Fakta yang Wajib Diketahui Soal Kebijakan Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Fakta yang Wajib Diketahui Soal Kebijakan Registrasi Ulang Kartu Prabayar - Mimin mulai,oktober,2017,pemerintah,melalui,kementerian,komunikasi,informatika,mewajibkan,pelanggan,kartu,semua,operator,untuk,melakukan,registrasi,kartunya,dengan,mencantumkan,nomor,induk,kependudukan,nomor,kartu,keluarga,kebijakan,berlaku,baik,untuk,pelanggan,baru,maupun,pelanggan,lama
Mulai 31 Oktober 2017, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pelanggan kartu SIM semua operator untuk melakukan registrasi kartunya dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Kebijakan ini berlaku baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Dalam realisasinya, sobat tentu bertanya-tanya mengenai aturan baru ini. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diketahui perihal kebijakan baru tersebut? Yuk simak di mari.

1. Alasannya Di Balik Aturan ini

Berdasar Kementerian Komunikasi dan Informatika, registrasi ulang ini perlu dilakukan dalam rangka memberi perlindungan kepada konsumen. Perlindungan yang dimaksud terkait penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Seperti upaya penipuan dan penyebaran hoax yang akhir-akhir ini semakin marak terjadi.

Tidak hanya sebatas perlindungan kepada konsumen saja, lebih jauh lagi, hal ini juga dikarenakan kepentingan National Single Identity yang dicanangkan pemerintah. Di mana sistem operator seluler terhubung dengan database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), sehingga identitas pemilik kartu prabayar terkait langsung dengan data kependudukannya. Dengan terhubungnya database tersebut, pemerintah melalui badan terkait dapat memantau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Misal mantan kepo yang berusaha meneror kebahagiaan dirimu yang saat ini sudah nyaman dengan yang baru. Selepas aturan ini, kita juga jadi tahu, sebenarnya mama siapa yang suka minta pulsa itu.

2. Tata Cara Format Proses Registrasi Ulang

Registrasi kartu SIM prabayar, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama, bisa dilakukan dengan mendatangi gerai masing-masing operator.

Dan jangan lupa untuk membawa KTP dan Kartu Keluarga. Dan tinggalkan semua kenangan bersama mantan di rumah. Semua nomor harus valid, KTP atau KK palsu serta janji palsu tidak bisa dipakai mendaftar karena data akan dicek langsung keasliannya ke server Disdukcapil.

Buat sobat kwikkers yang tidak ingin repot ke gerai, pendaftaran bisa dilakukan sendiri melalui SMS, cara lengkapnya bisa dibaca di link berikut :

www.kwikku.com>Tata Cara Registrasi Ulang Semua Operator


3. Batas Waktu

Kewajiban terakhir dibatasi hingga 28 Februari 2018 mendatang. Jika sampai masa itu sobat belum daftar ulang juga, sobat diberi batas tenggang hingga 15 hari. Dan kalau sobat tetep ngotot nggak daftar, kartu sobat akan diblokir secara sepihak dan tanpa alasan apapun. Persis seperti perasaan digantung tanpa ada jawaban. Masih berani tidak registrasi ulang?

4. Bagaimana Jika Tidak Punya e-KTP

Bagaimana jika E- KTP Hilang atau Belum Jadi?

Jangan khawatir sobat, masih ada cara lain buat mengetahui nomor NIK, yakni dengan melihat KK. Jika sobat masih terdaftar dan diakui sebagai anak, maka di KK tersebut pasti tercantum nama sobat dan nomor NIKnya.

Bagaimana kalau belum punya KTP? Nunggu sampai punya KTP dulu. Kids jaman now yang belum cukup umur tidak bisa ikutan daftar.

5. Sanksi Jika Tidak Mendaftar

Seperti yang sudah mimin sebutkan tadi, jika pengguna baru tidak mendaftarkan NIK dan nomor KK, maka nomor teleponnya tidak akan bisa diaktifkan. Dan bagi pengguna lama yang setia, nomornya akan diblokir secara bertahap. Pelan-pelan dan kalian akan terlupakan.

6. Amankah menyerahkan NIK dan Nomor KK?

Pemerintah menjamin keamanan data pengguna yang didaftarkan pada nomor kartu prabayar. Data itu tidak akan bisa diubah dan disalahgunakan operator karena letaknya berada di server Disdukcapil.

Yang tidak aman itu, menyerahkan hati pada orang yang salah gaes.

7. Nomor Maksimal Yang Bisa Didaftarkan

Tidak ada batas maksimal jumlah yang bisa didaftarkan oleh pengguna. Namun ada keadaan tertentu. Keadaan tersebut adalah, bila menggunakan SMS sebagai media registrasi, satu orang pengguna hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga nomor prabayar dari satu operator yang sama. Sobat tetap bisa mendaftarkan lebih dari tiga nomor dari satu operator yang sama dengan satu syarat, sobat datang langsung ke gerai operator.

8. Masalah dan Solusi Saat Mendaftar

Sudah mencoba daftar ulang tapi tidak berhasil, kenapa?

Bisa jadi sobat sudah tidak diakui lagi sebagai anggota keluarga. Ini bisa terjadi karena dalam salah satu episode hidup, sobat pernah menghilangkan taperwer atau nyolong uang kembalian pas disuruh emak.

Demikianlah rangkuman fakta-fakta tertunda dari fenomena registrasi ulang kartu prabayar. Semoga bermanfaat.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
2 tahun 3 bulan lalu
7
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
5 Artis Ini Harus Tanggung Kenyataan Pahit Gara-gara Berulah di Medsos
Misterius! 5 Sosok Aneh Ini Berhasil Ditangkap Kamera Drone
Kisah Brigpol Rochmat Tri Marwoto Pahlawan Masa Kini Yang Berhasil Hidupi 64 Anak Asuh
Ngeri! Beberapa Makanan Istimewa Ini Ternyata Dapat Membunuh Orang yang Memakannya!
5 Alasan Perlunya Apresiasi Film Indonesia
Kacaunya 6 Kota Termacet Se-Asia Tenggara Ini, Ada yang dari Indonesia juga!
Megah Banget! 4 Aquarium Ini Jadi yang Terbesar di Dunia
Tengah Sibuk Gala Premiere, Iqbaal Prioritaskan Laksanakan Ibadah Salat di Sela Acara
Gaun Super Mewah Era 1800-an Bikin Takjub, Siapa Sangka Cuma Terbuat Dari Bahan Ini!
Berkunjung ke Bandung, Jangan Lupa Icip 5 Kuliner Yang Bikin Mabuk Kepayang!
Inilah Fakta Menarik Maneki Neko, Boneka Kucing Lucu dengan Banyak Keberuntungan!
Pertimbangkan Skill, 5 Perusahaan Dunia Ini Terima Pekerja Tanpa Ijazah