F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Kamu Suka Nge-vape ? Kenali Dampak Buruknya Berikut Ini

Kamu Suka Nge-vape  Kenali Dampak Buruknya Berikut Ini
Pada awalnya, orang-orang menikmati aktivitas merokok dengan rokok konvensional yang dibuat dari tembakau yang digulung dengan kertas rokok.
Pada awalnya, orang-orang menikmati aktivitas merokok dengan rokok konvensional yang dibuat dari tembakau yang digulung dengan kertas rokok. Lalu, terciptalah rokok dengan filter yang ditambahkan dengan alasan kenikmatan sensai. Pada saat ini, meskipun sudah banyak yang maish merokok tradisional sepertinya vapor sudah menggeser pakem tersebut. Vapor atau rokok elektrik adalah rokok yang menggunakan cairan sebagai sarana pengasapan. Namun, tahukah kamu kalau merokok dengan vapor memiliki dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari vapor, yaitu :

1. Meledak

Kwikku, Meledak
Sumber: youtube.com
Yap, ini adalah kejadian yang sering terjadi di luar negeri. Vapor memiliki 2 jenis, yakni mechanical dan elektrik. Pada vapor jenis mechanical tidak terdapat chip yang berfungsi sebagai sistem keamanan. Sehingga, apabila pengguna menggunakan vapor tersebut tanpa mengikuti prosedur yang ada vapor tersebut bisa meledak. Hingga saat ini banyak sekali kasus vapor terbakar yang mengakibatkan luka yang cukup serius. Jadi, hati-hati dalam menggunakan vapor dan usahakan mengikuti prosedur yang ada pada setiap merk.

2. Kadar nikotin yang tidak menentu

Kwikku, Kadar nikotin yang tidak menentu
Sumber: vapers.guru
Banyak sekali liquid vapor yang dijual di pasaran saat ini. Mulai dari yang tanpa nikotin hingga yang memiliki kadar nikotin cukup tinggi. Banyak pengguna yang memilih liquid bernikotin dengan alasan sensasi yang mirip seperti rokok konvensional. Padahal, banyak sekali liquid yang memiliki kadar nikotin berbeda dari kemasan. Tidak jarang, hal ini menyebabkan rasa gatal di tenggorokan yang cukup mengganggu.

3. Merusak organ pernafasan

Kwikku, Merusak organ pernafasan
Sumber: edubio.info
Untuk poin yang satu ini sebenarnya rokok konvensional juga memiliki dampak yang sama. Namun, liquid vapor ini dihasilkan dari campuran berbagai bahan kimia seperti nikotin, perasa, gliserin, glikol, dan lain-lain. Dimana, saat berupa asap zat-zat tersebut bisa menyebabkan iritasi pada organ pernafasan manusia. Dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kanker.

4. Belum ada regulasi

Kwikku, Belum ada regulasi
Sumber: vape.net
Karena merupakan barang baru, masih belum ada perundang-undangan yang mengatur penjualan vapor di khalayak ramai. Sehingga baik produksi vapor dan liquidnya belum terkontrol oleh badan pengawas tertentu.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar (1)