Waspada!, Semangka Berbahaya Bagi Kesehatan

Waspada   Semangka Berbahaya Bagi Kesehatan - Yosita Anggrain siapa,yang,suka,semangka,berhati-hatilah,dalam,mengkonsumsinya
Siapa yang suka semangka, berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya!

Semangka adalah buah yang kaya akan lycopene dan potasium yang baik untuk kesahatan jantung dan mencegah kanker. Namun tahukah anda, pola konsumsi buah semangka yang salah juga dapat membahayakan organ-organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Berikut bahaya-bahaya yang akan ditimbulkan jika mengkonsumsi buah semangka dengan jumlah yang berlebihan atau diwaktu yang salah.

1. Menyebabkan Gastrointestinal
Menyebabkan Gastrointestinal
google.com

Sebagian orang tidak mengetahui bahaya dari semangka jika dikonsumsi berlebihan sehingga mereka mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang banyak tanpa batasan. Menurut penelitian, pengkonsumsian semangka secara berlebih akan meningkatkan kadar lycopene sehingga menyebabkan gangguan gastrointestinal atau ganggguan pada pencernaan. Gangguan ini akan memiliki gejala diare, mual, bahkan muntah-muntah.

2. Menyebabkan Hyperkalemia
Menyebabkan Hyperkalemia
google.com

Selain berbahaya bagi pencernaan, buah semangka jika dikonsumsi berlebih juga akan berbahaya bagi kesehatan jantung kita. Dengan mengkonsumsinya secara berlebihan, kandungan potasium dalam tubuh akan meningkat dan menyebabkan kadarnya di luar batas normal sehingga dapat menyebabkan penyakit hyperkalemia. Penyakit ini akan membuat detak jantung tidak beraturan dan dapat menimbulkan gangguan saraf dan otot.

3. Bahaya Bagi Ginjal
Bahaya Bagi Ginjal
google.com

Kadar potasium yang tinggi dalam tubuh akan memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan potasium sehingga dapat merusak/melemahkan kinerja ginjal itu sendiri karena sering diforsir.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah
google.com

Makan buah semangka juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga tidak baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah apalagi konsumsi secara berlebihan. Tekanan darah yang rendah akan menyebabkan penderitanya sering pusing dan merasa lemas.

5. Menyebabkan Sulit Tidur
Menyebabkan Sulit Tidur
google.com

Pengkonsumsian semangka pada malam hari sebelum tidur tidak dianjurkan. Hal ini karena setelah jam 7 malam, proses pencernaan pada tubuh sedang tidak aktif. Kandungan asam pada buah semangka jika dikonsumsi pada malam hari akan menunda proses pencernaan. Selain itu kandungan air pada buah semangka jika dikonsumsi malam hari akan membuat anda sulit tidur karena akan menyebabkan sering buang air kecil.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 5 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Daftar Menu Bahasa Indonesia yang Akan Jadi Mahal Jika di Inggriskan
Everlasting, 4 Fashion Item Untuk Pria Bikin Gaya Makin Manly!
BTS Menginspirasi Generasi Baru Kutu Buku
Kumpulan karya-karya Fotografi hebat dan keren dari Finalis Natgeo Nature 2017 yang bikin kamu kagum
Ini Dia Beberapa Fakta Mencengangkan Cristiano Ronaldo
Jalani Hukuman, 4 Artis Ini Rayakan Lebaran di Penjara
5 Obrolan Para Pengemudi dan Polisi Di Saat Razia Earphone Ini Asli Bikin Siapapun Ketawa
Black Hole, Si Lubang Hitam Penghisap Bintang dan Planet
5 Tips Untuk Mendidik Remaja Agar Tak Salah Jalan
Sebuah Misteri Ilahi, Hati - Hati! Tanda - Tanda Kamu Akan Dipecat dari Kantor!
Tidak Tamat Sekolah, 5 Selebriti Tanah Air Buktikan Kesuksesan Dengan Jalannya
Bikin Nggak Percaya! Penampakan 10 Nyeni Ini Terbentuk dari Ketidaksengajaan!