musik tersebut adalah Angklung. Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari bahan bambu seperti Calung dan dimainkan dengan cara digoyang.

5. Gambus
Gambus
wacana.co
Gambus adalah alat musik yang berasal dari daerah Riau. Gambus sendiri dimainkan dengan cara memetik senanrnya, seperti memainkan gitar. Namun, Gambus memiliki bentuk yang menarik dan bercita rasa seni.

6. Sasando
Sasando
satujam.com
Sasando merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memetik senar untuk menghasilkan nada. Sasando terbuat dari bambu sebagai bambu sebagai bahan utamanya. Sasando sendiri berasal dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur.

7. Talempong
Talempong
indonesiakaya.com
Talempog adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Talempong berasal dari daerah Sumatra Utara dan Barat, biasanya dimainkanoleh suku Minangkabau. Talempong menggunakan kuningan, kayu, dan batu sebagai bahan utama.

8. Saluang
Saluang
alung-bunian.blogspot.com
Satu lagi alat musik yang berasal dari Sumatra Barat. Akan tetapi, Saluang dimainkan dengan cara ditiup seperti seruling. Saluang dibuat menggunakan bambu sebagai bahan utama.

9. Gendrum
Gendrum
globalrif.blogspot.com
Gendrum merupakan alat musik yang cukup unik. Alat musik yang berasal dari Semarang ini merupakan campuran dari drum dan gendang. Gendrum dimainkan dengan cara dipukul.

10. Karinding
Karinding
wikipedia.org
Karinding merupakan alat musik tradisional tiup yang berasal dari daerah Jawa Barat. Karinding biasa dimainkan oleh masyarakat Sunda. Karinding menggunakan bambu sebagai bahan utama.

11. Tifa
Tifa
bukubiruku.com
Tifa merupakan alat musik tradisional pukul yang berasal dari daerah Indonesia Timur, khususnya Maluku dan Papua. Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian perang.

12. Triton
Triton
adat-tradisional.blogspot.com
Triton merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Pada awalnya, Triton digunakan sebagai sarana komunikasi masyarakat setempat.

13. Sampek
Sampek
kamerabudaya.com
Dari Kalimantan Timur ada alat musik yang bernama Sampek. Sampek dimainkan dengan cara dipetik. Sampek menggunakan kayu sebagai bahan utama.

14. Serunai
Serunai
dakta.com
Dari daerah Nusa Tenggara Barat ada alat musik tradisional yang bernama Serunai. Serunai dimainkan dengan cara ditiup. Serunai biasa dimainkan untuk mengiringi pertunjukan kesenian.

15. Bende
Bende
sarungpreneur.com
Bende merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Bende sendiri dimainkan dengan cara dipukul. Tapi, dimainkan dengan pemukul khusus.

16. Gong
Gong
rininrhyti.wordpress.com
Gong adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Menurut beberapa referensi, Gong berasal dari daerah Jawa Tengah. Gong merupakan salah satu instrumen Gamelan.

17. Slenthem
Slenthem
collections.nmmusd.org
Slenthem merupakan alat musik yang juga berasal dari Jawa Tengah. Slenthem dimainkan dengan cara dipukul. Slenthem juga merupakan anggota instrumen gamelan.

18. Panting
Panting
raparapa.com
Bertemu lagi dengan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Panting merupakan alat musik petik yang berasal dari Kalimantan Selatan. Panting dinilai agak mirip dengan Kecapi dalam fungsionalitas.

19. Sampe
Kali ini alat musik yang berasal dari Kalimantan Timur. Sampe juga merupakan alat musik petik seperti Panting. Sampe biasa dimainkan sebagai pengiring acara ritual.

20. Japen
Japen
alifafth.blogspot.com
Japen merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Japen juga merupakan alat musik petik seperti Panting dan Sampe. Japen dikenal karena bentuknya yang ramping dan kecil.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
8 bulan 1 hari lalu
1
Boost!
Bagikan


Loading...
SARAN DARI DISCOVER
10 Alat Terapi Aneh yang Dulu Memiliki Peran Penting Bagi Kesehatan Umat Manusia
10 Meme 'Kebanyakan Micin' yang Bisa Buat Ketawamu Semakin Gurih
Serem tapi Ditunggu-Tunggu, Ini Loh 5 Acara TV Horor Indonesia Zaman Dulu
Negara Paling Dermawan di Dunia Tahun 2017, Ternyata Indonesia Termasuk!
Kisah Legend Film Bollywood 90-an Bikin Susah Move On. Nostalgia, yuk!
Meme Lucu, Koplak, Anjay Tentang Pengendara Motor, Yuk Simak!!
10 Penampakan Supermarket Zaman Dulu Ini Bikin Pengen Naik Mesin Waktu
Begini Jadinya nih Kalau Para Putri Disney dan Ikon Budaya Populer Hidup di Zaman Now!
Fakta Unik Dari Bob Dylan yang Namanya Disebut-sebut Digunakan Pidi Baiq Untuk Karakter Dalam Novel
Tetap Solid dan Sederhana, Sheila On 7 Bagikan Kisah Perjalanan Karirnya di Industri Musik
Hai Generasi Muda, Yuk Kembali Menulis Surat Dengan Prangko Seri Dilan!
Beberapa Teknik Bikin Tatoo yang Bikin Merinding ! Puluhan Kali Lebih Menyakitkan dibanding Tatoo Biasa !