F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Beberapa Pesan Moral Menarik Ini Bisa Kita Petik Dari Doraemon

Beberapa Pesan Moral Menarik Ini Bisa Kita Petik Dari Doraemon
Banyak sekali kartun di televisi yang memiliki alur cerita menarik dan unik bagi anak-anak. Tidak terkecuali dengan Doraemon.
Banyak sekali kartun di televisi yang memiliki alur cerita menarik dan unik bagi anak-anak. Tidak terkecuali dengan Doraemon. Dengan menghadirkan robot kucing masa depan yang memiliki berbagai macam alat serbaguna dari kantong ajaibnya langsung menjadi idola bagi anak-anak. Bahkan, banyak sekali pesan moral menarik yang dihadirkan dalam acara televisi Doraemon. Apa saja pesan moral tersebut ? Berikut ini adalah beberapa pesan moral menarik yang bisa kita petik dari Doraemon, yakni :

1. Mengajarkan kita untuk mencintai alam

Kwikku, Mengajarkan kita untuk mencintai alam
Sumber: uiupdate.ui.ac.id
Sudah banyak sekali episode dan movie Doraemon yang menyinggung kebersihan lingkungan. Dimana, seperti Doraemon di negeri awan yang manusia langitnya merasa terganggun dengan polusi bum dan berusaha untuk membanjiri permukaan. Nobita juga seperti itu. Meskipun memiliki sifat yang malas-malasan ternyata Nobita sangat mencintai lingkungan lho. Dimana ia sangat menyayangi kibo yang merupakan sebuah tanaman hidup yang ia rawat.

2. Menunjukan kalau manusia memiliki dua sisi

Kwikku, Menunjukan kalau manusia memiliki dua sisi
Sumber: ahlulbaitindonesia.or.id
Untuk poin ini biasanya ditunjukan oleh karakter Giant dan Suneo. Dimana saat episode sehari-harinya kedua karakter tersebut selalu menjahili Nobita. Entah itu mengambil komik atau mainan Nobita maupun mengejek ketidakmampuan Nobita. Namun, sifat kedua karakter tersebut berbeda saat movie Doraemon. Dimana kedua karakter tersebut sering digambarkan setia kawan dan sigap menolong terhadap yang membutuhkan.

3. Mengajarkan sifat setia kawan

Kwikku, Mengajarkan sifat setia kawan
Sumber: parhlo.com
Karakter dalam serial Doraemon memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada Nobita yang gampang menangis. Lalu, Giant dan Suneo yang terkenal jahil terhadap Nobita. Dan Shizuka yang pintar dan rajin. Meskipun memiliki sifat yang berbeda-beda mereka bernepat tetap rukun dan berteman dengan baik. Apabila bertengkar dan ada masalah merekapun akan saling meminta maaf dan saling membantu satu sama lain.

4. Orang baik tidak selalu menang

Kwikku, Orang baik tidak selalu menang
Sumber: thoughtcatalog.com
Untuk poin yang terakhir ini sebenarnya lebih khusus terhadap Nobita. Meskipun memiliki sifat malas, tapi Nobita memiliki kepribadian yang jujur dan setia kawan. Pada saat Giant menyanyikan lagu dan menanyakan pendapat Nobita, ia langsung menjawab lagu Giant jelek. Tak pelak Nobita akhirnya menjadi sasaran kemarahan Giant.

0
0 none
Komentar