F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Penting Gak Sih Mengajarkan Olahraga Catur Pada Anak?

Penting Gak Sih Mengajarkan Olahraga Catur Pada Anak
Orang tua harus selalu meluangkan waktu untuk anak, meskipun mereka berada di tengah-tengah rutinitas pekerjaan dan kesibukan. Hal ini penting guna ikatan antara orang tua dan anak bisa tetap harmonis dan hangat.
Cocok buatmu

Orang tua harus selalu meluangkan waktu untuk anak, meskipun mereka berada di tengah-tengah rutinitas pekerjaan dan kesibukan. Entah itu dengan pergi liburan bersama saat weekend, mengajari mereka materi sekolah untuk besok, saat malam hari, atau menemani mereka bermain. Hal ini penting guna ikatan antara orang tua dan anak bisa tetap harmonis dan hangat.Nah, salah satu cara yang bisa orang tua lakukan di saat sedang bersama anak adalah mengajari mereka bermain catur. Di samping menjadi cara yang ampuh dalam hal mempererat hubungan antara orang tua dan anak, penting gak sih mengajarkan olahraga catur pada anak?

1. Dilatih berpikir kritis

Kwikku, Dilatih berpikir kritis
Sumber: theblackhomeschool.com

Tak sedikit orang tua yang memanjakan anak. Membebaskan anak dari tanggung jawab untuk berpikir tentang semua hal yang berkaitan dengan kebutuhannya mereka sendiri. Akibatnya, anak menjadi pemalas dan tidak berpikir kritis.Mengajarkan olahraga catur ini dapat menjadi jalan keluar untuk masalah ini. Tiap menggerakkan satu bidak catur, mereka harus menentukan strategi mana yang tepat untuk kedepannya. Secara tak langsung, catur mengajarkan mereka bagaimana cara berpikir kritis.

2. Akan terlatih dalam segala hal

Kwikku, Akan terlatih dalam segala hal
Sumber: chess.com

Kemampuan analitis dapat diperoleh dari bermain catur. Olahraga catur memiliki peraturan yang bisa disebut rumit sehingga tiap langkah yang akan diambil harus dipikirkan secara matang.Di samping itu, olahraga catur diibaratkan kehidupan itu sendiri, bahwa tiap langkah dan keputusan yang kamu ambil, harus kamu pertimbangkan secara matang sebelumnya agar tak membuat kesalahan kedepannya.

3. Mengajarkan disiplin

Kwikku, Mengajarkan disiplin
Sumber: chess.com

Peraturan catur sangatlah complex untuk dimengerti. Tanpa peraturan, olahraga catur takkan bisa berjalan. Dan anak-anak dipaksa untuk mematuhi segala peraturan tersebut. Nah hal inilah yang harus dilekatkan pada ingatan anak-anak. Tiap manusia hidup sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di sekitarnya.Di samping itu, catur juga memberikan pencerahan bahwa tiap keputusan atau langkah yang benar akan menghasilkan keuntungan. Kebalikannya, keputusan atau langkah salah jelas akan berakibat fatal.

0
0 none
Komentar