F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Kuliah Butuh Duit? Ini Lho Bisnis yang Bisa Dilakukan Anak Kuliahan!

Kuliah Butuh Duit Ini Lho Bisnis yang Bisa Dilakukan Anak Kuliahan
Saat ini para mahasiswa sedang merasakan imbas dari biaya hidup yang semakin mahal. Oleh karena itu, banyak dari mereka memutuskan untuk berbisnis di samping menimba ilmu. Kalau kamu ingin berbisnis bersama dengan belajar.
Saat ini para mahasiswa sedang merasakan imbas dari biaya hidup yang semakin mahal. Oleh karena itu, banyak dari mereka memutuskan untuk berbisnis di samping menimba ilmu. Kalau kamu ingin berbisnis bersama dengan belajar, ini dia macam-macam bisnis yang bisa dilakukan anak kuliahan.

1. Menjual jasa

Kwikku, Menjual jasa
Sumber: blogs.timeout.jp
Banyak sekali jasa-jasa yang bisa kamu luangkan. Tentu semua jasa tergantung dengan minat dan keahlian masing-masing. Modal untuk menjual jasa berasal dari keahlian yang tertanam di dalam dirimu. Oleh sebab itu, kamu perlu memahami dan menekuni kemampuan apa yang ada di dalam dirimu dan pekerjaan seperti apa yang cocok denganmu.

Kita ambil contoh yaitu hobi kamu. Sangat beruntung kalian yang memiliki hobi dan bisa diuangkan. Menggambar, menulis, menyanyi, utak-atik gadget adalah salah satu dari sekain hobi yang bisa kamu jual sebagai jasa. Setelah menemukan passionmu, selanjutnya tinggal mencari pekerjaan mana yang cocok dengan hobimu, misal menyanyi. Kamu bisa manggung kecil-kecilan di cafe atau event musik sekitar tempat tinggalmu.

2. Mengajar

Kwikku, Mengajar
Sumber: panduanmengajar.blogspot.com
Contoh lain yaitu menyalurkan ilmu yang kamu miliki. Kamu bisa membagi ilmu yang sudah kamu peroleh dari pendidikan-pendidikan sebelumnya, atau memang kamu gemar akan ilmu itu, dengan cara mengajar atau memberi les privat. Target bisnismu sangatlah banyak. Mulai dari teman kampus, adik kelas, tetangga, atau orang-orang yang tingkat belajarnya di bawahmu.

3. Jadi Designer

Kwikku, Jadi Designer
Sumber: allegratoonstudio.co.uk
Masih banyak lagi jasa yang bisa kamu jual seperti web designer, freelance writer, IT developer, cartoonist, dll. Banyak sekali kemampuan khusus yang bisa kamu jadikan ladang bisnis dan sebagai pintu rezeki.

4. Menjual makanan

Kwikku, Menjual makanan
Sumber: mebiso.com
Bidang selanjutnya adalah makanan. Dalam menjalankan bisnis makanan, kreatifitas dan inovasi adalah hal wajib yang kamu gunakan untuk bisnis ini. Makanan yang unik dan punya ciri khas pasti akan banyak peminatnya, karena belum pernah ada yang memasarkannya sebelumnya

0
0 none
Komentar