F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Saat Berbicara dengan Orang Lain, Hindarilah 5 Hal Ini Gaes!

Saat Berbicara dengan Orang Lain Hindarilah 5 Hal Ini Gaes
Mengontrol lidah agar tidak menggunakannya untuk menghindari perkataan sia-sia adalah hal yang tidak mudah. Oleh sebab itu, berpikirlah sebelum berbicara, dan saat berbicara dengan orang lain, hindarilah 5 hal ini.
Mengontrol lidah agar tidak menggunakannya untuk menghindari perkataan sia-sia adalah hal yang tidak mudah. Ternyata, penghalang kesuksesan juga berasal dar kebiasaan asbun alias asal bunyi. Oleh sebab itu, berpikirlah sebelum berbicara, dan saat berbicara dengan orang lain, hindarilah 5 hal ini.

1. Bergosip

Kwikku, Bergosip
Sumber: lifestyle.okezone.com
Analogi untuk orang yang sedang menggosip seperti ini; membiarkan sebuah bulu yang terbang- setelah terbang akan sangat sulit untuk mencari dan mendapatkannya kembali. Hindarilah kebiasaan ini di saat kamu sedang ngobrol dengan orang lain. Begosip dalam lingkup kecil, misal tentang artis, tak jadi masalah. Tapi kalau ruang lingkup gosip kalian sudah makin meluas, jangan heran ya kalau suatu saat nanti kamu juga akan digosipi oleh orang lain.

2. Mengkritik dan menghakimi

Kwikku, Mengkritik dan menghakimi
Sumber: commonsenseatheism.com
Janganlah kamu langsung mengkritik atau menghakimi setelah melihat dan memperhatikan fakta ataupun kebenaran di balik sebuah peristiwa. Misalnya kalimat ini "kayaknya dia kurang cocok untuk jadi pemimpin di kelompok kita” atau "kok kamu bisa sih jadi pacar dia?”. Itu adalah kalimat yang sangat tidak mengenakkan untuk di dengar. Sebaiknya, jangan lontarkan kalimat ini dari mulut kamu. Jangan menilai orang secara impulsif sebelum kamu benar-benar mengenalnya.

3. Tukang komplain

Kwikku, Tukang komplain
Sumber: stanfordflipside.com
Tak jarang kita suka komplain ke kerjaan orang lain. Misalnya "aduh hasil kerjan si A jelek nih” "makanannya kurang enak nih” "aku paling gak bisa diginiin”. Apa kamu tidak kesal kalau terus-terusan mendengar keluhan? Jadi, cobalah untuk menyimpan semua keluhanmu dan lakukan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari keluhan tersebut. Bukan lah akhir dunia kalau sesuatu yang terjadi berada di luar kendalimu.

4. Ucapan yang menjatuhkan

Kwikku, Ucapan yang menjatuhkan
Sumber: theodysseyonline.com
Mulai sekarang, hindarilah berbicara dengan aura negatif saat berbicara dengan orang lain. Sebab tak satupun orang yang menyukai kata-kata tersebut. Contohnya "kayaknya hari ini bakal hujan lagi deh” "iya nih, bentar lagi hujan lagi terus banjir, kemudian tenggelam deh kota ini”. Wah kalimat yang menjatuhkan sekali ya. Jadi. Milikilah mentalitas yang optimis, kapan pun dan di mana pun kamu berada.

5. Menambahkan “bumbu-bumbu” ekstra

Kwikku, Menambahkan bumbubumbu ekstra
Sudah pasti jika sumber info datang bukan dari sumber aslinya, akan bertambah "bumbu-bumbu” ekstra. Dan bila kamu adalah pelaku penambahan "bumbu-bumbu” ini, mendingan stop kebiasaan ini deh. Justru orang-orang akan menganggapmu sebagai orang yang tidak memiliki integritas. Jadi, sampaikan segala informasi dengan tepat dan sesuai dengan kenyataan. Janganlah menambahkan atau mengurangi nilai dari sebuah informasi.

0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar