Adhy Musaad Menulis artikel
@adhymusaad

6 Tips Sehat Saat Bulan Puasa

6 Tips Sehat Saat Bulan Puasa

Bulan yang suci dan penuh rahmat bagi umat muslim. Tak terasa kita sudah berada di pertengahan bulan puasa. Di bulan puasa ini umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum selama 1 hari penuh. Namun bulan puasa bukan berarti kita puasa beraktivitas juga loh. Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang berpikir kalau puasa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Padahal menurut beberapa riset, puasa malah memberikan dampak positif bagi orang yang menjalankannya.

Mumpung puasa masih berjalan 2 minggu lagi, kali ini Berbagi-Tips akan memberikan 6 tips sehat saat bulan puasa:

1. Sahur

Yup, ini penting banget buat kamu yang lagi menjalankan puasa. Bagi yang belum tau, sahur adalah kegiatan makan di waktu subuh (biasanya sekitar jam 3 atau 4 subuh). Sahur berguna untuk memberikan kita bekal agar siap untuk berpuasa di hari selanjutnya. Saat sahur juga dianjurkan banget untuk mengkonsumsi banyak air, untuk mengurangi dehidrasi saat puasa.

2. Berbukalah dengan yang manis

Saat buka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbau manis seperti kolak. Hal ini bertujuan buat meningkatkan kadar gula di tubuh kamu setelah seharian berpuasa. Nggak harus kolak kok, kamu bisa juga mengkonsumsi minuman manis lain seperti sirup dan teh manis hangat.

<[kwik-adsinhere]>

3. Makanlah dengan porsi normal

Ketika berbuka, usahakan makan dengan porsi normal seperti biasa. Karena makan dengan porsi berlebihan bisa membuat perut kamu kaget, yang mengakibatkan pencernaan kamu kurang lancar. Ketika sahur juga sebaiknya jangan makan dengan porsi berlebih.

4. Hindari makanan pedas dan berminyak

Mengkonsumsi makanan pedas saat berbuka sangat tidak dianjurkan, karena bisa menggangu pencernaan kamu. Sebisa mungkin hindari makanan pedas saat bulan puasa. Hindari juga makanan yang banyak menandung minyak, misalnya gorengan. Terlalu banyak makan makanan berminyak juga dapat membuat pencernaan kamu terganggu.

5. Berolahraga

Olahraga juga sangat penting buat kamu yang lagi berpuasa. Karena olahraga bisa meningkatkan sirkulasi oksigen yang ada di tubuh kamu, sehingga kesehatan makin terjaga. Olahraganya juga nggak perlu yang berat-berat kok. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan setelah sahur, atau sebelum buka puasa.

6. Tidur yang cukup

Ini juga penting nih. Setelah kamu menjalankan sholat tarawih, sebaiknya anda langsung istirahat. Jangan biasakan begadang saat bulan puasa. Kalau kamu memiliki waktu kosong di siang hari, nggak ada salahnya buat kamu untuk tidur siang. Tapi jangan tidur seharian juga ya.

Nah, itu tadi 6 tips sehat saat bulan puasa. Jangan menjadikan bulan puasa sebagai beban, tapi jadikan bulan puasa ini sebagai ajang mencari berkah dan pahala. Selamat berpuasa[articleImg:[0]]

Sumber: http://www.berbagi-tips.com/6-tips-sehat-saat-bulan-puasa/
0
0 none
Komentar